large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Peringati Hari Bidan Nasional, RSDK Adakan Siaran Radio Terkait Pelayanan Kebidanan
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-06-15 -|- 02:36:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Bidan adalah seseorang yang telah menyelesaikan program pendidikan Kebidanan yang diakui secara sah dan mempunyai serta memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan juga memiliki izin yang sah untuk melakukan praktik kebidanan di negaranya. Secara umum, tugas seorang bidan yaitu sebagai tenaga kesehatan profesional yang membantu wanita mulai dari sejak masa kehamilan hingga melahirkan. Seperti antara lain melakukan pemeriksaan selama masa kehamilan, termasuk memantau kesehatan fisik dan psikis ibu hamil. Bidan juga sudah mulai banyak dipercaya untuk membantu persalinan karena pendampingan mereka yang fokus terhadap individu ibu hamil disertai tindakan medis yang minimal. Seorang bidan yang bekerja di Rumah Sakit, karena sifatnya adalah rujukan dan banyak pasien ibu hamil dengan masalah-masalah kesehatan yang lainnya dapat memberikan asuhan kebidanan dengan berkolaborasi memberikan asuhan kebidanan, jadi tidak secara mandiri mengambil tindakan atau mengambil keputusan untuk menangani pasien tertentu,  misalnya pasien dengan preklamsia gawat janin, otomatis seorang bidan akan berkolaborasi dengan dokter obgyn penanggung jawabnya. Sebagai pengingat dan juga pendukung segala jasa tanpa pamrih yang dilakukan oleh bidan maka setiap tanggal 24 Juni diperingati sebagai Hari Bidan Nasional. Tanggal ini dianggap spesial dikarenakan pada tanggal 24 Juni merupakan peringatan adanya Ikatan Bidan Indonesia (IBI).


siaran radio bidan jun23


RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) memiliki cara tersendiri dalam merayakan dan mengapresiasi pelayanan kebidanannya pada hari penting nasional ini yaitu dengan mengadakan siaran radio interaktif bersama LPPL Radio Mahardhika. Tema yang diangkat adalah Pelayanan Kebidanan Di RSUD dr. H. Koesnadi bersama Siti Nurhasanah, SST selaku Bidan Ahli Madya sekaligus Kepala Paviliun Mawar pada hari Kamis tanggal 15 Juni 2023 pukul 10.00 - 11.00 WIB. Untuk produser siaran sekaligus pandusiar LPPL Radio Mahardhika yang bertugas adalah Dewi Karya, S.Sos. (15/6/2023). 


siaran radio bidan jun23a
"RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso memiliki fasilitas pelayanan kebidanan bagi masyarakat Bondowoso yaitu ruang PONEK (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif); VK (Verlos Kamer) atau Kamar Bersalin; Ruang Rawat Inap Paviliun Mawar yang terdiri dari Ruang Rawat Gabung, Ruang Intermediet, Ruang Isolasi dan Ruang Rawat kelas 1, 2, 3 hingga VIP;  serta Poli Kandungan yang melayani pelayanan kebidanan dan kandungan rawat jalan. Apabila perlu dilakukan tindakan operasi caesar maka terdapat Instalasi Bedah Sentral dengan peralatan yang lengkap di RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso." jelaskan Siti Nurhasanah, SST. 


siaran radio bidan jun23b
"Per Juli 2021, selama pandemi, pelayanan obstetri ginekologi atau pelayanan kesehatan yang berfokus pada kebidanan dan kandungan mengalami perubahan, yakni: Pelayanan obstetri dan ginekologi terpisah menjadi pelayanan obstetri ginekologi, non COVID-19 di Ruang Rawat Paviliun Mawar sedangkan pelayanan obstetri dan ginekologi COVID-19 terpusat di Ruang Rawat Paviliun Krisan. Tak hanya itu, Per Juli 2022, PONEK (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif) berada dibawah manajemen IGD (Instalasi Gawat Darurat). 5  Bidan dimutasi ke PONEK IGD (total 10 bidan dimutasi ke PONEK)." jelasnya. Terkait kepercayaan penuh dari masyarakat atas pelayanan kebidanan dan kandungan di RSUD dr. H. Koesnadi, sudah tak perlu diragukan lagi. Diketahui bahwa jumlah pasien bersalin di RSUD dr. H Koesnadi Bondowoso pada bulan Januari sampai dengan Februari tahun 2023 sejumlah 253 orang. Pasien khusus Ruang yang dirawat di Paviliun Mawar pada bulan Mei 2023 adalah 162 orang dengan persentase melahirkan melalui operasi Caesar 54,2 % dimana dari seluruh persentase ini tidak terjadi kasus kematian. Semua ini terjadi karena kerjasama antar tenaga medis dan tenaga kesehatan prima yang terjalin antara Dokter Spesialis Obstetri dan Gynekologi, Dokter Spesialis Anastesi, Dokter Spesialis Anak serta Dokter Jaga Instalasi Gawat Darurat yang meliputi:



  1. Dokter Spesialis Obstetri dan Gynekologi -> dr. Dian tri Nariratih, Sp. OG, dr. Faqihatus Rahmah, Sp. OG serta dr. Gede Sumardana, Sp. OG

  2. Dokter Spesialis Anastesi meliputi dr. Dian Ika SETYARINI, Sp.An, dr. Anditya Wisnuwardana, Sp.An serta dr. Arinald Findari M, M.Ked.Klin., Sp.An

  3. Dokter Spesialis Anak meliputi dr. Luh Putu Sri Tresnasih, Sp.A, dr. Rhefki, Sp.A., M.BIOMED serta dr. Adkhiatul Muslihatin, M. Ked. Klin. Sp. A

  4. Dokter Jaga Instalasi Gawat Darurat meliputi dr. Sinta Agita Anggraini, dr. Adhi Sudarmadji, dr. Franky Ardyan Syah, dr. Ursula Tjendana, dr. Reza Kurniawan. dr. Aldhi Wimandra, dan masih banyak lagi.


siaran radio bidan jun23c


Tak perlu khawatir seluruh pelayanan kebidanan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga ditangani oleh tenaga bidan profesional yang kompeten sesuai dengan perkembangan ilmu kebidanan terkini dan terbaru. Semua prosedur layanan kebidanan yang dilakukan sesuai dengan standart dan kode etik keprofesian bidan yang berlaku. Inilah yang membedakan antara profesi bidan dan dukun beranak. Kami memiliki standart dan kode etik yang harus dipatuhi dan dipenuhi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat khususnya di kabupaten Bondowoso dan sekitarnya." jelaskan Siti Nurhasanah, SST.


siaran radio bidan jun23d


Mendengar penjelasan tersebut, Dewi Karya, S.Sos sekali lagi mengingatkan kepada sobat Mahardhika agar tidak perlu takut dan ragu kembali untuk mengunjungi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dalam mendapatkan pelayanan kesehatan kebidanan. "Tidak perlu khawatir sobat Mahardhika, seluruh bidan yang ada di RSUD dr. H. Koesnadi sudah expert dan profesional di bidangnya. Apalagi prioritas utama adalah memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan utama kepada masyarakat." ungkapnya.


siaran radio bidan jun23e
Antusiasme para pendengar dari kanal youtube maupun siaran radio sangatlah tinggi, hal ini dibuktikan dari banyaknya pertanyaan yang masuk serta beberapa penelpon dari akun terkait seperti eyang Fadli, bapak Totok, akun ember, anisa dahya, sutomo oke, nuraini, yovan dan masih banyak lagi. Kemanfaatan yang besar dirasakan oleh seluruh pendengar siaran radio edukatif. "Terimakasih atas informasi layanan kebidanannya, sangat bermanfaat sekali." ujar Nuraini. Sebagai penutup Siti Nurhasanah, SST dan Dewi Karya, S.Sos. memberikan dukungan dan apresiasi terbaiknya kepada seluruh bidan di Indonesia "Selamat hari Bidan Nasional yang ke-72 pada tanggal 24 Juni 2023, tambah solid dan selalu membawa kebaikan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat." (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631375 user
  • IP address : 3.20.238.187
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU