
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

RSDK hari ini. Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik (Undang-Undang No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik). Ruang lingkup pelayanan publik meliputi pelayanan barang publik dan jasa publik serta pelayanan administratif yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Dalam ruang lingkup tsb, termasuk pendidikan, pengajaran, pekerjaan dan usaha, tempat tinggal, komunikasi dan informasi, lingkungan hidup, kesehatan, jaminan sosial, energi, perbankan, perhubungan, sumber daya alam, pariwisata, dan sektor strategis lainnya. Melihat kategori ruang lingkup ini, dapat disimpulkan bahwa Rumah Sakit (RS) sebagai tempat pemberi pelayanan kesehatan merupakan tempat salah satu contoh penyelenggara pelayanan publik.
Dalam pemenuhan hak masyarakat akan pelayanan publik yang optimal serta peningkatan kualitas mutu pelayanan yang diberikan, maka setiap tempat pemberi layanan publik diwajibkan untuk menentukan standar pelayanan terkait agar layanan yang ada tercipta secara berkualitas, efektif dan efisien. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, di antaranya adalah dengan melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan yang dilakukan secara berkala. Cara yang dapat dilakukan antara lain:
- Mendapatkan umpan balik dari pelanggan
- Melakukan evaluasi secara rutin
- Peningkatan seluruh aspek sarana dan prasarana hingga tenaga SDM yang ada
Mendapat umpan balik dari pelanggan atau pasien di Rumah Sakit dapat dilakukan dengan banyak cara seperti pemanfaatan kotan saran, survei kepuasan pasien, follow up kepada pasien setelah memberikan pelayanan, pemanfaatan fitur nomer layanan informasi dan pengaduan hingga memanfaatkan teknologi untuk memantau perkembangan menggunakan layanan website, google analytics, hingga sosial media. Bagi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), umpan balik merupakan sarana peningkatan mutu pelayanan yang akurat dan terpercaya. Oleh karenanya, seluruh umpan balik yang ada dikelola dengan baik dan terstruktur rapi (11/4/2023).
Salah satu fasilitas layanan umpan balik yang dapat dimanfaatkan di seluruh penjuru RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yaitu kotak saran. Kotak saran adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk mengumpulkan keluhan, kritik, atau saran yang ditulis di secarik kertas oleh pelanggan, anggota suatu lembaga, atau masyarakat umum. Kotak saran bertujuan untuk menangani pengaduan, pemrosesan respon atas pengaduan tersebut, umpan balik dan laporan penanganan pengaduan yang di sampaikan melalui kotak saran yang ada (selat-buleleng.desa.id). Selain itu pemasangan kotak saran ini juga diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia No.76 Tahun 2013 Tentang pengaduan layanan publik serta Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang pelayanan publik.
Kotak saran RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) tersebar di Instalasi Rawat Inap, Instalasi Rawat Jalan hingga Instalasi Gawat Darurat. Total kotak saran diperkirakan berjumlah 22 buah hingga lebih. Titik lokasi berada di Poli saraf, Poli bedah umum, Poli rehab medik (2 buah), Poli jantung, Poli dalam, Poli paru, Rengganis atas, Rengganis bawah, Radiologi, Dahlia kelas 3 (2 buah), Dahlia kantor, Kemoterapi, Patologi Anatomi, Bougenvile atas, Bougenvile bawah, Bougenvile kelas 1, ICCU, SMF, Melati (2 buah), Seruni hingga Rawat gabung. Pengecekan kotak saran dilakukan setiap hari oleh petugas yang bersangkutan. Nantinya temuan dari kotak saran akan ditangani segera ke bagian, unit hingga tenaga yang bersangkutan. Temuan dalam kotak saran dapat berupa masukan atau saran, kritikan hingga pengaduan maupun harapan untuk peningkatan mutu pelayanan kedepannya.
RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat. Terimakasih atas kepercayaan, dukungan, saran dan kritikan yang membangun kepada kami. Tak lupa RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444 H. Semoga kita semua selalu menjadi hamba yang bertakwa dan ibadah puasa kita mendapatkan ridha dari Allah SWT. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

- Penyerahan Sertifikat Agent Of Change Zona Integritas RSDK Berjalan Lancar
- Kenali Layanan Profesional Di Instalasi Rawat Jenazah RSDK
- Hari Kesehatan Nasional ke - 56
- Dapatkan Nilai A Dalam Penilaian SAKIP 2022, Kabid Pelayanan Medik Berikan Apresiasi Jajarannya
- Sosialisasi Jadwal Pelayanan Poli, Masyarakat Dapatkan Informasi Pelayanan RSDK Dengan Jelas
- Sambut Tahun 2024 Dengan Semangat Untuk Memberikan Pelayanan Terbaik
- Senam Beat Instansi, Naikkan Mood Positif Untuk Pelayanan Yang Lebih Optimal
- RSDK, Dinkes, Puskesmas, Kita Adalah Kesatuan Dalam Organisasi Pelayanan Kesehatan
- Penyerahan Hadiah Lomba Yel-Yel Persiapan Akreditasi beserta Karyawan 7S Terbaik
- HASIL DAN PEMBAHASAN INDEK KEPUASAN MASYARAKAT TRIWULAN IV TAHUN 2016
- Serunya Kegiatan Donor Darah Rutin RSDK dan PMI Bondowoso
- Pelayanan IPSRS Siap Berikan Yang Terbaik Dalam Menunjang Pemeliharaan Sarana, Prasarana & Peralatan
- Adakan Baksos MOW, Masyarakat Bondowoso Beramai-Ramai Daftarkan Dirinya
- Tunjukan Profesionalisme, Staf RSDK Kenakan Seragam Korpri
- Masyarakat Puas Dengan Layanan Kesehatan Penyakit Gagal Ginjal Di RSDK
- Pengalihan Jadwal ATP 21 Juni 2022
- Kasus Langka Giant Bladder Stone Sukses Ditangani Oleh Tim Bedah Urologi RSDK
- 450 Karyawan Dan Karyawati Siap Tingkatkan Kualitas Mutu Layanan RS Usai Ikuti Kegiatan MOT di Yogya
- RSDK Berbagi: Jaga Asupan Gizimu Selama Melaksanakan Ibadah Puasa Dengan Baik
- Memeriahkan HUT RI KE-79,RSDK Mengikuti Lomba Volly Antar OPD
- Dikunjungi oleh : 1013239 user
- IP address : 216.73.216.185
- OS : Unknown Platform
- Browser : Mozilla 5.0