large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Safari K3RS RSDK Diwarna Keunikan Dari Keindahan Safari Baju Adat Traditional Nusantara
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-03-09 -|- 11:11:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Pasal 23 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang Kesehatan menyatakan bahwa upaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) harus diselenggarakan di semua tempat kerja, khususnya tempat kerja yang mempunyai risiko bahaya kesehatan, mudah terjangkit penyakit atau mempunyai karyawan paling sedikit 10 orang. Melihat kriteria yang ada dalam pasal tersebut, maka Rumah Sakit (RS) merupakan tempat kerja yang diwajibkan untuk memiliki K3 dalam kesehariannya. Mengingat dengan jelas bahwa didalam RS terdapat berbagai ancaman bahaya yang dapat menimbulkan dampak kesehatan, tidak hanya terhadap para pelaku langsung yang bekerja di RS, tapi juga terhadap pasien maupun pengunjung RS. Sehingga sudah seharusnya pihak pengelola RS menerapkan upaya-upaya K3 di Rumah Sakit atau yang biasa dikenal dengan K3RS (indonesiasafetycenter.org).


safari k3rs 23


Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 66 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit menyebutkan bahwa K3RS adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan bagi sumber daya manusia rumah sakit, pasien, pendamping pasien, pengunjung, maupun lingkungan rumah sakit melalui upaya pencegahan kecelakan kerja dan penyakit akibat kerja di rumah sakit. Pengaturan K3RS bertujuan untuk terselenggaranya Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Rumah Sakit secara optimal, efektif, efisien dan berkesinambungan. Untuk itu, diperlukan program-program unggulan yang tepat dan strategis di lingkungan RS. Di dalam Permenkes Nomor 66 Tahun 2016 menyebutkan bahwa program pelaksanaan K3RS haruslah meliputi hal-hal berikut :



  1. Manajemen risiko K3RS;

  2. Keselamatan dan keamanan di Rumah Sakit;

  3. Pelayanan Kesehatan Kerja;

  4. Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dari Aspek keselamatan dan Kesehatan Kerja;

  5. Pencegahan dan pengendalian kebakaran;

  6. Pengelolaan prasarana Rumah Sakit dari Aspek keselamatan dan Kesehatan Kerja;

  7. Pengelolaan peralatan medis dari Aspek keselamatan dan Kesehatan Kerja; dan

  8. Kesiapsiagaan menghadapi kondisi darurat atau bencana. 


safari k3rs 23a


safari k3rs 23b
RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso (RSDK) juga memiliki unit khusus yang memantau dan menjalankan program K3RS dengan seksama. Unit tersebut adalah komite K3RS yang diketuai langsung oleh Dr. Aldhi Wimandara dan didampingi oleh Inganatul Islamiyah, S.Si. selaku sekretaris. Tak lupa pula didukung oleh tim hebat dengan tenaga professional didalamnya. Tim ini terbagi menjadi 7 subkomite utama yang terdiri dari subkomite Keselamatan dan Keamanan, subkomite B3 dan Limbahnya, subkomite Penanggulangan Bencana, subkomite Proteksi Kebakaran, subkomite Peralatan Medis, subkomite Sistem Utilitas serta subkomite Pelayanan Kesehatan Kerja.


safari k3rs 23c


safari k3rs 23d
Program rutin unggulan dari tim K3RS RSDK yaitu safari K3 yang diadakan secara rutin tiap bulannya. “Minimal sebulan sekali kami adakah inspeksi dan refresh pelatihan terkait penanganan K3RS. Ini adalah inovasi terbaik demi kepentingan utama terkait keselamatan dan keamanan RS. Safari K3 tanggal 9 Maret 2023 hari ini akan berfokus pada penanganan B3 serta inspeksi APAR maupun Hidran.” ujar Inganatul Islamiyah, S.Si. Beliau juga menambahkan bahwa refresh pelatihan singkat kali ini berfokus pada mengingat kembali tata cara penanganan limbah B3 beserta penggunaan APAR yang benar. “Target kami selain karyawan yang meliputi CS, tenaga admin maupun tenaga kesehatan di setiap unit, terkadang juga mengajak pasien sekitar untuk bergabung.”


safari k3rs 23e


Tak hanya sekretaris K3RS saja, safari K3 kali ini juga dimeriahkan oleh pasukan berpakaian adat Sakera asal Madura beserta baju adat Kebaya khas Jawa. “Tampak lebih istimewa karena safari kali ini menggunakan baju adat Nusantara. Tim B3 dan Limbahnya beserta tim Proteksi Kebakaran untuk laki-laki kompak dengan seragam Sakeranya. Sedangkan untuk tim Wanita menggunakan seragam adat kebaya yang penuh dengan keanggunan sebagai ciri khasnya.” jelaskan Apri Deni W., Amd.KL. Sedangkan untuk target utama inspeksi limbah K3 hari ini, beliau menjelaskan bahwa akan berfokus pada pengecekan stock B3 ruangan, pelaporan pembuangan limbah B3 serta kelengkapan spill kit di setiap ruangan (9/3/2023). 


safari k3rs 23f
Selain penanganan limbah B3 yang dilakukan langsung oleh Apri Deni W., Amd.KL., Indri Hardini, S.Farm., beserta Hidayati Adi Putri, S.Farm., Apt., kegiatan safari K3 dilanjutkan dengan pengecekan kelengkapan APAR beserta pelatihan singkat yang dilakukan oleh tim subkomite Proteksi Kebakaran oleh Agus Julianto, Amd. selaku Koordinator Proteksi Kebakaran beserta anggota yaitu Rahmat Suprianto dan Subaeri. “Jangan lupakan TATS dalam Langkah pemadaman api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan atau APAR. TATS adalah Tarik pin pengaman, Arahkan selang, Tekan gagang APAR, lalu Semprotkan ke sumber api.” ujar Agus Julianto, Amd. Beliau juga menambahkan terkait pembahasan hal-hal yang perlu diperhatikan saat pelaksanaan pemadaman menggunakan APAR yaitu



  1. Selalu siap mental dan jangan panik

  2. Perhatikan arah angin

  3. Membelakangi arah mata angin menghindar dari sisi lain

  4. Bila jarum pengukur tekanan menunjuk warna hijau berarti APAR layak pakai, sedangkan jika menunjuk warna merah berarti tidak layak pakai

  5. Semprotkan APAR dari jarak yang aman ke sumber api sampai api padam


safari k3rs 23g


Terimakasih atas kerja kerasnya dalam menjaga keselamatan dan Kesehatan di RSDK. Terus kobarkan semangat juang dalam memberikan mutu pelayanan utama kepada masyarakat. Salam Sehat (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630735 user
  • IP address : 3.142.173.227
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU