large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Peringati Hari Ginjal Sedunia, RSDK Adakan Edukasi Kesehatan & Tes Kesehatan Gratis Di CFD
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-03-06 -|- 10:50:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Berdasarakan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit, maka rumah sakit wajib menyelenggarakan promosi kesehatan baik internal maupun eksternal. Salah satu bentuk promosi eksternal adalah kegiatan berbasis masyarakat. Banyak hal yang telah dilakukan oleh RSUD dr. H. Koesnadi dalam kegiatan bertajuk promosi eksternal berbasis masyarakat seperti penyuluhan kelompok di komunitas masyarakat luar seperti pondok pesantren beserta pondok lansia maupun edukasi berbasis siaran radio dan edukasi di tempat-tempat umum. Kali ini, Instalasi PKRS berkolaborasi dengan Instalasi Hemodialisa dalam mengadakan kegiatan pemberian edukasi berbasis masyarakat di alun- alun Bondowoso tepatnya di acara Car Free day ( CFD ).


CFD maret23


CFD maret23a
Tepatnya pada tanggal 5 Maret 2023 pukul 05.30-09.00 WIB di paseban timur gerbong maut alun-alun Bondowoso, penyuluhan eksternal yang dikemas sebagai Edukasi Kesehatan beserta Tes Kesehatan Gratis di Hari Kesehatan Ginjal Sedunia dilaksanakan bersama pemateri Ns. Viki Trimulyanto, S.Kep selaku perawat dan Ns. Syaiful Anwar, S.Kep selaku selaku Kaur Instalasi Hemodialisa dari Instalasi Hemodialisa dengan bimbingan dan arahan sebelumnya dari Suhato,Sp.PD, FINASIM selaku dokter spesialis penyakit dalam RSDK. Tema yang diangkat dalam penyuluhan kali ini adalah "Preparing For The Unexpected, Supporting The Vulnerable”. Harapannya setelah kegiatan kali ini masyarakat dapat mengertahui seberapa pentingnya menjaga kesehatan ginjal, meningkatkan sikap dan perilaku masyarakat tentang pentingnya kesehatan ginjal serta terbentuknya perilaku sehat pada masyarakat dalam menjaga kesehatan ginjalnya.


CFD maret23b


CFD maret23c
"Setiap 1 dari 10 orang di dunia memiliki masalah kesehatan ginjal. Rendahnya pengetahuan terhadap penyakit ginjal kronis dan keterlambatan deteksi dini menyebabkan jumlah penderita ginjal kronis meningkat. Penyakit ginjal kronis juga bisa disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat. Selain dari makanan yang dikonsumsi, sering menahan kencing dan kurang minum bisa berdampak pada kesehatan ginjal." jelaskan Ns. Viki Trimulyanto, S.Kep. Beliau juga menjelaskan bahwa Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan menerapkan 8 Golden Rules, yaitu rutin aktivitas fisik, makan makanan sehat, rutin kontrol gula darah, kontrol tekanan darah, cukupi kebutuhan cairan tubuh, tidak merokok, dan jangan konsumsi obat pereda nyeri terlalu sering (6/3/2023).


CFD maret23d


Tak perlu risau, karena penanganan dan perawatan penyakit ginjal menjadi salah satu pelayanan unggulan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) Bondowoso. "RSDK memiliki pelayanan kesehatan yang menangani masalah kesehatan ginjal yaitu Poli Dalam di Rawat jalan dan untuk pearawatan intensif Instalasi Hemodialisa bagi penderita gagal ginjal yang membutuhkan penanganan cuci darah." jelaskan Ns. Syaiful Anwar, S.Kep. Sebagai kaur Instalasi Hemodialisa beliau berharap agar Instalasi Hemodialisa dapat menjadi salah satu solusi dalam menyelamatkan jiwa seseorang yang mengalami gagal ginjal kronis, terkhususkan di kabupaten Bondowoso dan sekitarnya. 


CFD maret23e


CFD maret23f
Selain kedua pemateri profesional dari Instalasi Hemodialisa, masih ada Ns. Ida Kurniawati, S.Kep, Ns. Lely Hermawati, S.Kep, Ns. Elvatir Nusri Nur, S.Kep serta Erni Johan, Amd.Kep. yang bertugas menyukseskan acara dalam pemeriksaan gula darah dan tensi darah gratis. "Alhamdulillah terdapat 106 orang peserta yang berhasil kami bantu melakukan tes pemeriksaan gratis kali ini. Saya berharap dapat terus membantu masyarakat, oleh karenanya akan sangat membantu jika dilakukan secara periodik. Selain sebagai promotion, education, kesehatan terhadap masyarakat untuk terus hidup sehat,  terkhususkan dalam hal ini adalah sehat ginjalnya. Kedepannya jika bisa dapat diberikan ruang tersendiri untuk dilakukan konsultasi kesehatan." ujar Ns. Anis Yulianto, S.Kep.


CFD maret23g
Kemanfaatan yang besar dirasakan hampir seluruh peserta, terbukti dari beberapa pernyataan yang diberikan kepada petugas di lapangan. "Terimakasih kami ucapkan kepada RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso yang sudah peduli dengn kondisi Kesehatan masyarakat yang ada di Bondowoso utamanya pada kegiatan CFD yang merupakan momen yang sangat baik sekali karena memberikan pemeriksaan gratis ( gula darah dan tensi darah). Mungkin bisa di tingkatkan meskipun nanti berbayar." ujar ibu wiwik asal Kironggo. "Bagus sekali ada pemeriksaan ini, tadi saya diperiksa tensinya 206 jadi saya baru tau kalo tekanan darah saya tinggi. Nanti mohon di tingkatkan." tambah bapak Taufik asal Tenggarang. Terakhir, sebagai penutup kegiatan dibagikan beberapa undian doorprise souvenir cantik dari RSDK.


CFD maret23h


Terimakasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat sekalian saat ini hingga di masa-masa yang akan datang. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus berbenah dan melakukan yang terbaik untuk menjawab segala kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh masyarakat sekalian. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)


CFD maret23i

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 623268 user
  • IP address : 3.141.100.120
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU