large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Maklumat Pelayanan
Mobile JKN
Alur Pendaftaran Rawat Jalan
Jadwal Dokter
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Instalasi Informasi Teknologi RSDK Siap Bekerja Secara Cepat, Akurat & Terintegrasi
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-07-22 -|- 02:21:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Rumah Sakit (RS) merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna meliputi pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Sebagai sarana pelayanan kesehatan mempunyai kewajiban terhadap pasien untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tepat dengan menggunakan fasilitas yang lengkap, salah satu upaya pelayanan kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi kesehatan. Tak hanya itu Rumah Sakit (RS) juga memiliki tanggungjawab utama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan setinggi-tingginya. Peran dan tanggungjawab tersebut saat ini semakin menonjol seiring dengan adanya perubahan-perubahan pola penyakit yang ada pada masyarakat, perubahan sosial ekonomi masyarakat, maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


 cp IT jul24


Baik dan buruknya sebuah institusi Rumah Sakit (RS) akan dinilai dari kualitas pelayanan pasien serta biasanya akan dihubungkan dengan kualitas pelayanan perawatan. Tak mengherankan jika Rumah Sakit (RS) akan selalu dituntut untuk terus menjaga dan memperbaiki kualitas pelayanan kesehatannya dengan tujuan menjaga kualitas pelayanannya secara keseluruhan. Semua ini akan terjadi jika Rumah Sakit (RS) mampu membuat pengambilan keputusan secara efektif dan efisien dimana semuanya bergantung kepada kualitas informasi yang dikelola selama proses pengambilan keputusan sedang berlangsung. Oleh karena itu, proses pengelolaan informasi secara baik sangaktal dibutuhkan Rumah Sakit (RS) dalam mendukung seluruh kegiatan operasional yang ada didalamnya. Dalam titik ini, penggunaan teknologi informasi kesehatan adalah hal yang mutlak dibutuhkan keberadaannya.


Teknologi komunikasi dan informasi dikenal sebagai instrumen penting dalam pemberian pelayanan kesehatan dan kesehatan masyarakat secara internasional. Teknologi komunikasi dan informasi kesehatan mengacu pada berbagai alat sebagai fasilitas komunikasi, pemrosesan atau pengiriman informasi secara elektronik untuk meningkatkan pelayanan mutu Rumah Sakit (RS). Pengelolaan data di Rumah Sakit (RS) merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan suatu sistem informasi di Rumah Sakit (RS). Dukungan dari teknologi informasi yang ada sekarang ini, pekerjaan pengelolaan data dengan cara manual dapat digantikan dengan suatu sistem informasi dengan menggunakan komputer. Selain lebih cepat dan mudah, pengelola data juga menjadi lebih akurat. Sebagai salah satu penyedia layanan jasa kesehatan di wilayah kabupaten Bondowoso dan sekitarnya, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) selalu melakukan pembenahan, perubahan serta peningkatan di segala aspeknya. Tak terkecuali di dalam pengelolaan data informasi yang dilakukan secara langsung oleh Instalasi Informasi Teknologi.


 cp IT jul24a


Instalasi Informasi Teknologi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) adalah suatu unit khusus untuk mengolah sistem informasi manajemen di Rumah Sakit (RS) yang berfungsi sebagai tempat untuk mengolah data secara cepat, akurat, integrasi, dalam rangka peningkatan efisiensi, kemudahan pelaporan dalam pelaksanaan operasional dan penyusunan strategi dalam melaksanakan manajerial sehingga tercipta budaya kerja, transparansi, koordinasi antar unit dalam melaksanakan organisasi. Instalasi Informasi Teknologi selalu memberikan pelayanan terbaiknya dalam menunjang visi utama “Terwujudnya Rumah Sakit (RS) yang terpercaya dan bermartabat dengan pelayanan kesehatan yang bermutu” di bawah komando langsung Basuki Ariawan, SKM,Eng selaku Kepala Instalasi Informasi Teknologi bersama ke-11 anggota terampil dan profesionalitas lainnya meliputi



  1. Fiqih Wahyudiansyah, S.Kom selaku Koordinator IT Support atau Manajemen Database

  2. Dwi Prasyatio Wibowo selaku IT Support atau Manajemen Database

  3. Gracia Ernando, S.Kom selaku IT Support atau Manajemen Database

  4. Ilham Akbar Siswanto, S.Kom selaku IT Support atau Manajemen Database

  5. Alvia Oktariani Setiawati, A.Md selaku IT Support atau Manajemen Database

  6. Rozha Aulya Nurviyanti, S.Kom selaku IT Support atau Manajemen Database

  7. Wahyu Alfian, S. Kom selaku Koordinator Software

  8. Lukmanul Hakim selaku Tenaga Software

  9. Alfin selaku Tenaga Software

  10. Aidil Fitra Tisna Kusuma, A.Md selaku Koordinator Hardware

  11. Sony, S.Kom selaku Tenaga Hardware


 cp IT jul24b


“Instalasi Informasi Teknologi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terbagi atas tiga divisi utama yaitu divisi IT support, divisi Software serta divisi Hardware. Terkait staff di masing-masing divisi juga diisi oleh tenaga terampil yang kompeten di bidangnya masing-masing. Jadi tidak perlu khawatir karena ke-11 orang ini akan siap siaga menunjang seluruh pelayanan informasi di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK).” ujar Basuki Ariawan, SKM,Eng. Divisi IT Support merupakan divisi yang khusus melakukan pemeliharaan dan perbaikan terkait database. Divisi Software merupakan divisi yang khusus melakukan analisis kebutuhan dan desain pengguna, pengembangan dan pembuatan aplikasi, serta uji aplikasi. Sedangkan Divisi Hardware adalah memperbaiki dan memelihara hardware yang ada di masing-masing unit kerja (22/07/2024).


Nah lalu bagaimana dengan fungsi-fungsi utama dari ketiga divisi yang ada di Instalasi Informasi Teknologi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK)? Berikut adalah penjelasannya. Divisi IT Support memiliki tugas-tugas yang harus dikerjakan diantaranya :



  1. Melakukan pemeliharaan dan perbaikan perangkat lunak yang ada di area Rumah Sakit (RS) secara rutin.

  2. Melakukan pengechekan, pemeliharaan dan back up database di server secara rutin dan terjadwal.

  3. Menganilisa penyebab kerusakan atau kendala-kendala pada perangkat lunak.

  4. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penginputan data pada setiap unit-unit kerja di SIM-RS.


Divisi Software memiliki tugas-tugas yang harus dikerjakan diantaranya :



  1. Melaksanakan program kerja pemeliharaan dan perbaikan perangkat lunak Rumah Sakit (RS) agar pelayanan data, transformasi data, penyimpanan data dan pemeliharaan data dapat berjalan lancar dengan mutu yang optimal.

  2. Melaksanakan prosedur kerja pemeliharaan dan perbaikan perangkat lunak sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan.

  3. Mengecek perangkat server dan program aplikasinya sehingga terjamin kelancaran lalu lintas data di Rumah Sakit (RS).

  4. Menganalisis penyebab kerusakan atau kelambatan program aplikasi sehingga terjamin kelancaran lalu lintas data di Rumah Sakit (RS).

  5. Memelihara aplikasi dan database di server, back up database server.

  6. Bekerjasama secara kooperatif dengan anggota tim lain dalam pemberian pelayanan.

  7. Melaksanakan peraturan dan tata tertib yang ada.

  8. Mengikuti pertemuan berkala di lingkungan Instalasi Informasi Teknologi atau di mana diperlukan.

  9. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang pekerjaan dengan persetujuan atasan.

  10. Melaksanakan tugas lain sesuai perintah atasan


Divisi Hardware memiliki tugas-tugas yang harus dikerjakan diantaranya :



  1. Menyusun program pemeliharaan dan perbaikan jaringan komputer, komputer non jaringan, dan multimedia.

  2. Melaksanakan prosedur kerja pemeliharaan dan perbaikan jaringan komputer lokal dan komputer non jaringan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan.

  3. Memelihara dan memperbaiki peralatan komputerisasi baik LAN dan non LAN.

  4. Memelihara dan memperbaiki jaringan komputerisasi, dan multimedia di lingkungan Rumah Sakit (RS).

  5. Memelihara peralatan kerja yang ada.

  6. Menjaga lingkungan kerjanya masing-masing.

  7. Menyetujui surat permintaan perbaikan komputer dari satuan kerja di Rumah Sakit (RS) untuk di tanda tangani.

  8. Mengkoordinasikan pekerjaan ke penanggung jawab hardware.

  9. Menganalisa penyebab kerusakan komputer jaringan, komputer non jaringan, multimedia guna perencanaan perbaikan atau pemeliharaan mendatang.

  10. Bekerjasama secara kooperatif dengan anggota tim lain dalam pemberian pelayanan.

  11. Melaksanakan peraturan dan tata tertib yang ada.

  12. Mengikuti pertemuan berkala di lingkungan Instalasi Informasi Teknologi atau di mana diperlukan.

  13. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang pekerjaan dengan persetujuan atasan.

  14. Melaksanakan tugas lain sesuai perintah atasan.

  15. Merancang kebutuhan hardware dalam menunjang fungsi pelayanan, pendidikan dan administrasi Rumah Sakit (RS)


 cp IT jul24c


“Tak hanya dilengkapi oleh tenaga terampil, Instalasi Informasi Teknologi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga dilengkapi oleh sarana dan prasarana yang lengkap dalam menunjang seluruh kegiatan utama di Rumah Sakit (RS).” jelaskan Basuki Ariawan, SKM,Eng. Berikut sarana dan prasarana yang ada di Instalasi Informasi Teknologi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) meliputi



  1. 2 KVM

  2. 15 aplikasi server

  3. 2 rak server

  4. 3 Unit AC

  5. 2 Core Switch 24 Port

  6. 1 Core Switch 16 Port

  7. UPS Yoshiga 3000 VA – Penta 3000 – ONE

  8. UPS Yoshiga 3000 VA – HPT – 3

  9. UPS GE 3000 VA

  10. 2 Etalase Hardware

  11. 1 Lemari Hardware

  12. 1 LCD TV 32 Inc

  13. 9 Meja Workstation

  14. 9 Unit Komputer

  15. 3 Printer


 cp IT jul24d


Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terkhususkan di Instalasi Informasi Teknologi. Kami akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal, mohon doa nya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan kesehatan yang terus maksimal. Jayalah selalu Instalasi Informasi Teknologi, berikanlah kasih sayang dalam ketulusan pelayananmu sehingga kebutuhan informasi di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dapat terpenuhi optimal dan derajat kesehatan masyarakat dapat tercipta secara prima di wilayah kabupaten Bondowoso dan sekitarnya. Salam Sehat. (PKRS/SWILING).

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

Alur Pendaftaran RWJ

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 758883 user
  • IP address : 3.236.86.184
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU