large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Telusur Dokumen Kepegawaian, Telusur Rekam Medik Beserta Exit Conference, Agenda Terakhir Sursim Int
Kategori Berita | Diposting pada : 2022-09-30 -|- 11:55:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Agenda terakhir dari sebuah akreditasi adalah exit conference. Pengertian dari exit conference sendiri merupakan penyampaian hasil audit di setiap kegiatan yang ada dalam akreditasi, dimulai dari telusur dokumen, telusur lapangan, telusur dokumen kepegawaian hingga telusur rekam medik. Pada survei simulasi (sursim) internal kedua RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), exit conference dilakukan pada tanggal 29 September 2022 bertempat di aula RSDK pada pukul 12.30-13.30 WIB. dimana sebelumnya telah diadakan telusur dokumen kepegawaian pada pukul 08.30-10.00 WIB beserta telusur rekam medik pada pukul 10.00-11.30 WIB. (Jum'at, 30/9/2022)


exit conference
Exit conference dihadiri langsung oleh direktur RSDK, pimpinan RS, pemilik RS, komite medik dan sub komite, komite keperawatan dan komite lainnya, koordinator survei, pokja akreditasi, para manajer serta pejabat lain yang ditetapkan RS. Sambutan awal dan pembukaan acara exit conference dilakukan oleh dr. Lukman Hakim, M. MKes selaku Wakil direktur umum dan keuangan. "Hari ini dilakukan agenda terakhir sursim internal kedua yaitu telusur dokumen kepegawaian dan telusur rekam medik, dimohon dipersiapkan dengan baik. Dan jangan lupa diakhir acara juga ada exit conference sebagai hasil acuan perbaikan dalam menghadapi akreditasi yang sebenarnya." ujar Wakil direktur umum dan keuangan.


exit conference 1
Kegiatan exit conference kali ini menghasilkan kesimpulan yang berbeda dari kegiatan sebelumnya. Banyak terjadi peningkatan dalam hal persiapan di setiap pokja dan seluru tenaga lapangan RS. Hal ini dijelaskan dengan lebih rinci oleh setiap assesor internal yang ada. "Inovasi RS telah banyak mengalami perubahan dalam merubah mindset yang menyatakan bahwa RS itu mengerikan, hal ini dibantah keras oleh RS kita. Saat ini RSDK sudah dipenuhi oleh lampu berwarna-warni pada malam hari serta penuh dengan taman-taman hijau yang indah. RSDK menjadi salah satu lokasi RS cerah sekaligus penuh kedamaian dengan warna alamnya. Selamat atas perkembangan baik serta kerja keras seluruh karyawan." ujar Joko Prananto, S.Kep, Ns., M.Kes selaku anggota asessor internal. Pernyataan yang sama juga dinyatakan oleh Wiwin Nur Siam, S.Kep., Ns,. "RS kita sudah menjadi RS yang indah. Keindahan ini harus dijaga dengan baik, salah satu caranya adalah menerapkan 5R dengan sebaik-baiknya, Setelah dikerjakan, dipertahankan dengan baik, jangan lupa terus kita tingkatkan kembali hingga menjadi budaya kerja yang baik." tambahnya.


exit conference 5
Berbeda halnya dengan dr. Moch. Jasin, M.Kes beserta dr. Adhi Sudarmadji yang menitikberatkan pada peningkatan pemenuhan akan regulasi. Selain pemenuhan akan regulasi, penerapan kepatuhan dalam pelaksanaan regulasi di lapangan juga harus menjadi titik fokus seluruh tenaga di lapangan. Selain itu, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah penciptaan suasana, semangat dan kepedulian dalam mempersiapkan akreditasi. Peningkatan harus disertai dengan semangat penuh untuk kepentingan RS bukan hanya terkotak-kotak per-kelompok kerja (pokja) saja ataupun per-bagian RS saja.


exit conference 2a
Yudho Tri Handoko, S.Kep., Ns., M.Si. selaku ketua asessor internal memiliki pandangan yang berbeda dari asessor internal lainnya. Beliau hanya mengingatkan agar seluruh kegiatan disertai dengan dokumen bukti yang sesuai. Beliau juga mengingatkan bahwa RS mendapatkan tanggal 17 November 2022 sebagai tanggal akreditasi yang sebenarnya. 


exit conference 3
Dapat disimpulkan bersama, dari hasil exit conference sursim internal kedua kali ini bahwa RSDK memiliki beberapa kekuatan penting yaitu



  1. RSDK mempunyai sistem manajemen dan pelayanan yang sangat baik

  2. RSDK mempunyai jenis dan jumlah SDM yang cukup dan berkualitas, terampil, inovatif dan cekatan

  3. Direksi dan semua karyawan bersemangat dalam peningkatan mutu keselamatan pasien

  4. Semua karyawan yang ditemui mampu menjawab pertanyaan dengan sangat baik serta ramah dan sangat antusias

  5. Komite-komite bekerja dengan sangat baik didukung SDM yang berkualitas dan purnawaktu

  6. Sarana prasarana yang lengkap dan canggih

  7. Lahan yang luas dimanfaatkan untuk inovasi pengembangan layanan optimal kedepan

  8. Ruang terbuka yang terawat dengan baik memberikan efek kenyamanan 

  9. Sistem Rekam medis pasien sudah menuju bentuk ERM


exit dr adi
Kemanfaatan yang besar dari kegiatan ini dirasakan oleh seluruh karyawan. "Excited sekali dapat mengikuti kegiatan sursim internal kedua ini, saya dapat mengetahui persiapan diri dalam menghadapi akreditasi. Per-individu ini harus sadar bahwa kemampuan diri yang ada saat ini akan sangat mempengaruhi nilai keseluruhan yang nantinya didapat oleh RSDK. Oleh karena itu, saya berharap seluruh anggota RSDK mempersiapkan dirinya dengan baik di sisa waktu ini." ujar Ni Nyoman Yani M, ST. (PKRS/SWILING)


exit conference ny

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 623638 user
  • IP address : 18.221.98.71
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU