dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038
A. PENDAHULUAN
Kepuasan Pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja suatu produk dan harapannya. Sesuai keputusan MENPAN Nomor : 16 Tahun 2014, menetapkan 9 unsur yang relevan, valid dan reliabel sebagai unsur minimal yang harus ada untuk dasar pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat adalah sebagai berikut :
- Persyaratan
- Prosedur
- Waktu Pelayanan
- Biaya/Tarif
- Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan
- Kompetensi Pelaksana
- Perilaku Pelaksana
- Maklumat Pelayanan
- Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
B. HASIL SURVEI
Setelah dilakukan survey IKM pada bulan April - Juni 2018 didapatkan 450 responden dengan rincian 230 responden rawat jalan, 150 responden rawat inap, 35 responden pelayanan penunjang, 25 responden Instalasi Gawat Darurat dan 10 responden Instalasi bedah sentral, penilaian indek kepuasan masyarakat didapatkan dengan menghitung nilai dari setiap jawaban responden terhadap 9 pertanyaan yang mewakili setiap unsur pelayanan. Berikut ini rincian responden survei Indeks Kepuasan Masyarakat:
Survei yang di laksanakan pada periode januari sampai dengan maret 2018 terbanyak pada rawat jalan karena jumlah pasien terbanyak pada instalasi rawat jalan dan berurutan Rawat Inap dan tiga unit lain
Responden berdasarkan pendidikan terbanyak terdapat pada jenjang pendidikan SLTA karena penduduk Kabupaten Bondowoso sebagian besar berpendidikan SLTA dan jumlah kunjungan pasien lebih banyak berpendidikan SLTA
Hasil survey indek kepuasan masyarakat , Responden berdasarkan pekerjaan terbanyak pada pekerjaan lainnya sebanyak 117 responden karena terdapat beberapa pekejaan :Petani, Pensiunan, Buruh tani yang sebagian besar penduduk bondowoso adalah petani.
Hasil Survei IKM berdasarkan cara bayar terbanyak BPJS sebanyak 404 responden karena dengan program pemerintah tahun 2019 Universal coverage sehingga sebagian besar penduduk bondowoso menggunakan asuransi BPJS. Jika ingin mengetahui edukasi jiwa dapat di akses pada link berikut : http://shorturl.at/eHNPQ
- 23 Mahasiswa Dan 6 Pelajar Jalani Orientasi Umum Serta Skill Tes Di RSDK
- Instalasi Informasi Teknologi RSDK Siap Bekerja Secara Cepat, Akurat & Terintegrasi
- Kasus Langka Giant Bladder Stone Sukses Ditangani Oleh Tim Bedah Urologi RSDK
- Pengumuman Lomba Penerapan 5R Terbaik di RSDK
- Yuk Jaga Perilaku Hidup Bersih Sehat Selama Berada Di Rumah Sakit
- Pengumuman Lomba RSDK dalam Rangka Memperingati HUT RI-ke77
- IHT Kredensialing Tenaga Keperawatan dan Kebidanan serta Sosialisasi Komite Keperawatan
- H-1 Cuti Bersama Lebaran Idul Fitri, RSDK Tetap Bersemangat Berikan Pelayanan Terbaiknya
- RSDK Adakan Edukasi Kesehatan Berjudul "Kenali Mitos dan Fakta HIV dan AIDS"
- Hebatnya Tenakes Kabupaten Bondowoso, Unjuk Bakat Dengan Adakan Lomba Karaoke
- Cuaca Ekstrem Menerpa Bondowoso, RSDK Adakan Edukasi Kesehatan Bertemakan Biduran
- Suasana Pelaksanaan Tes Tulis
- RSDK Adakan IHT Komunikasi Efektif, Penguatan Spiritualitas pada Pelayanan Prima dan Penanganan Kega
- RSDK, Dinkes, Puskesmas, Kita Adalah Kesatuan Dalam Organisasi Pelayanan Kesehatan
- Edukasi CTPS Di Lingkungan RSDK Berjalan Lancar Dengan Antusiasme Tinggi Masyarakat
- 2,9 Juta Warga Indonesia Alami Stroke Tiap Tahunnya, RSDK Adakan Siaran Radio Interaktif
- Peringati Hari Lansia Nasional, Dinsos Dan RSDK Adakan Baksos Operasi Katarak Gratis
- Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Mudah, Cepat dan Praktis, RSDK Adakan Edukasi Seputar Registrasi mela
- Hari Otonomi Daerah Tahun 2024 Bertema Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau & Lingkunga
- Study Banding & Team Building Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Menuju RS Pendidikan Terakreditas
- Dikunjungi oleh : 758802 user
- IP address : 3.236.86.184
- OS : Unknown Platform
- Browser :