large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
RSDK Adakan Edukasi Kesehatan Dalam Upaya Mencegah Kanker dengan Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-02-16 -|- 12:59:44 oleh Admin

RSDK hari ini. Kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia dengan jumlah 9.6 juta kematian per-tahun dan angka ini terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2020, Global Cancer Statistics (GLOBOCAN) menunjukkan terdapat 19.292.789 kasus kanker baru di dunia dengan 3 kasus terbanyak adalah payudara. Dari banyaknya kasus tersebut, 70% kematian akibat kanker terjadi di negara berkembang, termasuk di Indonesia. Globocan juga menyebutkan kasus baru kanker di Indonesia terhitung sebanyak 396.314 kasus dengan kematian sebesar 234.511 orang. Tentu saja angka ini bukanlah angka yang sedikit. Maka dari itu, RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso mengadakan sosialisasi yang berjudul “Cegah Kanker dengan Perilaku CERDIK” yang dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Februari 2024 pukul 08.00 – 10.00 WIB bertempat di ruang tunggu Paviliun Onkologi. Selain dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, diadakannya edukasi kesehatan ini juga bertujuan sebagai upaya untuk meningkatkan perhatian masyarakat dalam melakukan pencegahan dan turut waspada terhadap ciri-ciri kanker. Narasumber pada edukasi kesehatan kali ini yaitu Linda Dwi Astuti, S.Kep.,Ns selaku Perawat Ahli Madya pada Poli Onkologi.


 penyuluhan onko feb24


“Saat ini, kanker menempati tiga besar penyakit terbanyak secara global. Sekitar 70% peningkatan angka kejadian kanker ini terjadi di negara berkembang, termasuk Indonesia. Di Indonesia, angka ini telah meningkat dari 1:1000 penduduk menjadi 1.4:1000 penduduk. Mengingat kanker dapat menimbulkan beban ekonomi bagi individu, keluarga, masyarakat, dan negara, maka pencegahan dan deteksi dini kanker menjadi penting. Hingga saat ini, satu-satunya kanker dengan metode pencegahan yang spesifik hanyalah kanker serviks melalui vaksinasi HPV (human papillomavirus). Untuk jenis kanker lain, satu-satunya cara adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Angka kejadian dan kematian akibat kanker bisa dipangkas dengan menerapkan pola hidup sehat yang CERDIK dan WASPADA,” tutur Linda Dwi Astuti, S.Kep.,Ns (16/2/2024).


 penyuluhan onko feb24a


Lalu apa itu CERDIK? Linda Dwi Astuti, S.Kep.,Ns. menjelaskan bahwa CERDIK merupakan slogan kesehatan yang setiap hurufnya mempunyai makna.



  1. C (Cek kesehatan secara rutin). Saat ini terdapat banyak tempat yang memberikan fasilitas untuk pemeriksaan kesehatan. Walaupun Anda merasa sehat, tetap lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

  2. E (Enyahkan asap rokok). Rokok tidak baik bagi tubuh Anda. Jika Anda perokok, segera berhenti merokok dalam bentuk apapun baik rokok batangan atau elektrik. Jauhi asap rokok sehingga Anda tidak menjadi perokok pasif yang menghirup asap rokok tersebut. Memang tidak mudah untuk melakukan hal ini di Indonesia, namun berusahalah dengan keras maka Anda dapat berhasil mengenyahkan asap rokok tersebut.

  3. R (Rajin aktifitas fisik). Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, walaupun hanya menyapu, membersihkan rumah, atau mencuci mobil. Hal tersebut dapat membuat tubuh Anda bekerja lebih baik dan mencegah banyak penyakit. Biasakan diri Anda untuk bergerak dan hilangkan rasa malas yang kerap muncul pada diri Anda. Hilangkan kebiasaan makan dan tidur saja. Tambahkan olahraga ringan seperti berjalan atau melakukan peregangan badan seperti senam, atau yang lainnya dalam agenda Anda.

  4. (Diet seimbang). Makanan yang Anda makan perlu dijaga sebagai langkah awal pencegahan. Lakukan diet dengan nutrisi yang seimbang, tidak berlebihan dan tidak berkekurangan untuk semua nutrisi yang diperlukan tubuh Anda. Tidak ada hal yang berat dan susah bila Anda memiliki niat untuk melakukannya.

  5. I (Istirahat cukup). Tubuh Anda boleh fit dan sehat bahkan bisa bekerja hingga larut. Tapi ingatlah, tubuh Anda juga butuh istirahat. Berikan waktu yang cukup untuk tubuh Anda beristirahat. Hal tersebut akan berpengaruh pada kesehatan Anda. Tidur minimal 7-8 jam sehari akan membuat tubuh Anda menjadi lebih segar ketika bangun nantinya. Dengan tubuh yang segar, pekerjaan dan aktivitas yang akan dilakukan pun akan menjadi lancar.

  6. K (Kelola stres). Kesehatan mental dan emosi Anda akan memberikan pengaruh pada tubuh Anda. Kelola stres yang Anda hadapi sebelum menjadi pemicu penyakit. Sisihkan waktu untuk melakukan atau melihat hal yang Anda sukai sebagai pembawa kebahagiaan untuk Anda. Hal tersebut akan membuat Anda untuk tidak memikirkan pekerjaan atau orang di sekitar Anda sebagai suatu beban dan berakhir membuat Anda stres. Hidup tentunya akan menjadi jauh lebih menyenangkan apabila Anda hidup tanpa beban pikiran atau stres.


 penyuluhan onko feb24b


Selanjutnya Linda Dwi Astuti, S.Kep.,Ns. juga memaparkan tentang ciri-ciri kanker yang patut diwaspadai, yaitu meliputi:



  1. BAK (Buang Air Kecil) mengalami gangguan atau diluar kebiasaan

  2. Alat cerna terganggu atau di luar kebiasaan

  3. Suara serak atau batuk yang tak kunjung sembuh

  4. Payudara atau bagian tubuh lain memperlihatkan benjolan

  5. Andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifat, makin besar atau gatal

  6. Darah atau lendir yang tidak normal keluar dari tubuh

  7. Luka yang tak mau sembuh

  8. Muncul memar-memar pada permukaan tubuh, mimisan, atau gusi berdarah, yang biasanya mengarah pada kecurigaan kanker darah

  9. Mudah lelah

  10. Menurunan berat badan yang signifikan


 penyuluhan onko feb24c


Masyarakat tampak bersemangat dan sangat antusias mendengarkan penjelasan dari narasumber. Hal ini terlihat jelas dari aktifnya masyarakat dalam menanggapi pemaparan materi serta memberikan pertanyaan yang menarik. Seperti ibu Ana yang bertanya, “Salah satu ciri-ciri kanker adalah mudah lelah, apakah maksud dari mudah lelah?”. Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh Linda Dwi Astuti, S.Kep.,Ns. “Maksud dari mudah lelah adalah ketika biasanya pagi melakukan aktivitas rutin seperti menyapu, memasak dan lain-lain namun jadi sering merasa ingin istirahat terus, lemas, badan terasa capek atau lelah,” jawab Linda Dwi Astuti, S.Kep.,Ns.


 penyuluhan onko feb24d


Sosialisasi ataupun edukasi kesehatan kali ini berjalan dengan lancar. Panitia juga membagikan leaflet dan souvenir cantik. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus membantu masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatannya. Berikan semangat juang dan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/FREA)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630225 user
  • IP address : 18.117.70.132
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU