large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Bhineka Tunggal Ika Pelayanan RSDK, Fokuskan Melayani Dengan Setulus Hati
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-06-08 -|- 08:07:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang merupakan kutipan dari sebuah kakawin Jawa Kuno yaitu kakawin Sutasoma, karangan Mpu Tantular sekitar abad ke-14, di bawah pemerintahan Raja Rājasanagara atau Hayam Wuruk masih melekat dalam hati dan jiwa seluruh penduduk di Indonesia. Kemasyuran kalimat ini diabadikan menjadi moto atau semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila. Makna penting didalamnya merupakan gambaran nyata keadaan di Indonesia. Kata bhinnêka berasal dari dua kata yang mengalami sandi, yaitu bhinna 'terpisah, berbeda' dan ika 'itu'. Kata tunggal berarti 'satu'. Secara harfiah, Bhinneka Tunggal Ika dapat diartikan "Itu berbeda, itu satu", yang bermakna meskipun beranekaragam, pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap merupakan satu kesatuan (wikipedia.org). 


baju adat 8jun23
Bangsa Indonesia menyadari bahwa keragaman dalam suatu bangsa, agama, hingga ras antar golongan, bukan merupakan unsur pemecah, melainkan faktor potensi atau modal terbentuknya persatuan dan kesatuan Indonesia dalam menghadapi berbagai gempuran, gerusan hingga permasalahan yang ada. Terkhususkan di tengah arus globalisasi yang sangat cepat, maka terjadinya percampuran budaya, pemikiran, politik, ekonomi dan berbagai macam hal lainnya merupakan hal yang pasti terjadi. Oleh karenanya diperlukan penyaringan agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap utuh. Walaupun niat dan semangat berbeda, tetapi tetap satu atau Bhinneka Tunggal Ika.


baju adat 8jun23a


baju adat 8jun23b
Perwujudan Bhinneka Tunggal Ika dalam RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) diwujudkan dalam berbagai macam jenis profesi yang mengerucut dalam satu visi utama yaitu Terwujudnya Rumah Sakit yang Terpercaya Dan Bermartabat Dengan Pelayanan Kesehatan Yang Bermutu. Salah satu cara untuk mencapai visi utama ini adalah dengan memberikan pelayanan kesehatan bermutu dan berkualitas kepada masyarakat. Beberapa macam profesi yang ada di dalam RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yaitu tenaga medis yang terdiri atas dokter umum dan dokter spesialis, tenaga kesehatan yang terdiri atas perawat, bidan, analis, laborat, radiolog, ahli gizi, tenaga promosi kesehatan Rumah Sakit dan lain-lain, hingga tenaga lainnya seperti tenaga administrasi, tenaga parkir, security, cleaning service dan masih banyak lainnya. Semua profesi ini selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas mutu pelayanan yang akan diberikan sehingga Kepuasan Pelanggan Adalah Kebanggan Kami sebagai motto RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK)pun tercipta paripurna.


baju adat 8jun23c
Tak hanya itu, penerapan konsep Bhinneka Tunggal Ika di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga ditunjukkan dengan menggunakan pakaian adat Nusantara yang dilakukan pada hari Kamis minggu Kedua setiap bulannya. Pemakaian pakaian adat traditional ini juga dilakukan berkenaan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Resmi Nomor 065/ 768/ 430.6.2/ 2022 Tentang Penggunaan Pakaian Traditional Nusantara Bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso pada tanggal 31 Oktober 2022 lalu. Seluruh karyawan dan karyawati RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) tentunya menyambut dengan penuh sukacita surat edaran resmi tersebut. Tak ayal pada hari Kamis tanggal 8 Juni 2023 pukul 07.00 - 07.30 WIB halaman depan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) tampak lebih semarak dikarenakan seluruh karyawan dan karyawatinya mengenakan pakaian adat nusantara dengan tema yang berbeda berkumpul mengikuti apel pagi rutin. Beberapa pakaian adat yang dipilih antara lain:



  1. Pakaian Jawi Jangkep selaku pakaian adat resmi laki-laki dari Jawa Tengah beserta pakaian Kebaya selaku pakaian tradisional khusus bagi perempuan Jawa. 

  2. Baju Safari lengkap dengan udeng beserta bawahan kamben dan kampuh selaku pakaian adat resmi laki-laki dari Bali

  3. Pakaian Sadariah yang terdiri atas baju Pangsi selaku pakaian adat resmi laki-laki dan perempuan dari Banten

  4. Pakaian Bedahan dari Jawa Barat

  5. Pakaian Pesa'an dan Kebaya Rancongan dari Jawa Timur 

  6. Pakaian Teluk Belanga selaku pakaian adat resmi laki-laki dan pakaian adat Kebaya Labuh selaku pakaian traditional khusus perempuan 

  7. Pakaian Bodo dari Sulawesi Selatan dan masih banyak lagi


baju adat 8jun23d


baju adat 8jun23e
RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dan semboyan Bhineka Tunggal Ika akan selalu menjadi sebuah kesatuan. Dengan ini jiwa dan semangat dalam mengembangkan motivasi dan menghargai keragaman akan terus berkobar sehingga menanamkan budaya kerja loyalitas dan dedikasi tinggi dalam pemberian servive excellent. Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Kami akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)


baju adat 8jun23f

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631292 user
  • IP address : 3.17.5.68
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU