
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

RSDK hari ini. Ketika berbicara mengenai pelayanan prima kebidanan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), tentunya paviliun Mawar mejadi salah satu fokus utama di dalamnya. Sebagai salah satu paviliun yang memberikan pelayanan rawat inap, paviliun Mawar selalu berbenah dan sigap memberikan service excellent nya di bawah komando Siti Nurhasanah, SST selaku Kepala Paviliun yang notabene juga merupakan Bidan Ahli Madya profesi. "InsyaAlloh dengan bantuan doa dan seluruh dukungan dari berbagai pihak, paviliun Mawar akan selalu siap sedia 24 jam memberikan pelayanan dan kemanfaatannya kepada seluruh masyarakat. Kita semuanya ada dengan tujuan utama untuk melayani dan membantu melahirkan generasi emas penerus bangsa. Semoga amanah selalu untuk berbagi kebahagiaan kepada semuanya." ujar Siti Nurhasanah, SST dalam kegiatan siaran radionya pada hari Kamis tanggal 15 Juni 2023 pukul 10.00-11.00 WIB di LPPL Radio Mahardhika bersama Dewi Karya, S.Sos selaku pandusiar.
Sebagai pemberi layanan kebiadanan prima, paviliun Mawar memiliki beberapa ruang perawatan utama yaitu:
- Ruangan Rawat Inap Kebidanan dan Kandungan yang terdiri dari ruang perawatan VIP, kelas 1, 2, dan 3
- Ruangan Rawat Gabung yang merupakan ruangan khusus bagi ibu dan bayi nya yang sehat. Di dalam ruangan ini ibu dapat dirawat bersama bayinya selama 24 jam penuh.
- Ruangan Intermediet yang dikhususkan untuk kelompok yang membutuhkan pemantauan intensif atau monitoring perawatan secara berkala, sertad) Ruangan Isolasi yang dikhususkan bagi kelompok pasien yang memiliki penyakit penyerta dan membutuhkan perawatan khusus
Terkait sarana prasarana yang berada di Paviliun Mawar, berikut adalah penjelasan dari Siti Nurhasanah, SST.
- Kelas VIP dengan total 1 bed akan mendapatkan fasilitas kamar ukuran ruangan 4x6 m2, satu set bed yang dapat disetel, TV, kulkas, AC, bed sofa penunggu, lemari pakaian, kursi teras, kloset duduk, serta kamar mandi dalam.
- Kelas 1 dengan total 2 bed akan mendapatkan fasilitas kamar ukuran 4x6 m2, 1 set bed dapat disetel, standart infus, TV, kulkas, AC, kursi tunggu, lemari pakaian, kamar mandi dalam
- Kelas 2 dengan total 4 bed akan mendapatkan fasilitas kamar satu set bed, standart infus, kipas angin, kursi tunggu, lemari pakaian serta kamar mandi dalam
- Kelas 3 + RG dengan total 14 bed akan mendapatkan fasilitas kamar bed, standar infus, kipas atap, lemari pakaian, kamar mandi dalam serta tirai
- Ruang intermediet dengan total 3 bed
- Ruang isolaso dengan total 2 bed serta
- VK atau ruang bersalin dengan total 7 bed
Tak hanya itu Siti Nurhasanah, SST kembali menambahkan bahwa fasilitas ruang tunggu bagi keluarga pasien seluruhnya telah dilengkapi dengan TV beserta toilet khusus keluarga.
Paviliun Mawar memiliki sebanyak 35 tenaga bidan profesional yang tentunya dapat mendukung program inovasi unggulan didalamnya. Berikut adalah beberapa program unggulan yang hingga saat ini menjadi primadona tersendiri di hati masyarakat
- KB Pasca Salin -> Pelayanan KB langsung di Rumah Sakit (RS) tepat setelah lahiran atau plasenta lahir baik bagi pasien yang melakukan persalinan normal ataupun operasi. Pilihan KB yang dapat dipilih yaitu pemasangan KB tipe IUD ( Intra Uterine Device) dan juga MOW (Metoda Operasi Wanita) atau Tubektomi yaitu KB permanen dengan mengikat hingga memotong saluran telur agar sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma.
- Akta Lahir Bukti Cinta Ayah Bunda -> merupakan program layanan hasil kerjasama bersama Dispenduk kabupaten Bondowoso secara gratis. Program ini memungkinkan bayi yang baru lahir dapat langsung memiliki dokumen kependudukan dengan lengkap meliputi kartu anak, KK baru, serta akta kelahiran. Persyaratannya mudah yaitu dengan menyiapkan KK asli dan FC 2 lembar, Nama bayi, Surat Keterangan Lahir 2 lembar, FC Surat Nikah / Cerai orang tua 2 lembar, FC KTP orang tua 2 lembar, FC KTP Bidan/ Dokter Penolong 2 lembar, Nomer Handphone yang bisa dihubungi, serta FC KTP saksi 2 lembar. Setelah dokumen kependudukan baru selesai dibuat, pihak keluarga akan dihubungi langsung oleh admin Rumah Sakit dan dapat diambil di ruangan TUHIP RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK)
- Senam nifas -> program sehat untuk membantu pemulihan ibu pasca melahirkan selama 6 hari, jika telah pulang sebelum 6 hari program maka keluarga akan diberi link khusus yang berisikan video tutorial sehingga dapat melaksanakannya di rumah.
Selain memiliki tenaga kesehatan profesional beserta fasilitas-fasilitas yang lengkap, paviliun Mawar juga memiliki koordinasi dan komunikasi yang baik dengan seluruh tenaga medis yang ada di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Hal inilah yang membuat pelayanan prima terjadi, karena arus informasi yang ada terjadi secara cepat sehingga fast respon layanan keperawatan dan kebidanan pun dirasakan baik oleh seluruh masyarakat. Arus informasi di paviliun Mawar terjadi secara melalui beberapa arah komunikasi meliputi:
- Morning Report Paviliun Mawar -> Merupakan kegiatan koordinasi rutin yang dilakukan pagi hari sebelum memberikan pelayanan yang membahas tentang kode etik maupun isu asuhan kebidanan terkini, komplain maupun testimoni dari masyarakat, tata cara bermedia sosial yang baik, hingga tata cara pemberian pelayanan kebidanan yang optimal
- Koordinasi dan kerjasama tenaga medis dan tenaga kesehatan prima bersama Dokter Spesialis Obstetri dan Gynekologi, Dokter Spesialis Anastesi, Dokter Spesialis Anak serta Dokter Jaga Instalasi Gawat Darurat
Mendengar segala fasilitas pelayanan kebidanan dan kandungan maksimal dari penjelasan Siti Nurhasanah, SST selaku kepala paviliun Mawar, sontak Dewi Karya, S.Sos berdecak kagum. "Wah lengkap dan profesional sekali ya. Tidak perlu khawatir sobat Mahardhika, seluruh bidan yang ada di RSUD dr. H. Koesnadi sudah expert dan profesional di bidangnya. Apalagi prioritas utama adalah memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan utama kepada masyarakat." ungkapnya. Tak cukup sampai di sini saja, terdapat testimoni dari bapak Totok yang masuk selaku keluarga pasien yang telah mendapatkan pelayanan kebidanan di paviliun Mawar. "Saya mengapresiasi dan salut dari bidan-bidan di paviliun Mawar. Beda soalnya, welcome banget, sangat humanis ramah sekali. Cantik-cantik sekali. Saya nge-fans sekali sama salah satu bidan di sana, namanya bidan Sari. T.O.P sekali semoga amanah selalu" ungkapnya. Bidan Sari diakui oleh Siti Nurhasanah, SST merupakan salah satu dari sekian banyak bidan senior profesional yang memang sangat diandalkan di paviliun Mawar oleh masyarakat. Bidan Sari juga diketahui telah usai mendapatkan pelatihan Kebidanan di luar kota.
Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terkhususkan di paviliun Mawar. Kami akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal, mohon doa nya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan kesehatan yang terus maksimal. Semoga dengan adanya sosialisasi pelayanan kesehatan rujukan ini dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

- Cinta Budaya Nusantara, RSDK Berdinas Dengan Mengenakan Baju Adat Nasional
- Off The Record Pembuatan Video Pelayanan Publik Hari Terakhir Berjalan Dengan Canda Riang
- Jadwal Praktek Dokter Spesialis Bulan Februari 2024, Simak dan Ketahui Jadwal Dokter Favoritmu
- Ingatkan Kembali Visi, Misi, Dan Motto Utama, Direktur RSDK Himbau Untuk Berikan Yang Terbaik
- RSDK Adakan Sosialisasi Tata Cara Registrasi Mobile JKN
- Tingkatkan Pengetahuan, RSDK Adakan Anjungan Transfer Pengetahuan
- Kenali Instalasi Gizi RSDK, Unit Pemenuhan Gizi Bagi Seluruh Pasien Dengan Pelayanan Prima
- Poli Psikiatri Didominasi oleh Pasien Skizofrenia, RSDK Adakan Edukasi Bertemakan Skizofrenia
- Pembukaan Magang Karyawan RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo Di Paviliun Seroja,RSDK
- Simak Sosialisasi Informasi dan Edukasi RSDK Dalam Bentuk SIaran Audio Internal Berkala
- Puncak Musim Hujan Tahun 2024, Jaga Kesehatanmu Dan Terapkan Etika Batuk Dengan Benar
- Persiapkan Diri Canangkan Zona Integritas, RSDK Rapat Mempersiapkan Program Dan Dokumen
- Tingginya Prevalensi Katarak di Indonesia, RSDK Adakan Edukasi Kesehatan Bertemakan Katarak
- RSDK Adakan Upacara Bendera Sebagai Agenda Puncak Peringatan HUT RI Ke-79
- Pelayanan Geriatri Terpadu RSDK, Wujudkan Lansia Aktif dan Sehat
- Kemeriahan Lomba Hut RI Ke-78 di RSDK dengan Antusias yang Luar Biasa
- Peringati Hari Anak Nasional ke-40, RSDK Adakan Bermain Ramah Anak dan Pembagian Makanan Sehat
- RSDK Ucapkan Terimakasih Kepada Seluruh Mudhahhy Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H
- Indahnya Kebersamaan Serah Terima Sekaligus Perkenalan Kabid Pelayanan Keperawatan & Penunjang RSDK
- Pengumuman Hasil Test Tulis Perawat dan Bidan
- Dikunjungi oleh : 1021015 user
- IP address : 216.73.216.25
- OS : Unknown Platform
- Browser : Mozilla 5.0