large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Penyakit Kardiovaskuler Penyebab Kematian Tertinggi Di Dunia, ICCU RSDK Siap Tunjukkan Excellent Ser
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-02-20 -|- 10:33:59 oleh Admin

RSDK hari ini. Penyakit jantung dan pembuluh darah atau penyakit kardiovaskular masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia menyebutkan bahwa setiap tahunnya kematian akibat penyakit kardiovaskular mencapai lebih dari 17,8 juta. Kematian di Indonesia akibat penyakit Kardiovaskular mencapai 651.481 penduduk per tahun, yang terdiri dari stroke 331.349 kematian, penyakit jantung koroner 245.343 kematian, penyakit jantung hipertensi 50.620 kematian, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Sedangkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pada tahun 2023 menyebutkan angka kematian akibat penyakit kardiovaskuler di Indonesia pada tahun 2023 mencapai 650. 000 penduduk per tahun. Bahkan data BPJS Kesehatan pada tahun 2023 menunjukkan biaya pelayanan kesehatan untuk penyakit jantung dan pembuluh darah menghabiskan hampir separuh dari total biaya yaitu sebesar Rp 10,9 Triliun dengan jumlah kasus 13.972.050.


 cp iccu feb24


Dengan tingginya prevalensi penyakit kardiovaskular, maka penanganan dan pelayanan yang ada akan semakin kompleks, komprehensif dan komplid, karena bagi penyintas penyakit kardiovaskular dibutuhkan kecepatan dalam penanganan. Walaupun demikian, semua prosedur harus dilaksanakan sesuai dengan ilmu kedokteran terkini dan diselenggarakan secara aman, berkualitas serta mengedepankan pada keselamatan pasien. Bagi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), penanganan terpadu penyakit kardiovaskuler dilakukan di ruang Intensive Cardiac Care Unit (ICCU), poli Jantung, Unit Diagnostik Intervensi Kardiovaskuler (UNDIK) atau Cath Lab, serta paviliun Teratai. Dalam kesempatan kali ini, mari kita mengenal ruang Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Intensive Cardiac Care Unit (ICCU)  sebetulnya sama dengan ICU (Intensive Care Unit). Bedanya, unit pelayanan intensif ini dikhususkan untuk pasien gangguan jantung.


 cp iccu feb24a


Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) merupakan suatu unit pelayanan rawat inap di Rumah Sakit (RS) yang memberikan perawatan khusus bagi pasien yang membutuhkan perawatan intensif karena mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah dengan melibatkan tenaga kesehatan yang sudah terlatih dan dengan dilengkapi peralatan khusus. Ruang lingkup pelayanan Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) meliputi pemberian dukungan fungsi organ vital contohnya pernafasan, kardiosirkulasi, susunan saraf pusat, renal baik pada pasien anak, dewasa maupun pasien pasca bedah. Beberapa macam penyakit yang dirawat di ruang Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) antara lain penyakit jantung coroner (PJK) atau ACS yang meliputi Infark Miokard Akut (IMA), Old Miocard Infark (OMI), Iskemik, pasien dengan aritmia, ventricular extrasystole (VES), Angina pectoris, Miokarditis, Perikarditis, Akut Lung Odema (ALO) dan sebagainya (20/02/2024).


Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) resmi beroperasi sejak bulan Oktober tahun 2016 yang berfokus pada pelayanan kegawatdaruratan penyakit jantung. Oleh karenanya di dalam Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) terdapat tenaga medis hingga tenaga kesehatan professional yang berkompeten dan telah mendapatkan pelatihan sesuai kompetensi yang dibutuhkan. Bertugas sebagai Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) sekaligus Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah yaitu dr. Nurwahyudi, Sp. JP-FIHA, Apoteker ahli yaitu Ambar Retnowati, S.Farm.Apt, Ahli Gizi Profesional yaitu Siti Hariza Mardiana,S.ST serta 17 orang tenaga keperawatan yang berkompeten.” jelaskan Heri Siswanto, Skep, Ns selaku Kepala Unit. Siapa sajakah ke-17 perawat professional tersebut? Berikut adalah rinciannya:



  1. Heri Siswanto, Skep, Ns

  2. Lismawati Muyasaroh, SKep., Ns

  3. Farida Sri Wahyuni, A.Md.Kep

  4. Surya Insaffita, A.Md. Kep

  5. Ahmad Mahrusi, AMd. Kep

  6. Novalia Andistie Sutanto.,S.Kep.,Ns

  7. Ni Luh Olivia Januwardhani, Amd.Kep

  8. Gatot Pramono, A.Md.Kep

  9. Purana Pitrasiwi, Amd.Kep

  10. Gesti Panca Dhwi Yuliani, S.Kep. Ns

  11. Akhmat Robbi Tricahyono, S.Kep.,Ns

  12. Siti Ani Zakiah, Amd.Kep.

  13. Pantera Halilintar, A.Md. Kep.

  14. Danang Firman Syah,Amd.Kep

  15. Atiyatul Wafiro, A.Md.Kep

  16. Ongki Apriyanto, Amd. Kep.

  17. Mochamad Lutfi, S.Kep.,Ns. Serta

  18. Mulyono (Tenaga Administrasi)


 cp iccu feb24b


Akhmat Robbi Tricahyono, S.Kep.,Ns selaku salah satu tenaga perawat professional menyebutkan bahwa seluruh tenaga professional di Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) akan memberikan upaya terbaiknya untuk masyarakat sesuai dengan bidang kelimuwan yang telah didapatkan. “Kami akan memberikan usaha yang terbaik dan termaksimal untuk seluruh masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan di Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) RSUD dr. H. Koesnadi.” ungkapnya. Tak hanya didukung oleh tenaga professional, sebagai ruang perawatan intensif Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) juga dilengkapi oleh berbagai peralatan canggih dan modern yang berfokus dan didedikasikan untuk penanganan kelainan jantung, diantaranya



  1. Stand bed elektrik

  2. Set monitor pasien

  3. Echocardiografi

  4. Defibrilator

  5. TPM Subcutan

  6. Infus pump

  7. Syringe pump

  8. Alat pengukur suhu

  9. Tirai pembatas


 cp iccu feb24c


“Perawatan di Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) RSUD dr. H. Koesnadi akan ditangani dengan cepat, tepat dan holistik. Hal ini dikarenakan dalam Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) telah dilengkapi oleh tenaga kesehatan professional yang khusus dalam penanganan kegawatdaruratan jantung serta ditunjang oleh alat sekaligus prasarana yang sesuai. Pendekatan holistik ini akan memberikan layanan terbaik karena diagnosis, deteksi dini, penatalaksanaan hingga pencegahan dapat dilakukan dengan segera. Terdapat juga alat yang dapat membantu diagnosis dengan cepat dan tepat serta pasien tidak perlu berpindah ruangan untuk mendapatkan hasil yang akurat.” jelaskan dr. Nurwahyudi, Sp. JP-FIHA selaku Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) sekaligus Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah.


 cp iccu feb24d


Lalu apa saja layanan kesehatan yang diberikan di Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) RSUD dr. H. Koesnadi? Terdiri atas enam ruangan utama dan tujuh bed pelayanan meliputi ruang Isolasi untuk pasien jantung dengan penyakit menular dengan total bed dua pcs, ruang Non Isolasi untuk pasien jantung tanpa penyakit menular dengan total bed lima pcs, ruang Edukasi, ruang perawat, serta ruang tunggu), Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) siap memberikan layanan kesehatan terbaiknya dengan membawa inovasi layanan terbarunya yaitu



  1. Penyuluhan berbasis barcode meliputi pengukuran cairan pada penderita jantung, edukasi penyakit jantung hingga edukasi pemberian trombolitik

  2. Penyediaan set echocardiografi sehingga pemeriksaan jantung dapat dilakukan secara mendetail dan tidak perlu menuju ke ruang radiologi.


Tak perlu khawatir, layanan kesehatan di Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) juga melayani pasien pengguna asuransi jasa kesehatan. “Jangan ragu dan takut, Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) menerima pasien BPJS atau non BPJS. Seluruhnya akan mendapatkan hak nya dengan baik. Tidak ada diskriminasi apapun untuk tindakan dan layanan kesehatan yang ada di Intensive Cardiac Care Unit (ICCU)”. jelaskan Heri Siswanto, Skep, Ns sebagai Kepala Intensive Cardiac Care Unit (ICCU). “Kami akan terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat. Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Mohon doanya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan kesehatan yang terus maksimal.” ujar Heri Siswanto, Skep, Ns. (PKRS/SWILING)


cp iccu feb24e

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630139 user
  • IP address : 3.147.65.65
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU