
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

RSDK hari ini. Bulan Januari telah ditetapkan sebagai Bulan Kesadaran Serviks Sedunia. Serviks atau leher rahim adalah bagian ujung rahim yang menyempit dengan ujung inferior (bawah) mengarah ke vagina pada sistem reproduksi wanita. Panjang serviks kira-kira 2.5-3,5 cm dan berbentuk silinder dan disebut kanalis servikalis. Serviks tersusun oleh cincin fibrosa yang kuat dengan kandungan kolagen tinggi, sehingga menjaga rahim tetap tertutup dan janin tetap berada di dalamnya selama kehamilan. Oleh karenya serviks mempunyai peran penting dalam menjaga rahim tetap tertutup dan menjaga janin tetap berada di dalam rahim selama kehamilan.
Penanganan kesehatan terkait serviks ditangani secara langsung oleh Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Dokter Spesialis Kandungan. Obstetrik adalah bidang ilmu medis yang fokus dalam perencanaan maupun penanganan kondisi ibu hamil dan janin, proses persalinan, serta gangguan atau komplikasi kehamilan dan persalinan. Sementara itu, ginekologi adalah bidang ilmu kedokteran seputar kesehatan organ reproduksi wanita yang meliputi vulva dan vagina, rahim, leher rahim atau serviks, tuba falopi, dan indung telur atau ovarium (alodokter.com). Jadi, dapat disimpulkan spesialisasi dokter ini meliputi menjaga kesehatan organ reproduksi, mendeteksi gangguan pada organ reproduksi wanita, operasi panggul, dan menangani penyakit pada organ reproduksi.
Bagi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), pelayanan kesehatan terkait kandungan ditangani langsung oleh tiga orang Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi yaitu dr. Gede S. Sumardana, Sp.OG, dr. Faqihatus Rahmah, Sp.OG serta dr. Diantri Nari Ratih, Sp.OG. Pelayanan tersebut berada di dalam tiga unit utama yaitu poli kandungan di Instalasi Rawat Jalan, paviliun Mawar di Instalasi Rawat Inap serta Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) di Instalasi Gawat Darurat. Tak hanya dilengkapi oleh tenaga medis professional, namun juga terdapat tenaga kesehatan professional seperti tenaga keperawatan maupun tenaga kebidanan yang selalu sigap memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.
Hal ini dibuktikan dari testimoni masyarakat Bondowoso asal Desa Tanah Wulan Kecamatan Maesan. Diketahui jika sebelumnya pasien ini telah dirawat di paviliun Mawar selama dua hari. Kemudian pada hari Selasa tanggal 9 Januari 2024 melanjutkan kembali pelayanan kesehatan lanjutan sebagai control pertama. “Sebenarnya tanggal saran untuk control saya adalah tanggal 19 Januari 2024, namun saya khawatir dikarenakan ada keluhan lanjutan terhadap kesehatan. Jadi kami memutuskan untuk memajukan jadwal kontrol. Awalnya kami takut dimarahin, tapi ternyata layanannya baik sekali. Semuanya ramah, baik Dokter, Perawat, Bidan dan tenaga lainnya.” ujar ibu Ahmalia.
Hal yang sama juga dinyatakan oleh Muchlas selaku keluarga dari ibu Ahmalia. Beliau menyatakan bahwa selama melakukan rawat inap hingga control, tidak ada kendala apapun. Bahkan beliau merasa jika pelayanan kesehatan yang diberikan sangatlah prima. “Awalnya hanya berniat control ke poli kandungan saja, ternyata istri saya Hb nya rendah dan diharuskan melakukan transfuse dan perlu dirawat. Jadi pada saat itu juga kami yang semula tidak ada bayangan dan persiapan untuk rawat inap, dibantu oleh petugas dan langsung mendapatkan perawatan serta penanganan. Alhamdulillan saya merasakan sendiri, tenaga kesehatannya baik dan cekatan, sedangkan ruangannya juga sangat bersih.” jelaskan bapak Muchlas.
Tak lupa ibu Ahmalia serta bapak Muchlas mengucapkan rasa syukur dan ungkapan terimakasihnya kepada seluruh karyawan dan karyawati di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). “Terimakasih banyak atas bantuan dan penanganannya untuk RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Walaupun kami menggunakan BPJS Kesehatan, namun petugas kesehatan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) membantu dan memberikan layanan kesehatannya secara optimal dan maksimal.” ujar bapak Muchlas. Nurul Maulidah, SST selaku tenaga bidan professional di poli kandungan mengungkapkan jika pelayanan kesehatan terkait obstetric dan ginekologi akan memberikan pelayanan terbaiknya kepada siapapun, baik itu pengguna asuransi kesehatan ataupun pasien umum. “Alhamdulillah semua pengguna layanan kesehatan tidak akan dibeda-bedakan berdasarkan penggunaan asuransi ataupun tidak. Semuanya sama dan tidak ada diskriminasi didalamnya.”
Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terutama poli kandungan, paviliun Mawar serta Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK). Kami akan terus berbenah memberikan Service Excellent atau Pelayanan Prima yang terbaik dan optimal, mohon doa nya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan yang terus maksimal. Tak lupa dalam perayaan Bulan Kesadaran Serviks Sedunia, seluruh jajaran direksi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengucapkan selamat Bulan Kesadaran Serviks Sedunia . Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

- Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD kabupaten Bondowoso ke RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso
- Peringatan Hari Pahlawan, Mari Menilik Sejarah Sosok dr. H. Koesnadi Sebagai Tokoh Pahlawan Nasional
- RSDK Adakan Edukasi Kesehatan tentang Nutrisi pada Pasien Hemodialisis
- Peringati Hari Pendidikan, RSDK Tekankan Pentingnya Pendidikan Untuk Berikan Layanan Terbaiknya
- SKRINING KESEHATAN COVID-19
- Waspadai Peningkatan Sinar Ultraviolet, RSDK Adakan Edukasi Katarak Dan Pterigium
- Tingkatkan Efektivitas Pelayanan, RSDK Bangun Doorlop Antara Paviliun Rengganis Dan Anggrek
- RSDK Adakan Edukasi Kesehatan Berjudul "Kenali Mitos dan Fakta HIV dan AIDS"
- Peringati Hari Penyakit Paru Obstruktif Kronik Sedunia, RSDK Adakan Siarin Radio Interaktif
- Kasus Pilu Anak Usia 8 Tahun Yang Mengharuskan Dokter Orthopedi RSDK Melakukan Amputasi Lengan
- Unit Ambulan RSDK Siap Terintegrasi Dalam Memberikan Layanan Cepat Dan Tanggap
- Perkuat Jejaring Kerja & Komunikasi, RSDK Dinkes Adakan Sosialisasi Di Puskesmas Prajekan & Cermee
- Ramadhan Penuh Berkah, Indahnya Berbagi RSDK Dan Bank Jatim
- Dapatkan Nilai A Dalam Penilaian SAKIP 2022, Kabid Pelayanan Medik Berikan Apresiasi Jajarannya
- Peringati Hari Anak Balita Nasional, Poli Anak Adakan Edukasi SIngkat Bagikan Balon Serta Susu
- Meningkatnya Pasien COR di RSDK, Poli Bedah Saraf Lakukan Edukasi tentang COR Dan Penanganannya
- Pelayanan Instalasi Rawat Jalan, Kenali Ke-21 Poli-Nya (Bagian Dua)
- WASPADA HIPOGLIKEMI,PAVILIUN ANGGREK HIMBAU CEK KESEHATAN SECARA BERKALA
- Sambut Tahun 2024 Dengan Semangat Untuk Memberikan Pelayanan Terbaik
- INFO PENTING
- Dikunjungi oleh : 990793 user
- IP address : 216.73.216.190
- OS : Unknown Platform
- Browser : Mozilla 5.0