large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Bulan Kesadaran Kanker Payudara, Kenali Lebih Jauh Seputar Poli Bedah Onkologi RSDK
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-10-02 -|- 12:16:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Setiap bulan Oktober masyarakat memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara (Breast Cancer Awareness Month). Peringatan ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kewaspadaan masyarakat dunia terhadap penyakit kanker payudara. Kanker payudara masih menempati posisi tertinggi terkait jumlah kanker terbanyak di Indonesia serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker. Berdasarkan data The Global Cancer Observatory (Globocan) tahun 2020, jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus (16,6%) dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia. Sementara itu, untuk jumlah kematiannya mencapai lebih dari 22 ribu jiwa kasus. Angka ini diprediksikan akan terus meningkat pada tahun 2040, yaitu dengan kasus baru mencapai 580.000 kasus dan kematian akibat kanker mencapai 370.000 kasus.


 kenali poli bedah onkologi okt23


Pemerintah akan terus melakukan upaya dalam melakukan penanggulangan terhadap kanker payudara. Namun demikian bukan berarti penanganan kanker jenis lainnya diabaikan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengungkapkan bahwa 43% kematian akibat kanker bisa dikalahkan jika pasien rutin melakukan deteksi dini dan menghindari faktor risiko penyebab kanker. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang dapat dicegah atau diminimalisir keganasannya jika ditemukan pada stadium awal. Strategi Nasional Penanggulangan Kanker Payudara Indonesia terdiri dari 3 pilar yakni promosi kesehatan, deteksi dini dan tatalaksana kasus. Ketiga pilar tersebut menargetkan 80% perempuan usia 30 hingga 50 tahun dideteksi dini kanker payudara, 40% kasus didiagnosis pada stage 1 dan 2 dan 90 hari untuk mendapatkan pengobatan.


 kenali poli bedah onkologi okt23a


Gerakan SADARI merupakan deteksi dini untuk meminimalisir resiko terjadinya kanker payudara. SADARI bertujuan untuk menemukan benjolan dan tanda-tanda lain pada payudara sedini mungkin agar dapat dilakukan penanganan secepatnya. Berikut merupakan langkah-langkah SADARI dari Yayasan Kanker Indonesia yang bisa dilakukan 7-10 hari setelah menstruasi:



  1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting.

  2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Dorong siku ke depan dan cermati payudara; dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara

  3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan otot dada Anda.

  4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.

  5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter seandainya hal itu terjadi.

  6. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.


kenali poli bedah onkologi okt23b


Semakin cepat sel kanker payudara diketahui, semakin cepat pula pengobatan dilakukan, sehingga peluang kesembuhan semakin besar. Maka dari itu, jangan menunda untuk melakukan pemeriksaan payudara. Lakukan deteksi dini kanker payudara dengan cara mudah melalui pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dan pemeriksaan payudara klinis (SADANIS). Pemeriksaan payudara klinis (SADANIS) dilakukan oleh Dokter Spesialis Bedah Onkologi sekurang-kurangnya 3 tahun sekali secara rutin di RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. Dr. Andreas Andrianto, Sp.B (K) Onk akan membantu Anda dalam memberikan pelayanan kesehatan di Poli Bedah Onkologi yang beroperasi setiap hari Selasa dan Kamis.


 kenali poli bedah onkologi okt23c


RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso memiliki tenaga profesional dan kompeten dalam bidangnya. RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso menyediakan berbagai pelayanan kesehatan dan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.  Berikut ini merupakan Jadwal Praktek Dokter Spesialis yang ada di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) di bulan Oktober tahun 2023. Dengan adanya pelayanan praktik dokter spesialis ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi yang aktual. Terimakasih atas kepercayaan Anda kepada kami hingga saat ini dan masa yang akan datang. Salam Sehat. (PKRS/FREA)


kenali poli bedah onkologi okt23d

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630835 user
  • IP address : 3.144.202.167
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU