large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Laboratorium Patologi Anatomi RSDK, Siap Menunjang Upaya Kesehatan, Pencegahan Dan Pengobatan Pasien
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-03-01 -|- 07:46:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Patologi Anatomi (PA) adalah cabang ilmu patologi yang mendeteksi penyakit dengan pemeriksaan sampel organ atau jaringan tubuh pasien (alodokter.com). Patologi Anatomi (PA) bertanggung jawab atas pemeriksaan semua spesimen yang diambil dari pasien hidup dengan tujuan untuk menegakkan diagnosis yang berbasis perubahan morfologi sel dan jaringan sampai pemeriksaan imunologik dan molekuler; mendeteksi kelainan jaringan tubuh dan melakukan penapisan suatu penyakit; serta sebagai penentuan pilihan terapi dan prediksi prognosis sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi (yankes.kemkes.go.id). 


unit lab PA23
RSUD dr. H. Koesnadi juga memiliki unit Patologi Anatomi (PA) dalam menunjang upaya peningkatan kesehatan, pencegahan dan pengobatan pasien. Berbentuk unit layanan kesehatan laboratorium yang resmi beroperasi pada tahun 2011 dan diresmikan langsung oleh dr. Agus Suwardjito, MKes selaku direktur RSDK pada periode tersebut. Unit laboratorium PA RSDK siap memberikan layanan terbaiknya setiap hari Senin hingga Jum'at dibawah komando dr. Siti Kharida, Sp. PA selaku Kepala Unit sekaligus dokter spesialis Patologi Anatomi beserta Tri Timor Sari D., A.Md. AK. selaku Kepala Urusan Pelayanan Laboratorium PA. Dalam kesehariannya, unit laboratorium PA RSDK juga dibantu oleh tenaga kesehatan maupun tenaga admin profesional dibidangnya yaitu Yetti Oktaviani R., S.ST. selaku analis, Alisa Dyan Megananda, A.Md. AK. selaku analis dan Agus Sale selaku tenaga administrasi (1/3/2023). 


unit lab PA23a
Selain tenaga profesional, unit laboratorium PA RSDK juga dilengkapi dengan berbagai alat canggih sebagai pembantu penunjangnya yang meliputi:



  1. Tissue Processing Center

  2. Paraffin Embedding Systems

  3. Microtomes

  4. Water Bath

  5. Hot Plate dan Cold Plate

  6. Microbiological Safety Cabinet

  7. Centrifuge

  8. Timbangan elektrik dan timbangan analitik 

  9. Microscope serta peralatan laboratorium yang lain


unit lab PA23b
Kelengkapan alat yang ada bertujuan untuk menunjang segala layanan unggulan dalam menjamin hak kesehatan masyarakat untuk mendapatkan diagnosis yang benar dan akurat khususnya dalam penanganan penyakit kanker. Pendeteksian kelainan secara akurat tentunya dibutuhkan dalam penanganan kanker, sehingga pemilihan penanganan kesehatan yang tepat dapat terjadi. Berikut adalah layanan unggulan yang dimiliki unit laboratorium PA RSDK dalam menunjang hal tersebut.



  1. Histopatologi adalah prosedur yang melibatkan pemeriksaan jaringan utuh yang diambil melalui biopsi atau operasi di bawah mikroskop (halodoc.com).

  2. Sitopatologi adalah  pemeriksaan sel tunggal atau kelompok sel kecil dari cairan atau jaringan di bawah mikroskop yang meliputi pap smear, sputum, dan gastric washing (halodoc.com)

  3. Aspirasi jarum halus atau fine needle aspiration biopsy (FNAB) adalah tindakan yang dilakukan oleh dokter spesialis patologi anatomik (Sp. PA) pada benjolan di permukaan tubuh dengan cara mengisap cairan dari tumor dengan menggunakan jarum halus (yankes.kemkes.go.id).


unit lab PA23c
Layanan unggulan dan tenaga profesional di bidangnya ini telah mendapatkan ruang tersendiri bagi masyarakat. Terbukti pada tahun 2022 lalu terdapat 817 sampel jaringan yang telah dibuat laporan klinisnya dengan rincian layanan FNAB sebanyak 500 sampel, layanan histopatologi sebanyak 291 sampel, layanan pap smear sebanyak 11 sampel serta layanan sitopatologi sebanyak 15 sampel. Untuk tahun 2023 ini, diketahui sebanyak 174 sampel jaringan yang telah dibuat laporan klinisnya dengan rincian layanan FNAB sebanyak 90 sampel, layanan histopatologi sebanyak 80 sampel, layanan pap smear sebanyak 2 sampel serta layanan sitopatologi sebanyak 2 sampel. 


unit lab PA23d
Unit laboratorium Patologi Anatomi RSDK tetap bersemangat dengan setulus hati untuk membantu masyarakat melawan penyakit kanker dengan membantu penentuan pilihan terapi dan prediksi prognosis. "Kami siap memberikan pelayanan terbaik kami kepada seluruh masyarakat. Kami akan membantu sekuat tenaga dan setulus hati." ujar dr. Siti Kharida, Sp. PA selaku Kepala Unit sekaligus dokter spesialis Patologi Anatomi. Jangan lupa layanan unit laboratorium PA bersama dr. Siti Kharida, Sp. PA. siap memberikan layanan terbaiknya setiap hari Senin hingga Kamis. Namun untuk layanan histopatologi bersama tenaga kesehatan profesional di bidangnya akan melakukan pelayanan terbaiknya setiap hari Senin hingga Jum'at. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)


unit lab PA23e


unit lab PA23f


unit lab PA23g


unit lab PA23h


unit lab PA23j

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 633262 user
  • IP address : 18.224.37.68
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU