large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Kenali Lebih Dekat Layanan Rawat Inap Di Paviliun Dahlia RSDK
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-11-08 -|- 01:23:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Rumah Sakit adalah suatu alat organisasi yang terdiri dari tenaga medis profesional yang terorganisir serta sarana kedokteran yang permanen menyelenggarakan pelayanan kedokteran, asuhan keperawatan yang berkesinambungan, diagnosis serta pengobatan penyakit yang diderita oleh pasien. Permenkes RI Nomer 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perijinan Rumah Sakit menyebutkan bahwa penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit terdiri atas pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.


Kabupaten Bondowoso juga memiliki salah satu Rumah Sakit (RS) unggulan dengan kualitas pelayanan kesehatan prima bernama RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yang memiliki banyak sekali inovasi pelayanan kesehatan unggulan. Salah satunya adalah layanan rawat inap khusus kasus bedah yang dikenal dengan Paviliun Dahlia. Makna dari “Dahlia” yang mewakili kekuatan batin, kreativitas serta keanggunan sangatlah mewakili kondisi lapangan di paviliun Dahlia. Maskurniadi, S.Kep. Ns selaku kepala paviliun Dahlia menjelaskan bahwa sebelumnya paviliun Dahlia bernama Zal-D yang merupakan sebuah istilah sejak jaman kependudukan Belanda yang memiliki arti bangsal-D. “Zal-D dulunya berlokasi di sebelah paviliun Krisan pada masa kepemimpinan ibu Suhartini yaitu sekitar tahun 2005 – 2006. Awalnya memang hanya terdiri atas banyak bangsal-bangsal yang berdampingan khusus menangani pasien bedah. Alhamdulillah tetap memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat sejak dahulu hingga saat ini.”


 paviliun dahlia nov23


Paviliun Dahlia telah mengalami tiga kali kepemimpinan dimulai dari ibu Suhartini, bapak Yudho Tri Handoko serta bapak Maskurniadi. “Disamping etika pelayanan dasar 7S, etika pelayanan wajib yang diharuskan ada bagi anggota paviliun Dahlia yaitu Dedikasi, Amanah, Holistik, Loyalitas, Inovatif serta Aman. Dengan adanya standart pelayanan ini, kami siap dan sigap memberikan service excellent selalu.” tambah Maskurniadi, S.Kep. Ns. Selain didukung oleh standar pelayanan prima, paviliun Dahlia juga didukung penuh oleh tenaga profesional meliputi dokter spesialis dokter spesialis bedah umum, dokter spesialis bedah orthopedi, dokter spesialis bedah onkologi, dokter spesialis bedah urologi, dokter spesialis bedah saraf, dokter spesialis bedah mulut, dokter spesialis mata, dokter spesialis THT, perawat, nutrisionis, fisioterapi beserta apoteker. “Terkait tenaga profesional perawat berjumlah sebanyak 19 perawat yang baru saja mengalami beberapa perubahan. Walaupun demikian komitmen dalam mengabdi dan melayani tetap tinggi.” tambahnya.


Berikut adalah susunan personel terbaru dari paviliun Bougenvile sesuai dengan penjelasan dari Maskurniadi, S.Kep, Ns.



  1. Andik Kristianto, S.Kep, Ns

  2. Helmi Fahmayanti, S.Kep, Ns

  3. Siti Musrifatun H, S.Kep, Ns

  4. Anton Prayitno, S.Kep, Ns

  5. Laura Dwipradita, S.Kep, Ns

  6. Kristian Agung Y, Amd.Kep

  7. Afifah Fitriah H, Amd. Kep

  8. Djaka Imanda P, S.Kep, Ns

  9. Yayang Andriyani S, Amd.Kep

  10. Nurul Hidayati, S.Kep, Ns

  11. Laili Handayani, Amd. Kep

  12. M. Syaiful Ulum, Amd. Kep

  13. Heri Mulyono, S.Kep, Ns

  14. Dianita Indra Prawestri, S.Kep, Ns

  15. Ahmad Taufik Baidawi, S.Kep, Ns

  16. Yudi Murdiantowijoyo, S.Kep, Ns

  17. Andri Prasetyo, Amd. Kep

  18. Imanda Dwi Sovianto, S.Kep, Ns

  19. Andrik Haryanto

  20. Siti Yuliana, S.Pd.


 paviliun dahlia nov23a


Lalu bagaimana dengan fasilitas kelas perawatan di paviliun Dahlia? Bangunan satu lantai yang bersih dan asri terdiri atas tiga ruang perawatan utama. Berikut adalah rinciannya:



  1. Kelas perawatan 1 yang berjumlah 6 bed dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur yang dapat distel, standart infus, TV, AC, kursi tunggu, Oksigen sentral, lemari, Kamar mandi dalam serta tempat jemur pakaian 

  2. Kelas perawatan 2 yang berjumlah 4 bed dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur, standar infus, kursi tunggu, lemari, kamar mandi dalam, tempat jemur pakaian serta kipas angin

  3. Kelas perawatan 3 yang berjumlah 15 bed dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur, standar infus, kipas atap, lemari, tirai, serta tempat jemur pakaian.

  4. Ruangan isolasi khusus perawatan kasus luka bakar yang berjumlah 2 bed dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur elektrik, AC, lemari serta kamar mandi dalam


 paviliun dahlia nov23b


Tak hanya itu, sebagai program unggulan, paviliun Dahlia memiliki pelayanan ruang intermediet. Ruangan ini dikhususkan untuk pasien-pasien pasca bedah yang membutuhkan pelayanan intensif karena dalam kondisi kurang stabil. “Fasilitas ini memiliki 3 bed yang menjadi tempat monitoring utama bagi pasien sebelum dipindahkan ke ruang perawatannya. Kita ketahui bersama pasien khusus pasca operasi yang kurang stabil memerlukan perawatan yang ekstra. Untuk itu, ruangan ini menjadi alternatif utama penyelesaian. Perbedaan dari ruang intermediet paviliun Dahlia adalah pasien dapat didampingi satu anggota keluarganya. Selain lebih memotivasi pasien untuk kembali pulih, hal ini juga dilakukan agar keluarga pasien lebih tenang dan dapat memantau kondisi perkembangan pasien secara seksama.” jelaskan Maskurniadi, S.Kep, Ns.


 paviliun dahlia nov23c


Pelayanan maksimal paviliun Dahlia tampaknya mendapatkan ruangan tersendiri di hati masyarakat Bondowoso. Hal ini tampak dari angka kunjungan pasien selama bulan Oktober 2023 yang mencapai angka 220 kunjungan. “Alhamdulillah, selalu diberikan kepercayaan yang begitu besar oleh masyarakat. Kami akan terus berupaya optimal dan maksimal serta terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pelayanan kesehatan. Target kami di tahun 2024 adalah seluruh personel perawat  profesional akan mendapatkan peningkatan ilmu dan keterampilan di bidang ilmu pelayanan kesehatan terbaru seperti bidang urologi, bedah saraf dan lain sebagainya. Kami mohon dukungan dan doanya selalu.” ujar Maskurniadi, S.Kep, Ns.


 paviliun dahlia nov23d


Paviliun Dahlia RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) berkomitmen penuh untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya dalam penanganan kasus bedah, baik dalam penanganan pre maupun post operatif. Oleh karena itu penertiban dan penanganan seluruh Standart Keselamatan Pasien menjadi fokus utama di setiap kegiatan pelayanannya. Jayalah selalu paviliun Dahlia, berikanlah keindahan dan keanggunan pelayananmu sesuai dengan bunga Dahlia yang memiliki ukuran, bentuk hingga warna yang indah. Perbedaan profesi, asal maupun keterampilan yang paviliun Dahlia miliki tetap berujung pada satu visi utama yaitu mewujudkan Rumah Sakit yang terpercaya dan bermartabat dengan pelayanan kesehatan yang bermutu. Salam Sehat. (PKRS/SWILING).


paviliun dahlia nov23e

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631205 user
  • IP address : 3.133.12.172
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU