large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
RSDK Adakan Edukasi Mobilisasi Dini Pada Pasien Pasca Operasi Bersama Poli Bedah
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-08-02 -|- 03:36:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Pengertian dari kesehatan bertambah luas seiring dengan berjalannya waktu. Tentunya tak mengherankan jika praktik ilmu pengobatan dalam dunia kesehatan juga terus berkembang dan semakin canggih bersama inovasi serta temuan baru di dalam dunia ilmu medis maupun teknologi kesehatan. Setiap tenaga medis maupun tenaga kesehatanpun terus berupaya untuk memperdalam ilmu pengetahuannya lebih banyak lagi serta menyempurnakan keterampilannya dalam mempraktikkan ilmu kesehatan yang dimiliki. Sehingga derajat kesehatan masyarakat menjadi lebih tinggi daripada sebelumnya. 


peny poli bedah ags23
Jika dibandingkan dengan sejarah perkembangan ilmu medis pada jaman dahulu, saat ini sebuah penyakit dapat tertangani dengan segera dan terminimalisirkan rasa sakit yang dideritanya. Kemanfaatan yang besar ini tentunya dapat dirasakan oleh semua orang, bahkan bagi pasien yang memerlukan tindakan lebih seperti operasi. Setelah menjalankan tindakan dan prosedur operasi, pasien tidak perlu takut untuk mengalami peluang kejadian komplikasi pasca operasi karena saat ini ilmu medis dan kesehatan semakin maju. Walaupun begitu, masih banyak masyarakat yang menganggap remeh kondisi pasca operasi. Oleh karena itu, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengadakan sosialisasi kesehatan bertemakan Mobilisasi Dini Pada Pasien Pasca Operasi pada hari Rabu tanggal 2 Agustsu 2023 pukul 08.30 – 09.30 WIB bertempat di depan ruang tunggu poli Bedah. Petugas edukasi kesehatan yang bertugas adalah Alfisahri Rahmah, S.Kep.Ns. selaku Perawat Penyelia di Poli Bedah. 


peny poli bedah ags23a
"Mobilisasi setelah operasi yaitu aktivitas yang dilakukan setelah operasi dimulai dari latihan ringan di atas tempat tidur, berjalan ke kamar mandi dan berjalan ke luar. Tujuannya yaitu mempertahankan fungsi tubuh, memperlancar peredaran darah, membantu pernafasan lebih baik, serta mempertahankan tonus otot." jelaskan Alfisahri Rahmah, S.Kep.Ns. Saat ditanya mengenai manfaat dari adanya mobilisasi dini pasca bedah, Alfisahri Rahmah, S.Kep.Ns pun menjelaskan sebagai berikut:



  1. Mencegah tekanan darah rendah

  2. Mencegah hilangnya kekuatan otot

  3. Meningkatkan kekuatan otot

  4. Mengurangi tekanan pada kulit

  5. Mencegah susah buang air besar

  6. Mempercepat organ tubuh bekerja seperti semula serta

  7. Mempercepat pemulihan


peny poli bedah ags23b
"Jika tidak dilakukan dengan baik, maka pasien pasca operasi akan mengalami beberapa hal seperti penyembuhan luka menjadi lama, menambah rasa sakit, badan menjadi pegal dan kaku serta memperlama perawatan di Rumah Sakit. Mobilisasi pasca operasi haruslah dilakukan sesegera mungkin dengan menggunakan cara yang cepat. Perlu diketahui juga bahwa gerakan tubuh yang tepat tidak akan menyebabkan jahitan lepas atau robek." tambah  Alfisahri Rahmah, S.Kep.Ns. 


peny poli bedah ags23c
Sebagai penutup Alfisahri Rahmah, S.Kep.Ns memberikan informasi tambahan mengenai tahapan mobilisasi dini pasca operasi diantaranya:



  1. Enam jam pertama setelah operasi pasien harus tirah baring dahulu. Mobilisasi yang bisa dilakukan adalah menggerakkan lengan, tangan, ujung jari kaki dan mengangkat tumit, menegangkan otot betis serta menekuk dan menggeser kaki

  2. Setelah 6-10 jam pasien diharapkan miring ke kiri dan kanan untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah

  3. Setelah 24 jam pasien dianjurkan untuk dapat memulai belajar duduk secara bertahap

  4. Pasien didudukkan selama 5 menit dengan sandaran lalu beristirahat jika lelah, durasi duduk meningkat secara bertahap menjadi 10 menit, 15 menit dan seterusnya sesuai kemampuan pasien

  5. Setelah pasien dapat duduk, dianjurkan pasien dapat belajar berdiri di samping tempat tidur

  6. Setelah mampu berdiri di samping tempat tidur dalam beberapa menit dianjurkan pasien belajar berjalan di sekitar kamar, ke kamar mandi, dan ke luar kamar mandi


peny poli bedah ags23d


Kegiatan sosialisasi ataupun edukasi kesehatan kali ini berjalan lancar dan diakhiri dengan pembagian souvenir cantik. Kami ucapkan selamat kepada beberapa orang yang beruntung yaitu ibu Martini, ibu Tri Astuti serta bapak Mulyono. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus membantu masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatannya. Berikan semangat juang dan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)


peny poli bedah ags23e

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 629995 user
  • IP address : 18.119.160.154
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU