large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
RSDK Adakan Edukasi Kesehatan tentang Nutrisi pada Pasien Hemodialisis
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-03-13 -|- 13:52:42 oleh Admin

RSDK hari ini. Prevalensi penyakit gagal ginjal kronis terus menerus mengalami peningkatan. Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan bahwa penyakit gagal ginjal kronis merupakan penyebab kematian peringkat ke 27 di dunia pada tahun 1990 dan meningkat menjadi urutan ke-18 pada tahun 2010. Namun dari dua juta lebih penduduk di dunia hanya sekitar 10% yang mendapatkan perawatan dengan dialisis atau transplantasi ginjal. Berdasarkan data Nasional mengungkapkan hanya sekitar 713.783 jiwa yang melakukan pengobatan hemodialisa. Maka dari itu, RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso mengadakan sosialisasi yang berjudul “Nutrisi pada Pasien Hemodialisis” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Maret 2024 pukul 10.00 – 11.00 WIB bertempat di ruang tunggu Instalasi Dialisis. Narasumber pada edukasi kesehatan kali ini yaitu Fentin Sisca Adisti, Skep.,Ns selaku perawat di Instalasi Dialisis RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. Tidak lupa Syaiful Anwar,S Kep.Ns selaku kepala Instalasi Dialisis juga turut serta dalam memberikan pembukaan sebelum sosialisasi dilaksanakan.


Penyuluhan Ins. Dialisis (3)

“Hemodialisis adalah salah satu terapi pengganti ginjal yang dilakukan dengan mengalirkan darah ke dalam tabung ginjal buatan (dialyzer) yang bertujuan untuk membersihkan arah dari zat-zat sampah sisa metabolisme tubuh. Zat-zat gizi yang masih diperlukan oleh tubuh (protein, gula, mineral dan vitamin larut air) dimungkinkan ikut hilang terbuang. Maka dari itu diperlukan pengaturan makanan atau diet khusus”, tutur Fentin Sisca Adisti, Skep.,Ns.
Fentin Sisca Adisti, Skep.,Ns memaparkan zat gizi yang diperlukan oleh pasien hemodialisis antara lain:



  1. Protein: pasien hemodialisis membutuhkan makanan tinggi protein hewani dan protein nabati.

  2. Garam: makanan tinggi garam membuat pasien akan cepat haus, menyebabkan hipertensi, dan dapat menyebabkan penimbunan cairan berlebih di dalam tubuh.

  3. Kalium: asupan kalium berlebih dapat mengganggu fungsi jantung pasien.

  4. Cairan: asupan cairan berlebih dapat menimbulkan gangguan jantung serta penumpukan cairan di tubuh, sehingga kenaikan BB diantara periode waktu hemodialisis menjadi berlebih.


Penyuluhan Ins. Dialisis (2)
Lalu, berapa banyak kebutuhan cairan yang dibutuhkan dalam sehari? Fentin Sisca Adisti, Skep.,Ns menjelaskan, jika masih bisa kencing maka jumlah kencing dalam 24 jam + 500 ml. Namun jika sudah tidak ada kencing maka kebutuhan cairan kurang lebih 500 ml. Jumlah air yang dikonsumsi dapat berasal dari air yang ada pada makanan dan minuman.
Tidak lupa Fentin Sisca Adisti, Skep.,Ns juga menjelaskan tips hidup bahagia dengan hemodialisis, yaitu:



  1. Patuhi jadwal dan aturan di Instalasi Dialisis

  2. Konsumsi obat sesuai instruksi dokter

  3. Lakukan latihan fisik secara teratur

  4. Penuhi kebutuhan gizi sesuai anjuran dokter dan ahli gizi

  5. Istirahat yang cukup dengan pola tidur teratur

  6. Berhenti/tidak merokok

  7. Kontrol emosi

  8. Lakukan hobi yang membuat mood anda tetap bahagia dan semangat


Penyuluhan Ins. Dialisis (1)
Pada akhir penyuluhan, Fentin Sisca Adisti, Skep.,Ns menambahkan, “Proses pengobatan penyakit pada pasien gagal ginjal kronik dengan hemodialisis bukan hanya terapi obat atau terapi hemodialisis saja. Tetapi juga pengaturan makan (diet) yang tepat, sehingga dapat mendukung hidup pasien yang berkualitas”, ujar Fentin Sisca Adisti, Skep.,Ns (13/3/2024).
Masyarakat tampak bersemangat dan sangat antusias mendengarkan penjelasan dari narasumber. Hal ini terlihat jelas dari aktifnya masyarakat untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada pemateri. Seperti Ibu Anis, “Apa saja contoh makanan yang tinggi kalium?”. Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh Fentin Sisca Adisti, Skep.,Ns. “Kalium adalah mineral yang memiliki fungsi penting bagi tubuh, salah satunya adalah menjaga keseimbangan cairan tubuh. Contoh makanan yang tinggi kalium yaitu kentang, singkong, ubi kuning, tepung tapioka, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran,” jawab Fentin Sisca Adisti, Skep.,Ns.
Penyuluhan Ins. Dialisis (4)
Pertanyaan selanjutnya diberikan oleh Ibu Retno “Apakah pasien boleh berolahraga?”, tanya ibu Retno. Fentin Sisca Adisti, Skep.,Ns menjawab “Pasien diperbolehkan melakukan latihan fisik secara teratur selama 30 menit. Namun tetap sesuai dengan kemampuannya. Jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat. Karena segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tentu tidak baik”.
Sosialisasi ataupun edukasi kesehatan kali ini berjalan dengan lancar. Panitia juga membagikan leaflet dan souvenir cantik. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus membantu masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatannya. Berikan semangat juang dan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/FREA)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631645 user
  • IP address : 3.138.179.119
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU