
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

RSDK hari ini. Rumah sakit (RS) adalah suatu institusi pelayanan kesehatan yang kompleks, padat pakar, dan padat modal. Kompleksitas ini muncul karena pelayanan Rumah Sakit (RS) menyangkut berbagai fungsi pelayanan, pendidikan, dan penelitian, serta mencakup berbagai tingkatan maupun jenis disiplin, agar Rumah Sakit (RS) mampu melaksanakan fungsi yang profesional baik di bidang teknis medis maupun administrasi kesehatan. Untuk menjaga dan meningkatkan mutu Rumah Sakit (RS) haruslah mempunyai suatu ukuran yang menjamin peningkatan mutu di semua tingkatan. Berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit (RS) pasal 3, maka Rumah Sakit (RS) mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. Sedangkan untuk menjalankan tugas tersebut Rumah Sakit (RS) mempunyai fungsi antara lain:
- Penyelenggaraan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan Rumah Sakit (RS);
- Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yang paripurna tingkat kedua dan ketiga sesuai kebutuhan medis;
- Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kemampuan dalam pemberian pelayanan kesehatan; dan
- Penyelenggaraan penelitian dan pengembangan serta penapisan teknologi bidang kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan etika ilmu pengetahuan bidang kesehatan;
Dalam menunjang semua tugas dan fungsinya, maka Rumah Sakit (RS) membutuhkan beberapa dukungan dan bantuan dari berbagai layanan penunjang seperti pelayanan medik serta non medik. Pelayanan penunjang medik adalah pelayanan kepada pasien dalam membantu penegakan diagnosis dan terapi. Contohnya adalah laboratorium, radiologi, gizi, farmasi, rawat jenazah, dan lain sebagainya. Pelayanan penunjang non medik adalah pelayanan yang diberikan kepada pasien yang secara tidak langsung berkaitan dengan pelayanan medik antara lain administrasi, laundry, perbekalan, sanitasi, promosi kesehatan, rekam medik, security dan lain sebagainya.
Bagi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), pelayanan kesehatan ditunjang oleh 24 layanan utama mulai dari instalasi anestesi, instalasi bedah sentral, instalasi central steril supply department (CSSD) laundry, instalasi farmasi, instalasi gawat darurat, instalasi gizi, instalasi hemodialisa, instalasi informasi teknologi, instalasi kemoterapi, instalasi laboratorium, instalasi pemeliharaan sarana, instalasi perbekalan, instalasi pengendali, instalasi promosi kesehatan Rumah Sakit (PKRS), instalasi radiologi, instalasi rawat inap, instalasi rawat jalan, instalasi rawat jenazah, instalasi rekam medik, instalasi sanitasi, unit bronkoskopi, unit cathlab, unit endoskopi, serta unit patologi anatomi. Nah dalam perayaan Hari Gizi Nasional ke-64, mari berkenalan dengan instalasi Gizi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK).
Pelayanan gizi rumah sakit adalah kegiatan pelayanan gizi di Rumah Sakit (RS) yang dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat di Rumah Sakit (RS) baik pasien rawat inap, rawat jalan maupun pegawai untuk memenuhi keperluan metabolisme tubuh, peningkatan kesehatan, maupun mengoreksi kelainan metabolisme, dalam rangka upaya preventif, kuratif, rehabilitatif maupun promotif. Instalasi Gizi Rumah Sakit adalah wadah yang mengelola kegiatan pelayanan gizi di Rumah Sakit. Layanan yang berdiri sejak 1990-an ini siap memberikan pelayanan terbaiknya dibawah komando langsung dari Fitria Nur Rahmi, S.Gz. Sebelumnya, komando kepemimpinan dilakukan langsung oleh Isminingsih, STP., M.MKes. Instalasi gizi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) telah mengalami pergantian kepemimpinan sebanyak dua kali, dan instalasi gizi akan selalu siap memberikan yang terbaik untuk seluruh masyarakat di Bondowoso dan sekitarnya.
Ruang lingkup Pelayanan Gizi di Rumah Sakit dimana berkolaborasi dengan Profesi Pemberi Asuhan (PPA) lainnya, meliputi beberapa hal yaitu
- Pelayanan Gizi Rawat Inap dan Rawat Jalan -> Pelayanan gizi di rawat inap meliputi lima layanan utama yaitu asuhan gizi pasien dengan ADIME (Asesment, Diagnosis, Intervensi, Monitoring dan Evaluasi). Assesment dengan menggali asupan makan pasien, pola makan, ada tidaknya alergi makanan serta melakukan pengukuran antropometri. Pengkajian fisik klinis pasien serta hasil laboratorium. Diagnosis atau menetapkan diagnosis gizi sesuai domain yang dapat diintervensi oleh ahli gizi. Intervensi berupa diit pasien dan edukasi serta Monitoring dan evaluasi dengan melihat asupan makan dan kondisi klinis. Sedangkan pelayanan gizi di rawat jalan yaitu asuhan berupa konseling gizi pada pasien yang dirujuk ke poli gizi dari poli lain
- Penyuluhan Gizi dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit -> Pemberian informasi kesehatan berupa asupan gizi kepada pasien di rawat inap, dan juga rawat jalan dapat berupa penyuluhan kesehatan di ruang tunggu poli rawat jalan.
- Penyelenggaraan makanan -> Kegiatan pengadaan bahan makanan segar dan kering, penerimaan, persiapan, pengelolaan, pe,orsian dan pendestribusian. Pelayanan makanan pada pasien Rawat Inap yang dilaksanakan oleh instalasi gizi. Pemberian makanan berdasarkan kondisi pasien dan kebutuhan diit. Terdapat paket makan untukpasien berupa kelas VIP, kelas 1, Kelas 2 dan kelas 3 dimana perbedaan hanya pada alat penyajian saja.
- Penelitian dan pengembangan gizi terapan
Selain layanan utama, instalasi gizi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga memiliki inovasi pelayanan terbaru yang akan dikembangkan yaitu “Catering Diet” yang melayani pihak luar Rumah Sakit (RS) dengan pembuatan MoU terlebih dahulu. Selain itu dalam rangka menuju status Rumah Sakit (RS) Pendidikan, maka instalasi gizi turut berkontribusi sebagai lahan mahasiswa dietetik dan manajemen penyelenggara makanan. Tak hanya itu, instalasi gizi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga akan bekerjasama dengan klinik pratama yang mengadakan layanan rawat inap dimana instalasi gizi sebagai penyedia makanan untuk pasien.
Dengan seluruh layanan maupun inovasi layanan yang ada, tentu saja instalasi gizi didukung penuh oleh ahli gizi professional terlatih dan memiliki kompetisi yang sesuai. Fitria Nur Rahmi, S.Gz menjelaskan jika saat ini terdapat sebanyak 38 orang. “Terdapat 5 tenaga professional di instalasi kami yang terdiri atas 12 orang ahli gizi, 1 orang staf administrasi, 6 orang juru masak, 3 orang tenaga persiapan serta 16 orang pramusaji.” ungkapnya. Berikut adalah tenaga ahli terprofesional yang dimaksud.
- Fitria Nur Rahmi, S.Gz
- Yanik Subandiyah, Amd.Gz
- Retnaningsih Daryanti, Amd.Gz., SKM
- Diah Novi Maimana, AMd.Gz
- Ita Triwahyuni, S.Gz
- Dian Firdaus Al Izzati, S.ST
- Siti Hariza Mardiana,S.ST
- Sindy Viana Wulandari, S.Gz
- Yuli Mahardini, AMG
- Sri Wahyuni
- Endang Ratnawati
- Minuk Sri Yuliati
- Mutriyah
- Dwi Ratna Yuniarti
- Suryani
- Lukiana, S.Gz.,MMKes
- Dino Eka Permana Putra, SST
- Tri novita Rahman
- Susilowati
- Dwining Andari, SST
- Yeny Kurnia Wahyuni
- Sugiyanto
- Gilang Nur Khodim Ramadhan
- RA. Dani Pranandari
- Ranita Anggraini
- Sintha Noviani Indrasari
- Lysa Meigawati
- Sri Winarni
- Wildaniatul Huzaimah
- Riano Febri Syahbana
- Anisa Refleonita
- Tri Bagus Sugianto
- Finda Yulanda
- Ricky Hendra Pramana
- Nuriska Fidiayawati
- Iis Sugiarti
- Muhammad Ikram Rosidi
- Rachmadiah Dwiyanti
Layanan prima teroptimal dari instalasi gizi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), terbukti dari beberapa prestasi yang berhasil diraih seperti Juara 2 Best Practice competition yang diselenggarakan oleh FKM Unej serta peserta lomba studi kasus ASDI Jatim. Tak lupa juga juara 1 lomba kebersihan (5R) dan dekorasi ruangan dalam rangka HUT RI ke-78 RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso tahun 2023.Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terkhususkan di instalasi Gizi. Kami akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal, mohon doa nya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan kesehatan yang terus maksimal. Jayalah selalu instalasi Gizi, berikanlah kasih sayang dalam ketulusan pelayananmu. Terakhir dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional Ke-64, seluruh jajaran direksi dan pegawai RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengucapkan Selamat Hari Gizi Nasional untuk semuanya. Salam Sehat. (PKRS/SWILING).

- Qurban Bersama RSDK Diwarnai Ketulusan Dalam Indahnya Berbagi
- Tingkatkan Mutu Pelayanan, Siapkan Dirimu Untuk Open Recruitmen RSDK Tahun 2023
- RSDK Kenakan Pakaian Adat Nusantara dan Pakaian Kemerdekaan
- Edukasi Kusta Bersama Poli Kulit RSDK "Yuk Kalahkan Kusta"
- WAKIL BUPATI BONDOWOSO : PEREKRUTAN PEGAWAI DI RSU Dr. H. KOESNADI BEBAS PRAKTEK TITIPAN
- Himbau Tingkatkan Kinerja & Kedisiplinan, RSDK Siap Melesat Dalam Melayani Masyarakat
- Angka Kematian Akibat Penyakit Jantung Masih Tinggi, RSDK Sarankan Lakukan CT Calsium Score
- Pawai Budaya RSDK Dinkes Usung 36 Pasang Baju Adat Nusantara Dengan Tema Kebhinekaan
- Mendukung Pemberian Layanan Kesehatan Prima, Yuk Kenali Pelayanan Penunjang Yang Ada Di RSDK
- Jadwal Praktek Dokter Spesialis Bulan Juli 2023 Minggu Kedua, Simak & Ketahui Jadwal Dokter-Mu
- Paviliun Seruni Adakan Edukasi Kesehatan tentang Perawatan Metode Kanguru (PMK)
- Perkenalan Surveyor Akreditasi, Ramalkan Paripurna Bintang Lima Untuk RSDK
- Citizen's Charter 2022- Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik RSDK
- Jadwal Pemeriksaan Kesehatan Calon Jamaah Haji 2020/2021
- Penyebarluasan Media Edukasi dan Informasi Leaflet di Lingkungan RSDK
- Peringati Hari Jantung Sedunia RSDK Ajak Masyarakat Untuk Mencegah Gagal Jantung
- Mengenal Pakaian Adat Madura Melalui Pegawai RSDK
- Jadwal Praktek Dokter Spesialis Bulan Juli 2023 Minggu Ketiga, Simak & Ketahui Jadwal Dokter-Mu
- Peresmian Pelayanan TBC RO & Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Dinkes Provinsi-RSDK Berjalan Lanc
- RSDK Berbagi: Jaga Asupan Gizimu Selama Melaksanakan Ibadah Puasa Dengan Baik
- Dikunjungi oleh : 888487 user
- IP address : 2600:1f28:365:80b0:9b74:cd6:9d71:b6db
- OS : Unknown Platform
- Browser :