
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

RSDK hari ini. Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik (Undang-Undang No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik). Ruang lingkup pelayanan publik meliputi pelayanan barang publik dan jasa publik serta pelayanan administratif yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Dalam ruang lingkup tsb, termasuk pendidikan, pengajaran, pekerjaan dan usaha, tempat tinggal, komunikasi dan informasi, lingkungan hidup, kesehatan, jaminan sosial, energi, perbankan, perhubungan, sumber daya alam, pariwisata, dan sektor strategis lainnya. Melihat kategori ruang lingkup ini, dapat disimpulkan bahwa Rumah Sakit (RS) sebagai tempat pemberi pelayanan kesehatan merupakan tempat salah satu contoh penyelenggara pelayanan publik.
Dalam pemenuhan hak masyarakat akan pelayanan publik yang optimal serta peningkatan kualitas mutu pelayanan yang diberikan, maka setiap tempat pemberi layanan publik diwajibkan untuk menentukan standar pelayanan terkait agar layanan yang ada tercipta secara berkualitas, efektif dan efisien. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, di antaranya adalah dengan melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan yang dilakukan secara berkala. Cara yang dapat dilakukan antara lain:
- Mendapatkan umpan balik dari pelanggan
- Melakukan evaluasi secara rutin
- Peningkatan seluruh aspek sarana dan prasarana hingga tenaga SDM yang ada
Mendapat umpan balik dari pelanggan atau pasien di Rumah Sakit dapat dilakukan dengan banyak cara seperti pemanfaatan kotan saran, survei kepuasan pasien, follow up kepada pasien setelah memberikan pelayanan, pemanfaatan fitur nomer layanan informasi dan pengaduan hingga memanfaatkan teknologi untuk memantau perkembangan menggunakan layanan website, google analytics, hingga sosial media. Bagi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), umpan balik merupakan sarana peningkatan mutu pelayanan yang akurat dan terpercaya. Oleh karenanya, seluruh umpan balik yang ada dikelola dengan baik dan terstruktur rapi (11/4/2023).
Salah satu fasilitas layanan umpan balik yang dapat dimanfaatkan di seluruh penjuru RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yaitu kotak saran. Kotak saran adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk mengumpulkan keluhan, kritik, atau saran yang ditulis di secarik kertas oleh pelanggan, anggota suatu lembaga, atau masyarakat umum. Kotak saran bertujuan untuk menangani pengaduan, pemrosesan respon atas pengaduan tersebut, umpan balik dan laporan penanganan pengaduan yang di sampaikan melalui kotak saran yang ada (selat-buleleng.desa.id). Selain itu pemasangan kotak saran ini juga diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia No.76 Tahun 2013 Tentang pengaduan layanan publik serta Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang pelayanan publik.
Kotak saran RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) tersebar di Instalasi Rawat Inap, Instalasi Rawat Jalan hingga Instalasi Gawat Darurat. Total kotak saran diperkirakan berjumlah 22 buah hingga lebih. Titik lokasi berada di Poli saraf, Poli bedah umum, Poli rehab medik (2 buah), Poli jantung, Poli dalam, Poli paru, Rengganis atas, Rengganis bawah, Radiologi, Dahlia kelas 3 (2 buah), Dahlia kantor, Kemoterapi, Patologi Anatomi, Bougenvile atas, Bougenvile bawah, Bougenvile kelas 1, ICCU, SMF, Melati (2 buah), Seruni hingga Rawat gabung. Pengecekan kotak saran dilakukan setiap hari oleh petugas yang bersangkutan. Nantinya temuan dari kotak saran akan ditangani segera ke bagian, unit hingga tenaga yang bersangkutan. Temuan dalam kotak saran dapat berupa masukan atau saran, kritikan hingga pengaduan maupun harapan untuk peningkatan mutu pelayanan kedepannya.
RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat. Terimakasih atas kepercayaan, dukungan, saran dan kritikan yang membangun kepada kami. Tak lupa RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444 H. Semoga kita semua selalu menjadi hamba yang bertakwa dan ibadah puasa kita mendapatkan ridha dari Allah SWT. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

- Orientasi Khusus Perawat & Bidan Hari Kedua Dipenuhi Semangat Baru Kebersamaan
- Gagal Jantung Penyebab Utama Kematian Di Dunia, Canangkan Hidup Sehat Sayangi JantungMu
- Keberhasilan Tim Bedah Orthopaedi RSDK Dalam Operasi Penggantian Sendi Lutut
- Ramadhan Penuh Berkah, Indahnya Berbagi RSDK Dan Bank Jatim
- Unit Ambulan RSDK Siap Terintegrasi Dalam Memberikan Layanan Cepat Dan Tanggap
- Exit Conference Tanda Survey Akreditasi Telah Usai, Surveyor Sampaikan Kekuatan RSDK
- Senam Beat Instansi, Naikkan Mood Positif Untuk Pelayanan Yang Lebih Optimal
- RSDK Mengucapkan Selamat Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke-78
- Selamat Kepada Dwi Lestari, S.ST Sebagai Karyawan Teladan Bulan Juli 2024
- Peringati HUT RI Ke-78, RSDK-PMI Adakan Donor Darah Peduli Sesama
- Pengumuman Peserta Lulus Seleksi Administrasi
- Pengumuman Perekrutan Pegawai di RSU Dr. H. KOESNADI BONDOWOSO
- Testimoni Masyarakat Yang Puas Akan Layanan Prima Poli Rehabilitasi Medik RSDK
- 37 Bidan Mawar Siap Melayani Dengan Setulus Hati
- Sharing Permasalahan Rujukan & FKTP Di Puskesmas Jambesari & Grujugan Dipenuhi Canda Tawa
- Tebar Kebaikan Dalam Ketulusan, Para Ibu RSDK Ucapkan Selamat Hari Ibu Untuk Semuanya
- Tingkatkan Efektivitas Pelayanan, RSDK Bangun Doorlop Antara Paviliun Rengganis Dan Anggrek
- Pengumuman Perekrutan Pegawai di RSU Dr. H. KOESNADI BONDOWOSO
- Pengumumuan hasil Psikotest
- Off The Record Pembuatan Video Zona Integritas Terkait Komitmen Karyawan Berjalan Lancar
- Dikunjungi oleh : 912555 user
- IP address : 18.97.14.84
- OS : Unknown Platform
- Browser :