
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

RSDK hari ini. Menurut PMK RI No 12 Tahun 2020 tentang Akreditasi Rumah Sakit (RS) disebutkan definisi Akreditasi Rumah Sakit (RS) yang selanjutnya disebut Akreditasi yaitu pengakuan terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit, setelah dilakukan penilaian bahwa RS telah memenuhi Standar Akreditasi. Tujuan diadakannya akreditasi RS yaitu meningkatkan mutu pelayanan RS secara berkelanjutan dan melindungi keselamatan pasien RS; meningkatkan perlindungan bagi masyarakat, sumber daya manusia di RS, dan RS sebagai institusi; meningkatkan tata kelola RS dan tata kelola klinis; serta mendukung program pemerintah di bidang kesehatan. Selain PMK RI No 12 Tahun 2020 tentang Akreditasi Rumah Sakit, masih terdapat banyak peraturan lain yang menyatakan pentingnya akreditasi bagi RS meliputi UU No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan, UU No. 44 tahun 2009 tentang rumah sakit serta Permenkes 1144/ Menkes/ Per/ VIII/ 2010 tentang organisasi dan tata kerja kementerian kesehatan. (19/12/2022)
Upaya pemenuhan standar akreditasi dilakukan dengan seksama dan memakan waktu berbulan-bulan bersama seluruh Sumber Daya RS tersebut akan dinilai oleh para surveyor dari lembaga independen penyelenggara akreditasi. Biasanya kegiatan ini memerlukan waktu 3 hingga 4 hari lamanya dengan menggunakan dua sistem penilaian. Secara daring untuk telusur dokumen dan via luring untuk telusur lapangan, telusur kepegawaian dan telusur rekam medik. Perlu diketahui juga bahwa saat ini telah terdapat 6 lembaga independen penyelenggara survey akreditasi RS yang diakui di Indonesia yaitu KARS, LAFKI, LARS-DHP, LARS, LAM-KPRS, LARSI.
RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) merupakan salah satu instansi kesehatan di pemerintahan kabupaten Bondowoso yang terus berupaya memberikan dan meningkatkan kualitas pelayanan mutu dan keselamatan pasien di wilayah kerjanya. Semua ini dilakukan, agar visi terwujudnya RS yang terpercaya dan bermartabat dengan pelayanan kesehatan bermutu dapat terus terlaksana dengan baik. Untuk itu, tepatnya pada tanggal 2,6 dan 7 Desember 2022 RSDK mengadakan survey akreditasi bersama Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP). Ketua surveyor LARS DHP yaitu dr. Lakhsmie Herawati Yuwantina, M.Kes didampingi oleh dua orang anggota lainnya yaitu dr. Suparno Adi Santika, Sp.AN.,KIC, M.H beserta Linawati Neny Yunitasari, S.Kep.Ns sebagai anggota. Agenda survei akreditasi ini terbagi ke dalam tiga sesi yaitu sesi telusur dokumen secara daring pada tanggal 2 desember, sesi telusur lapangan pada tanggal 6 desember dan sesi telusur kepegawaian beserta exit conference pada tanggal 7 desember.
Tepatnya pada tanggal 15 Desember 2022 lalu, hasil akreditasi dari RSDK telah resmi diluncurkan dengan status "PARIPURNA" didapat. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Resmi Nomor : 0123.SKH-AKRE.XII.2022 tentang Surat Keterangan Hasil Akreditasi yang ditandatangani langsung oleh dr. R. Heru Ariyadi, MPH selaku direktur utama LARS DHP. Sontak kabar baik ini menjalar dengan cepat di seluruh keluarga besar beserta jajaran civitas hospitalia RSDK. Tak ayal banyak karangan bunga ucapan selamat berjejer dengan indah di halaman RSDK sejak hari Jum'at tanggal 16 Desember 2022 lalu. Berikut adalah daftar pengirim karangan bunga ucapan selamat PARIPURNA dari keluarga besar dan juga mitra baik RSDK.
- Dekan dan Civitas Akademika FIKES UNMUH Jember
- Pemimpin Cabang dan Seluruh Karyawan/ Karyawati PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Bondowoso
- Enny Cathering
- CV Ronggo H. Roespandi
- Trisula
- CV Sumber Rezeki Group
- Berkah Movie Official
- CV Daya Mulya
- CV Vgraphic
- CV Duta Perkasa
- CV Trunojoyo
- CV Wigar Persada
- CV Baya Naga
- CV Malindo
- CV Soefi Kreatif (Umi Hadijati)
- CV Erlangga
- CV Alma
Menanggapi status PARIPURNA kali ini, dr. Moch. Jasin, M.Kes. selaku wakil direktur pelayanan medis dan keperawatan sekaligus pembina upacara mewakili dr. Yus Priyatna A, Sp.P. selaku direktur RSDK mengucapkan rasa terimakasihnya kepada jajaran direksi dan seluruh civitas hospitalia. "Harus tetap semangat karena RSDK telah kembali meraih dan mempertahankan status PARIPURNA. Terimakasih atas kerja kerasnya baik tim akreditasi, tim pokja maupun tim lapangan yang telah bersatupadu bersama-sama menjalankan tugasnya dengan baik." Beliau juga menjelaskan bahwa status PARIPURNA ini menandakan bahwa nilai dari 16 Bab yang ada berada di atas angka 80%, sisanya sebanyak 20% akan terus diperbaiki kembali.
Hal yang sama juga dikatakan oleh Yudho Tri Handoko, S.Kep., Ns., M.Si. selaku ketua asessor internal. "Alhamdulillah kerja keras seluruh pegawai terbayar PARIPURNA, namun perlu diingat bahwa akreditasi bukan akhir dari upaya peningkatan mutu keselamatan pasien. Semangat harus dijaga untuk memperbaiki, mengevaluasi serta meningkatkan kualitas mutu pelayanan maupun keselamatan pasien di lingkungan RSDK." ujarnya.
Terimakasih atas seluruh doa, dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. Kami akan terus berupaya untuk mewujudkan pelayanan kesehatan rujukan Rumah Sakit (RS) yang profesional kepada msyarakat. Karena kebanggan pelanggan adalah kebanggan kami. (PKRS/SWILING)

- Penuh Sukacita Dan Setia Melayani Sepenuh Hati, Paviliun Seruni Siap Tunjukkan Pesonanya
- Waspadai Peningkatan Sinar Ultraviolet, RSDK Adakan Edukasi Katarak Dan Pterigium
- Qurban Bersama RSDK Diwarnai Ketulusan Dalam Indahnya Berbagi
- Harapkan RSDK Yang Lebih Maju Serta Solidaritas & Keakraban Tetap Terjalin Dengan Indah
- Penyerahan Sertifikat Agent Of Change Zona Integritas RSDK Berjalan Lancar
- RSDK Kenakan Baju Adat, Terapkan Budaya Kerja Cinta Nasionalisme Nusantara
- Jadwal Poli Rawat Jalan Bulan November 2022
- Bakar Lemak Tingkatkan Produktivitas Bersama Senam Beat Rutin RSDK
- Marhaban Ya Ramadhan, Selamat menunaikan Ibadah Puasa.
- Menyambut Peringatan Hari Demam Berdarah Nasional, RSDK Adakan Edukasi Siaran Radio Demam Berdarah
- Poli Rehabilitasi Medik Adakan Penyuluhan Home Program Bagi Pasien Rehabilitasi Medik
- RSDK Senam Sehat, Segarkan Badan dan Segarkan Fikiran Demi Pelayanan Prima
- Exit Conference - Mengetahui Kekuatan dan Kelemahan RSDK dalam Hadapi Akreditas
- Simbolis Pengharapan Hal Baik Dan Rasa Syukur, RSDK Sajikan Nasi Kuning Untuk Karyawan
- Edukasi Kesehatan Kenali Benjolan Di Payudara Anda Menarik Perhatian Pengunjung Wanita di RSDK
- Kotak Saran RSDK, Fasilitas Layanan Terpadu Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Publik
- Perpisahan Purna Tugas Pegawai RSDK, Terimakasih Atas Segala Sumbang Asih Dalam Pelayanan Prima Untu
- Jadwal Praktek Dokter Spesialis Bulan November, Simak dan Cari Tau Jadwal Dokter Favoritmu
- Kasus Pilu Anak Usia 8 Tahun Yang Mengharuskan Dokter Orthopedi RSDK Melakukan Amputasi Lengan
- In-House Training Kredensialing dan ReKredensialingTenaga Kesehatan Lain RSDK
- Dikunjungi oleh : 963137 user
- IP address : 18.97.14.82
- OS : Unknown Platform
- Browser :