large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Sebanyak 59 Mahasiswa Jalani Orientasi Umum Sebelum Laksanakan Praktik Profesi di RSDK
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-08-21 -|- 02:56:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Praktek profesi merupakan pendidikan yang di tujukan terhadap pengembangan skill atau kompetensi yang telah dipelajari dalam bangku perkuliahan melalui praktik secara langsung atau lebih dikenal sebagai kegiatan magang. Tujuan utama dari kegiatan praktek profesi ini adalah untuk mengasah keterampilan dan mempersiapkan para mahasiswa sebelum masuk ke dalam dunia kerja. Harapannya akan memberikan keterampilan dan memberikan gambaran nyata kondisi dan situasi di lapangan secara langsung. Selain itu kegiatan magang praktek profesi ini juga untuk mencetak mahasiswa unggulan yang berwawasan luas serta siap  dan sigap memasuki dunia kerja dalam upaya memajukan bangsa dan negara.


praktek profesi 21ags23


praktek profesi 21ags23a
Sebagai salah satu instansi penyedia layanan kesehatan di wilayah pemerintahan kabupaten Bondowoso, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga menjadi tempat tujuan bagi mahasiswa untuk melaksanakan praktek profesi. Salah satunya yaitu program profesi Ners stase Keperawatan Dasar dari Universitas Jember (Unej) serta Universitas Bondowoso (Unibo). Tentunya sebelum memulai waktu praktek profesinya, seluruh mahasiswa terkait diharuskan mengikuti prosedur dan tata aturan yang berlaku di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Oleh karena itu, tak mengherankan jika aula Puspa Indah menjadi penuh oleh 59 mahasiswa dengan rincian 49 orang merupakan mahasiswa dari Universitas Bondowoso (Unibo) serta 10 orang sisanya merupakan mahasiswa dari Universitas Jember (Unej). 


praktek profesi 21ags23b


praktek profesi 21ags23c
Kegiatan orientasi umum dibuka langsung oleh dr. Moch Jasin, M.Kes. selaku wadir bidang medik dan keperawatan. "Terimakasih telah memilih dan mempercayakan RSUD dr. H. Koesnadi sebagai tujuan praktek profesi. Saya titip untuk terus menjaga baik etika pelayanan dasar RSUD dr. H. Koesnadi. Ingat dan terapkan selalu 7S yaitu Salam-Sapa-Senyum-Sopan-Santun-Sepenuh Hati-Sabar. Tak lupa juga untuk menjaga nama baik dan hubungan baik antara personal, karyawan, instansi serta universitas serta berikan selalu pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat." jelaskan dr. Moch Jasin, M.Kes.


praktek profesi 21ags23d


praktek profesi 21ags23e
Setelah sambutan dari wadir bidang medik dan keperawatan, kegiatan orientasi umum dilanjutkan dengan beberapa materi penting sebagai bekal ilmu pengetahuan sebelum memulai praktek profesi dan memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Berikut adalah beberapa materi yang didapatkan :



  1. Skill Test oleh Komite Keperawatan, Maternitas Anak serta Obgyn

  2. Pengendalian Penularan Infeksi di Rumah Sakit (RS) oleh Eny Yuliati, S.Kep, Ns.,M.Mkes selaku perwakilan Tim IPCN

  3. Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit (RS) oleh Farenia Ramadhani, S.KM. selaku Pengadministrasi Perpustakaan dan perwakilan Komite Mutu

  4. Bantuan Hidup Dasar (BHD) di RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso oleh dr. Arinald Findari Manoppo, Sp.An.,M.Ked.Klin selaku Dokter Spesialis Anastesi dan perwakilan Tim Code Blue

  5. Keselamatan dan Penggunaan Obat di Rumah Sakit (RS) oleh Indri Hardini, S.Farm.Apt selaku Kepala Instalasi Farmasi serta

  6. Pengendalian Bencana dan Keselamatan Kesehatan Kerja oleh Subairi selaku Pengelola Sarana Kesehatan Lingkungan sekaligus perwakilan tim K3RS


praktek profesi 21ags23f


praktek profesi 21ags23g
Kegiatan orientasi umum pada hari Senin tanggal 21 Agustus pukul 07.30-15.00 WIB berjalan dengan baik dengan antusiasme yang tinggi. "Kegiatannya bermanfaat sekali ketika nanti kami menjalankan praktek profesi Ners di lapangan. Materi pada orientasi umum hari ini telah kami dapatkan sebelumnya di perkuliahan, jadi lebih ke arah me-refresh ulang ilmu yang kami miliki. Kegiatan praktek profesi di RSUD dr. H. Koesnadi merupakan praktek profesi yang ketiga dengan fokus pembelajaran yaitu Maternitas dan Anak. Tentu saja kami sangat bersemangat untuk segera menerapkan ilmu dan melayani masyarakat di lapangan." jelaskan Rohikin selaku mahasiswa semester 5 dari profesi Ners stase Keperawatan Dasar dari Universitas Bondowoso (Unibo). 


praktek profesi 21ags23h


praktek profesi 21ags23i
Hal yang sama juga dijelaskan oleh Lidia selaku mahasiswa semester 5 yang akan memulai kegiatan praktek profesinya di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). "Yang paling menarik adalah materi Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan Code Blue. Sebelumnya kami belum mendapatkan materi ini di perkuliahan. Terimakasih banyak atas ilmu dan materi yang bermanfaat. Akan sangat berguna ketika kami memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat nantinya." ujarnya. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631162 user
  • IP address : 18.218.55.14
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU