large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
RSDK Ucapkan Terimakasih Kepada Seluruh Mudhahhy Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-06-29 -|- 09:54:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Qurban adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT dengan  melibatkan penyembelihan hewan tertentu seperti sapi, domba, kambing atau kerbau disertai niat yang tulus dan mengikuti tata cara yang ditetapkan dalam agama Islam. Berqurban sesuai dengan perintah Alloh SWT dalam Q. S. Al-Kautsar ayat 2 yang berarti Maka, laksanakanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah. Selain itu juga sesuai dengan beberapa hadist berikut



  1. Hadits Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah kurban itu?” Rasulullah menjawab: “Kurban adalah sunahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan kurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.” Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” HR. Ahmad dan ibn Majah

  2. “Jika masuk tanggal 10 Dzul Hijjah dan ada salah seorang di antara kalian yang ingin berkurban, maka hendaklah ia tidak cukur atau memotong kukunya.” HR. Muslim

  3. “Kami berkurban bersama Nabi SAW di Hudaibiyah, satu unta untuk tujuh orang, satu sapi untuk tujuh orang. “ HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi.


qurban jun23


qurban jun23a
RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga melaksanakan kegiatan qurban sesuai dengan amanah dari para Mudhahhy yang mempercayakan hewan qurbannya kepada para panitia sesuai dengan surat perintah resmi Nomor 800/1081/430.10.7/2003. Hewan qurban yang berhasil dihimpun antara lain seekor sapi dan beberapa ekor kambing. Pelaksanaan kegiatan penyembelihan dan pembagian daging qurban dilakukan di halaman gedung Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Bondowoso dibantu oleh 26 orang panitia. Acara berlangsung lancar pada pukul pada pukul 07.30- 13.30 WIB dan dibuka langsung oleh dr. Lukman Hakim, M. MKes. selaku ketua kegiatan sekaligus wakil direktur umum dan keuangan. 


qurban jun23b
"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Kami segenap panitia serta seluruh jajaran Direksi dan Pegawai RSUD dr. H. Koesnadi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para Mudhahhy (pequrban) dan keluarga atas kepercayaannya menitipkan hewa-hewan qurbannya. Semoga semua yang menjadi harapan kita akan menjadi amal ibadah dan mendapatkan balasan yang baik dari Alloh SWT yang nantinya mengantarkan kita semua ke surga yang telah dijanjikan hanya untuk orang-orang bertaqwa. Saya berharap acara ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar" ujar Achmad Arfandi selaku perwakilan dari tim panitia qurban RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK).


qurban jun23c
Seluruh daging qurban ini nantinya akan dibagikan kepada seluruh masyarakat sesuai dengan syarat dan ketentuan pembagian daging qurban sebagai berikut:



  1. Orang yang berkurban harus mampu menyediakan hewan sembelihan dengan cara halal tanpa berutang.

  2. Qurban harus binatang ternak, seperti unta, sapi, kambing, atau biri-biri.

  3. Binatang yang akan disembelih tidak memiliki cacat, tidak buta, tidak pincang, tidak sakit, dan kuping serta ekor harus utuh.

  4. Hewan qurban telah cukup umur, yaitu unta berumur lima tahun atau lebih, sapi atau kerbau telah berumur dua tahun, kambing berumur lebih dari satu tahun dan domba berumur lebih dari 6 bulan.

  5. Orang yang melakukan qurban hendaklah yang merdeka (bukan budak), baligh, dan berakal.

  6. Daging hewan qurban dibagi tiga, sepertiga untuk dimakan oleh yang berkurban, sepertiga disedekahkan, dan sepertiga bagian dihadiahkan kepada orang lain.


qurban jun23d
Terimakasih atas kepercayaan seluruh masyarakat kepada RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso.  Kami seluruh jajaran Direksi dan Pegawai RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengucapkan Taqabbalallahu minnaa wa minkum (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian), Selamat Menunaikan Ibadah Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 Hijriah. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Semoga Allah SWT menerima ibadah qurban kita dan kedepannya dapat lebih banyak lagi yang berpartisipasi di kegiatan seperti ini kembali. (PKRS/SWILING)


qurban jun23e

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630493 user
  • IP address : 18.119.111.9
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU