large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Maklumat Pelayanan
Mobile JKN
Alur Pendaftaran Rawat Jalan
Jadwal Dokter
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Halo Apoteker RSDK Raih Terbaik 2 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Bondowoso Tahun 2024
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-08-26 -|- 02:52:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Pemerintah telah mencanangkan lima prioritas kerja pemerintah pada tahun 2019-2024 yang mencakup Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur, simplifikasi regulasi, penyederhanaan birokrasi dan transformasi ekonomi. Salah satu prioritas tersebut adalah penyederhanaan birokrasi pada berbagai sektor pemerintah untuk mempercepat proses penyelenggaraan pemerintah untuk mempercepat proses penyelenggaraan pemerintahan dan pengambilan keputusan, serta membuka peluang inovasi sebagai salah satu syarat agar pemerintah bisa cepat beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang begitu cepat.


 halo apoteker terbaik 2 ags24


Pemerintahan kabupaten Bondowoso sebagai kepanjangan tangan pemerintah pusat memiliki tanggung jawab untuk mengawal reformasi birokrasi melalui pembinaan inovasi pelayanan public untuk mendukung percepatan reformasi birokrasi. Salah satu langkah percepatan yang diambil dalam mendukung percepatan reformasi birokrasi di wilayah kabupaten Bondowoso yaitu dengan mengadakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Hal ini dilakukan untuk mendorong inovasi di bidang pelayanan public yang dilakukan oleh para penyelenggara pelayanan public sebagai bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi. Sebagai ajang tahunan yang telah memasuki perayaan ke-4, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) selalu menjadi ajang terspektakular dan memiliki kemanfaatan yang tinggi untuk masyarakat. Menggusung tema yang berbeda, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2024 diharapkan dapat memberikan makna lebih terhadap tantangan dan kebutuhan Pembangunan birokrasi dalam rangka mengembangkan proses bisnis yang lebih efektif dan efisien. Terkhususkan tema Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2024 adalah Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Inovasi Menuju Reformasi Birokrasi Yang Berdampak.


 halo apoteker terbaik 2 ags24a


Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan public. Dalam pelaksanaan pelayanan publik harus berdasarkan standar pelayanan sebagai tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Pelayanan publik diatur dalam Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, pengaturan ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum dalam hubungan antara masyarakat dan penyelenggara dalam pelayanan publik. Selain itu, pengaturan mengenai pelayanan publik bertujuan untuk



  1. Terwujudnya batasan dan hubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab, kewajiban, dan kewenangan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik;

  2. Terwujudnya sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang layak sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik;

  3. Terpenuhinya penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

  4. Terwujudnya perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat dalam penyelengaaran pelayanan publik.


Sebagai salah satu instansi penyedia layanan kesehatan di bawah lingkungan pemerintah kabupaten Bondowoso, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) tentu saja mendukung penuh segala kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dengan penuh seksama. Oleh karenanya pelaksanaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) merupakan ajang yang tak layak untuk ditinggalkan. Bersama dengan bentuk nyata pemenuhan visi utama utama “Terwujudnya Rumah Sakit (RS) yang terpercaya dan bermartabat dengan pelayanan kesehatan yang bermutu”, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) selalu berbenah dan meningkatkan segala hal dan bidang di dalamnya. Tak terkecuali dalam penanganan pelayanan public, dimulai dari pelaksanaan pelayanan, pengelolaan pengaduan masyarakat, pengelolaan informasi, pengawasan internal, penyuluhan kepada masyarakat dan pelayanan konsultasi. Terkhususkan pada pelaksanaan inovasi pelayanan public tahun 2024, terdapat dua hal penting yang dilakukan oleh RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) untuk mempermudah layanan di Instalasi Farmasi.


 halo apoteker terbaik 2 ags24b


“Saat ini pelayanan bermutu yang ditingkatkan dalam pemenuhan inovasi layanan berbasis kesehatan di lingkungan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) berfokus pada Instalasi Farmasi yang menjadi ujung dalam skema pelayanan kesehatan. Bertujuan memangkas waktu tunggu antrian serta sebagai bentuk efisiensi layanan maka inovasi Halo Apoteker Koesnadi dan layanan Laok Roma X PT POS Indonesia hadir untuk masyarakat Bondowoso dan sekitarnya. Monggo manfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memudahkan dan mempercepat layanan di Rumah Sakit (RS) kami.” ungkap dr. Yus Priyatna A, Sp.P., FISR selaku direktur RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Lalu apa yang dimaksud dengan kedua inovasi layanan tersebut? Aldi Bachtiar Prasetya, S.Farm. Apt selaku salah satu apoteker terampil menyebutkan jika Halo Apoteker Koesnadi adalah pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan aktivitas pemberian nasihat atau saran, terkait terapi obat dari apoteker kepada pasien dan keluarganya yang dilakukan kepada pasien rawat jalan maupun rawat inap atas inisiatif apoteker sendiri, rujukan dari dokter atau keinginan pasien atau keluarganya. Keutamaan dari Halo Apoteker Koesnadi adalah pasien atau keluarganya dapat melakukan konseling tidak perlu bertatapan langsung, sehingga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.


Sedangkan inovasi layanan Laok Roma X PT POS Indonesia merupakan layanan antar obat ke rumah yang berkerjasama dengan PT POS INDONESIA dan Instalasi Farmasi RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. “Program Laok Roma ini berawal dari pengiriman pribadi staf RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yang bertempat tinggal dekat dengan area rumah pasien. Staf terkait ini diantaranya adalah apoteker, asisten apoteker, staf farmasi, hingga beberapa pejabat structural. Namun sempat terkendala dikarenakan tarif dan juga jam kerja setiap staf yang berbeda-beda.” ungkap Indri Hardini, S.Farm.Apt. selaku Kepala Instalasi Farmasi. Belajar dari pengalaman yang telah lampau dan berbekal sebuah ide jalan keluar utama, maka pada tanggal 12 Januari 2023 RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) melaksanakan sebuah program kerjasama yang disebut dengan Laok Roma X PT POS. Walaupun telah menjadi primadona di hati masyarakat, namun terdapat beberapa kriteria khusus obat yang dapat diantarkan menggunakan layanan Laok Roma X PT POS. Indri Hardini, S.Farm.Apt. selaku Kepala Instalasi Farmasi mengungkapkan bahwa tidak semua obat dapat dimasukkan ke dalam program pelayanan ini dikarenakan terdapat beberapa syarat dan prosedur yang harus dijalankan. "Sebelum menggunakan layanan pengantar obat, obat pada resep akan diperiksa terlebih dahulu oleh petugas Farmasi. Syaratnya adalah bukan termasuk ke dalam jenis obat termolabil beserta obat-obat yang termasuk ke dalam golongan tertentu seperti psikotropik dan narkotik." jelasnya. Kriteria layanan ini nampaknya masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Luluil Maknunah selaku petugas layanan Laok Roma X PT POS mengungkapkan bahwa dirinya kerapkali mendapatkan ujaran kekecewaan dari masyarakat karena ketidaktahuan atas kriteria obat yang dapat dikirimkan menggunakan layanan ini. “Beberapa kali ujaran kekecewaan terungkap saat keluarga pasien mengetaui bahwa dirinya tidak dapat menggunakan layanan ini. Permasalahan yang sering terjadi disebabkan oleh ketidaktahuan keluarga pasien atas kriteria obat maupun alur penggunaan layanan.” jelasnya


Melihat dari kemanfaatan besar dan kesesuaian dengan tema dari pelaksanaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2024 kali ini, maka kedua inovasi layanan tersebut menjadi perwakilan utama dari RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Bagaimana dengan hasil yang didapatkan? Tentu saja berhasil masuk ke dalam Top 5 Terbaik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2024 sesuai dengan surat edaran resmi dari pemerintah kabupaten Bondowoso Nomor 005/ 274/ 430.6.2/ 2024. “Alhamdulillah secara resmi dikukuhkan menjadi Terbaik Kedua dari ke-5 inovator pelayanan public di wilayah pemerintahan kabupaten Bondowoso. Prestasi ini merupakan bentuk nyata dari kinerja tinggi dan komitmen utama RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.” ungkap Aldi Bachtiar Prasetya, S.Farm. Apt. Perlu diketahui jika pada tanggal 17 Agustus 2024, Aldi Bachtiar Prasetya, S.Farm. Apt menjadi perwakilan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dalam acara penyerahan piagam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2024 di Alun-Alun Raden Bagus Asra Kabupaten Bondowoso.


 halo apoteker terbaik 2 ags24c


Ketika ditanya bagaimana perasaan yang dirasakan oleh Aldi Bachtiar Prasetya, S.Farm. Apt saat inovasi pelayanan yang diusungnya berhasil memenangkan Terbaik Kedua dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2024? Beliau hanya tertawa tipis dan berkata dengan lantang jika semua usaha dan hasil baik yang dia dapatkan bukan hanya semata-mata karena usaha dirinya sendiri. “Berkat dukungan penuh dan bimbingan nyata dari seluruh civitas dan jajaran direksi karyawan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terutama dr. Yus Priyatna A, Sp.P. FISR selaku direktur utama beserta Indri Hardini, S.Farm.Apt. selaku Kepala Instalasi Farmasi. Tak lupa juga seluruh rekan-rekan di Instalasi Farmasi serta apresiasi dan kepercayaan penuh dari seluruh masyarakat. Saya ucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya untuk seluruh pihak terkait.” ucapnya (26/08/2024).


“Saya ucapkan selamat dan terimakasih banyak atas segala upaya, kerja keras, dan kreasi nya dalam menciptakan inovasi layanan kesehatan terbaik di lingkungan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Terus tingkatkan segala hal terbaiknya dan tetap berpacu dalam segala aspek peningkatan mutu pelayanan publik. Prestasi yang berhasil diraih oleh Aldi Bachtiar Prasetya, S.Farm. Apt merupakan hasil nyata dari jerih payah dan Kerjasama yang baik dari karyawan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Semoga dapat selalu beramanah dan terus memberikan pelayanan yang bermutu untuk masyarakat Bondowoso dan sekitarnya.” Ungkap dr. Yus Priyatna A, Sp.P. FISR dalam sambutannya pada apel pagi rutin hari Senin tanggal 26 Agustus 2024 pukul 07.00 – 07.30 WIB. Semoga dengan prestasi yang telah diraih oleh Saudara Aldi Bachtiar Prasetya, S.Farm. Apt dapat memacu seluruh karyawan karyawati RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan bahkan dapat memacu untuk membuat inovasi-inovasi yang lebih hebat lagi kedepannya. Dengan aktifnya partisipasimMasyarakat dalam membuat inovasi maka pelayanan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan menjadi lebih baik kedepannya. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

Alur Pendaftaran RWJ

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 780514 user
  • IP address : 98.84.25.165
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU