large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Anggrek Lambang Kesabaran & Kemewahan, Paviliun Anggrek Simbolkan Layanan Prima Fasilitas Lengkap
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-12-21 -|- 04:11:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Bunga Anggrek merupakan salah satu tanaman dari jenis keluarga Orchidaceae atau tanaman dengan bunga yang beragam. Keanekaragaman bunga Anggrek mencapai angka 15-25 ribu jenis yang tersebar kebanyakan di hutan hujan tropis. Di Indonesia sendiri, 5 ribu species bunga Anggrek dapat ditemukan di setiap lingkungan dikarenakan sifatnya yang cantik, eksotis, beraroma khas, unik serta berwarna cerah dimulai dari warna ungu, putih, merah, kuning, merah muda hingga hitam. Selain menarik, bunga Anggrek juga memiliki makna filosofi mendalam. Bunga yang dianggap melambangkan cinta, keindahan, kesabaran, kemewahan, serta kekuatan ini, membutuhkan ketelatenan dalam menanam hingga merawatnya. Tak hanya itu, salah satu species bunga Anggrek juga membutuhkan waktu 10 tahun lamanya untuk dapat mekar sempurna.  


 pav anggrek des23


Penggambaran bunga Anggrek ini merupakan symbol yang cukup pas ketika membahas tentang paviliun Anggrek RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Berfokus dalam melayani dengan sepenuh serta setulus hati, paviliun Anggrek selalu berbenah dan sigap memberikan service excellent nya di bawah komando dari Sutanti Pusposari, S.Kep.Ns. sebagai kepala paviliun. Dalam kesehariannya juga terdapat 15 tenaga perawat profesional yang siap membantu dan merawat masyarakat. Selain tenaga perawat profesional, terdapat pula tenaga profesional lain yang siap memberikan pelayanan terbaiknya seperti tenaga medis, ahli gizi, apoteker farmasi klinis serta petugas administrasi. Sebagai salah satu bagian dari Instalasi Rawat Inap, paviliun Anggrek khusus memberikan pelayanan pada beberapa kasus penyakit. Adapun kasus penyakit yang bisa di rawat di paviliun Anggrek adalah kasus penyakit dalam, penyakit saraf, penyakit paru, penyakit jantung, penyakit anak, penyakit bedah (bedah umum, mata, THT, onkologi, orthopedi, bedah saraf) dan penyakit obsgyn sehingga semua Dokter Spesialis dapat merawat pasien di paviliun Anggrek.


 pav anggrek des23a


Paviliun yang terletak di sebelah barat dekat dengan area parkir dan kantin memiliki visi utama “Terwujudnya Pelayanan Yang Nyaman Dan Komprehensif Pada Semua Kasus Penyakit” ini menjunjung tinggi motto SMART dalam memberikan layanan kesehatannya kepada seluruh masyarakat. Apa itu SMART. Walaupun baru didirikan pada tahun 1998, namun sepak terjang pelayanan prima dari paviliun Anggrek tidak perlu diragukan. Tentu saja hal ini diakibatkan dari menjunjung tinggi pelaksanaan visi, misi, hingga motto utama. Berikut adalah penjelasannya.



  1. Sabar

  2. Murah senyum

  3. Aman

  4. Ramah

  5. Terpercaya


 pav anggrek des23b


Paviliun Anggrek telah mengalami beberapa pergantian kepemimpinan dimulai dari Sulistyowati Amd. Kep., Sukarmi, S.Kep.,Ns, Yunarso, S.Kep.,Ns. Sri Wahyuni, SKep.Ns, Sunardi, SKep.Ns serta Sutanti Pusposari, S.Kep.Ns.  selalu konsisten menjadi salah satu pelayanan yang mendapatkan ruang tersendiri di hati masyarakat. Salah satu kunci keberhasilannya adalah penyediaan prasarana, sarana dan manajemen yang handal. “Paviliun Anggrek selalu sigap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Bondowoso dan sekitarnya. Tak hanya melayani pasien umum, namun juga melayani pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Sebagai ruang rawat inap kelas Utama 3 atau VIP, paviliun Anggrek juga melayani penggunaan asuransi lainnya seperti asuransi BUMN, asuransi Telkom, asuransi Perhutani, asuransi PT KAI, asuransi BRI, asuransi swasta inhealth, prudential, BNI life dan masih banyak lagi yang lainnya, dengan menggunakan sistem reimbust.” jelaskan Sutanti Pusposari, S.Kep.Ns. Beliau juga menjelaskan jika pelayanan kesehatan dari setiap asuransi ini tidak akan mengalami diskriminasi dalam layanan kesehatannya.


 pav anggrek des23c


Lalu, bagaimana terkait fasilitas sarana dan prasarana yang ada di paviliun Anggrek? Berjumlah sebanyak 15 kamar dengan total bed 15 buah, seluruh pasien mendapatkan fasilitas lengkap seperti:



  1. Bed elektrik

  2. Bed penunggu

  3. Standar infus

  4. Televisi

  5. AC

  6. Kulkas

  7. Meja kursi penunggu

  8. Oksigen central

  9. Lemari pakaian

  10. Kamar mandi dalam (closet duduk)

  11. Lampu tidur

  12. Jam dinding

  13. Westafel

  14. Tempat sampah

  15. Selimut

  16. Rak jemur handuk

  17. Nurse call

  18. Paket peralatan mandi serta

  19. Overtable bed (meja makan khusus pasien)


 pav anggrek des23d


Sutanti Pusposari, S.Kep.Ns juga menambahkan jika fasilitas tambahan lain yang ada di paviliun Anggrek adalah taman indah tertata rapi sekaligus fasilitas parkir. “Taman sengaja dirawat indah untuk memberikan efek rekreasi dan ketenangan bagi pasien maupun keluarga pasien. Jadi rasa stress yang dialami pasien dan keluarga dapat dikurangi kadarnya sehingga dapat terhibur dari pemandangan indah. Sebagai ikon paviliun Anggrek juga terdapat beberapa bunga Anggrek yang tumbuh subur dan indah di beberapa titik. Saya yakin tidak ada yang dapat menghiraukan keindahan dari bunga Anggrek. Selain itu saya juga yakin seluruh masyarakat akan merasakan kenyamanan dan ketulusan prima dari seluruh tenaga kesehatan di paviliun Anggrek.” ungkapnya.


Selain fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap, paviliun Anggrek juga memiliki beberapa layanan unggulan yaitu



  1. Pasien dapat memilih dokter spesialis yang diinginkan sesuai dengan kasus penyakit sebagai DPJP (Dokter Penanggung Jawab Pelayanan) sampai pasien pulang (KRS)

  2. Tidak ada pembatasan jam kunjung sehingga pasien dapat dijenguk setiap saat

  3. Keluarga tidak perlu antri di kasir untuk pembayaran administrasi, dimana pembayaran bisa dilakukan di ruangan baik berupa tunai maupun melalui M Banking dan QRIS


 pav anggrek des23e


Pelayanan prima yang diberikan oleh paviliun Anggrek tampaknya mendapatkan ruang tersendiri di hati masyarakat, hal ini dibuktikan dari angka kunjungan pasien yang terus meningkat. Diketahui bahwa total kunjungan pada bulan Januari hingga November 2023 sebesar 919 kunjungan. Rica Novi Pamungkas, Skep, Ns selaku salah satu tenaga perawat di paviliun Anggrek menyebutkan jika ruang perawatan di paviliun Anggrek selalu dipenuhi oleh pasien. “Alhamdulillah usaha kami memberikan pelayanan kesehatan terbaik dan optimal untuk masyarakat mendapatkan apresiasi yang sangat baik. Kami akan terus melakukan pembenahan dan perbaikan di segala aspek pelayanan kesehatan, peng-upgrade-an skill kesehatan hingga perawatan fasilitas sarana prasarana secara menyuluruh. Semoga usaha kami ini dapat memberikan kepuasan prima dari seluruh masyarakat.” ungkapnya. Selain Rica Novi Pamungkas, Skep, Ns, juga terdapat beberapa tenaga kesehatan profesional lainnya, meliputi:



  1. Sutanti Pusposari, SKep. NS

  2. Mahisa Devi, SKep. NS

  3. Umi Amalia, Skep. NS

  4. Nurudin, Skep, NS

  5. Ahmad Rizki N, Skep, NS

  6. Eni Kurniawati, Amd.Kep.

  7. Reni Dyah Priatna, Amd.kep

  8. Yunita Kurnia M, Amd.Kep.

  9. Eka Diah E, Amd.Kep.

  10. Rica Novi Pamungkas, Skep, NS

  11. Ahmad Fikri Harismi, Skep, NS

  12. Afandi Pramono, Skep, NS

  13. Tamimi Hidayati, Amd.Kep.

  14. Vio Putri Andi Lestari, SKep, NS

  15. Defi Hamdalah Al M, SKep, NS


 pav anggrek des23f


Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terkhususkan di paviliun Anggrek. Kami akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal, mohon doanya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan kesehatan yang terus maksimal. Semoga dengan adanya sosialisasi pelayanan kesehatan rujukan ini dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 629016 user
  • IP address : 3.138.110.119
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU