large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Sambut Harjabo Ke-204, Pegawai RSDK Kompak Kenakan Pakaian Pahlawan Pejuang Kemerdekaan
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-08-22 -|- 10:42:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Berdasarkan surat edaran resmi Pemerintah Kabupaten Bondowoso Nomor 430/943/430.6.2/2023, maka seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Non ASN, karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta swasta agar mengenakan Pakaian Adat Nusantara ataupun Pakaian Pejuang Kemerdekaan. Sebagai salah satu instansi kesehatan penyedia layanan kesehatan di wilayah kabupaten Bondowoso maka RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dipenuhi dengan suasana masa perjuangan kemerdekaan. Kekompakan ditunjukkan oleh seluruh pegawai RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yang dengan kompaknya terlihat mengenakan baju perjuangan. Nuansa hitam putih yang dipadu-padankan dengan warna coklat hingga hijau memenuhi seluruh area lingkungan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Tak lupa dilengkapi dengan topi perjuangan dan sabuk hitam yang menambahkan kesan gagah. Mengingatkan kita pada para Pasukan Pembela Tanah Air (PETA) pembela tanah air yang satu yaitu Indonesia.


Harjabo Pakaian Perjuangan 2023 (5)
Pembela Tanah Air (PETA) merupakan tentara sukarelawan pada masa penjajahan yang dibentuk oleh Jepang saat menguasai bangsa Indonesia. Pembela Tanah Air (PETA) memiliki peran penting atas keberhasilan kemerdekaan Indonesia. Bahkan Pembela Tanah Air (PETA) disebut juga cikal bakal terbentuknya Tentara Nasional Indonesia (TNI). Meskipun awalnya Pembela Tanah Air (PETA) merupakan tentara sukarelawan yang dibentuk oleh Jepang dalam memperkuat perang Asia Timur Raya, namun pada akhirnya pasukan Pembela Tanah Air (PETA) melakukan pemberontakan demi kemerdekaan Indonesia.


Harjabo Pakaian Perjuangan 2023 (1)
“Pakaian yang kita kenakan hari ini bukan hanya sekedar pakaian biasa. Pakaian Pejuang Kemerdekaan yang kita kenakan juga harus mencerminkan perjuangan khususnya dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Termasuk dalam memberikan pelayanan, khususnya kepada para lansia yang merupakan pahlawan dalam membela bangsa Indonesia sekaligus menjadi saksi sejarah perjuangan kemerdekaan. Kepada para pemuda penerus generasi bangsa, saya ingatkan kembali agar tidak lelah untuk berkarya dan berinovasi. Pemuda merupakan pejuang masa depan untuk Indonesia yang lebih baik. Pemuda juga merupakan generasi penerus yang menjadi garda terdepan perubahan bangsa.” tegas dr. Moch. Jasin, Mkes selaku Wadir. Medik Dan Keperawatan sekaligus pembina apel pada pagi hari ini.


Harjabo Pakaian Adat 2023 (7)
Antusiasme pemakaian baju Pejuang Kemerdekan juga terpancar dari keunikan yang ditunjukkan oleh masing-masing pegawai. Seperti yang disampaikan oleh Sitiningsih dari Poli Bedah Syaraf. Beliau mengungkapkan bahwa telah menyiapkan pakaian yang dikenakan hari ini sejak semalam. Memadu padankan rok coklat dengan atasan putih. Pemilihan rok ini bertujuan untuk memudahkan mobilisasi agar bisa berjalan cepat dan bebas bergerak. Tentunya agar bisa tanggap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.



Tutik Mujiati, S.Kep, Ns dari Paviliun Teratai juga mengungkapkan hal yang sama. “Saya sudah mempersiapkan pakaian yang saya pakai hari ini sejak semalam. Disela-sela mengurus anak dan suami, hingga mengeluarkan baju-baju suami saya dari dalam lemari. Pastinya agar dapat menemukan kombinasi yang pas untuk dipakai pada hari ini. Selain menunjukkan perjuangan kemerdekaan Indonesia, pakaian ini juga bisa menumbuhkan rasa semangat dalam terus memajukan bangsa dan negara." tuturnya.


Harjabo Pakaian Perjuangan 2023 (4)
“Pakaian yang kita kenakan saat ini mengingatkan kita pada para pahlawan yang berjuang hingga gugur dalam medan peran. Seperti pahlawan yang sangat menginspirasi bagi saya yaitu Pangeran Diponegoro. Sifat-sifatnya yang bisa menjadi suri tauladan. Berani dan tangguh dalam menghadapi berbagai rintangan, memiliki rasa empati yang tinggi, jujur, adil serta memiliki jiwa yang ikhlas dan tulus,” ujar Achmad Dzul Fikar dari Paviliun Teratai.


Harjabo Pakaian Perjuangan 2023 (2)
“Hari ini saya mengenakan pakaian lurik jawa ditambah dengan blangkon yang menutupi kepala. Keberagaman akan pakaian perjuangan dapat menumbuhkan kembali jiwa patriotisme, semangat perjuangan serta tekad dan gigih dalam memajukan negara kita Republik Indonesia. Seperti bapak proklamator kita yaitu Bung Karno, yang merupakan sosok yang tegas dan berwibawa. Soekarno juga dikenal sebagai sosok yang pantang menyerah dan dapat membakar api semangat perjuangan dan nasionalisme rakyat untuk meraih kemerdekaan Indonesia,” ucap Yunarso, S.Kep.,Ns dari Instalasi Gawat Darurat (IGD).


Harjabo Pakaian Perjuangan 2023 (3)
“Khusus hari ini saya bangun lebih pagi dari biasanya untuk dapat mempersiapkan pakaian perjuangan kemerdekaan. Pakaian yang saya kenakan hari ini terinspirasi dari Jendral Sudirman. Jenderal Soedirman merupakan salah satu pahlawan inspiratif serta memiliki nilai kepahlawanan berupa sikap rela berkorban dan semangat pantang menyerah. Jiwa nasionalis dan cinta tanah air yang tinggi sangat pantas untuk dijadikan teladan khususnya bagi generasi muda agar tidak lupa akan sejarah dan terus mencintai bangsa Indonesia,” tutur Shaiful Rizal,S.Kep.Ns dari Intensive Care Unit (ICU). (PKRS/FREA)


Harjabo Pakaian Perjuangan 2023 (6)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 629862 user
  • IP address : 18.117.196.184
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU