
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

A. PENDAHULUAN
Kepuasan Pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja suatu produk dan harapannya. Sesuai keputusan MENPAN Nomor : 16 Tahun 2014, menetapkan 9 unsur yang relevan, valid dan reliabel sebagai unsur minimal yang harus ada untuk dasar pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat adalah sebagai berikut :
- Persyaratan
- Prosedur
- Waktu Pelayanan
- Biaya/Tarif
- Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan
- Kompetensi Pelaksana
- Perilaku Pelaksana
- Maklumat Pelayanan
- Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
B. HASIL SURVEI
Setelah dilakukan survey IKM pada bulan April - Juni 2018 didapatkan 450 responden dengan rincian 230 responden rawat jalan, 150 responden rawat inap, 35 responden pelayanan penunjang, 25 responden Instalasi Gawat Darurat dan 10 responden Instalasi bedah sentral, penilaian indek kepuasan masyarakat didapatkan dengan menghitung nilai dari setiap jawaban responden terhadap 9 pertanyaan yang mewakili setiap unsur pelayanan. Berikut ini rincian responden survei Indeks Kepuasan Masyarakat:

Survei yang di laksanakan pada periode januari sampai dengan maret 2018 terbanyak pada rawat jalan karena jumlah pasien terbanyak pada instalasi rawat jalan dan berurutan Rawat Inap dan tiga unit lain

Responden berdasarkan pendidikan terbanyak terdapat pada jenjang pendidikan SLTA karena penduduk Kabupaten Bondowoso sebagian besar berpendidikan SLTA dan jumlah kunjungan pasien lebih banyak berpendidikan SLTA

Hasil survey indek kepuasan masyarakat , Responden berdasarkan pekerjaan terbanyak pada pekerjaan lainnya sebanyak 117 responden karena terdapat beberapa pekejaan :Petani, Pensiunan, Buruh tani yang sebagian besar penduduk bondowoso adalah petani.

Hasil Survei IKM berdasarkan cara bayar terbanyak BPJS sebanyak 404 responden karena dengan program pemerintah tahun 2019 Universal coverage sehingga sebagian besar penduduk bondowoso menggunakan asuransi BPJS. Jika ingin mengetahui edukasi jiwa dapat di akses pada link berikut : http://shorturl.at/eHNPQ
- Webinar Pelayanan Unggulan RSDK Berjalan Lancar
- Jadwal Praktek Dokter Spesialis Bulan September 2024, Simak dan Ketahui Jadwal Dokter Favoritmu
- Laboratorium PCR RS dr Koesnadi Bondowoso Lulus Uji
- DWP RSDK Adakan Rapat Kerja, Halal Bi Halal, Tausiyah Serta Beauty Class Bersama Wardah
- Indeks Kepuasan Masyarakat RSDK Tahun 2023 Meningkat Menjadi 83.47%
- DWP Adakan Rapat Kerja Sekaligus Edukasi Treatment Sholat Untuk Menumbuhkan Pikiran Positif
- Tingkatkan Pelayanan Prima Dengan Personel Baru, Paviliun Bougenville Siap Layani Dengan Hati
- RSDK Harapkan Tahun 2024 Dapat Terus Tingkatkan Mutu Layanan Kesehatan Untuk Masyarakat
- Poli Psikiatri Adakan Edukasi Kesehatan Bertemakan Depresi Bersama Mahasiswa FK UNEJ
- Pj. Bupati Dan Pj. Sekda Bondowoso Adakan Sidak Apel Sekaligus Layanan Di RSDK
- Stock Darah Menipis, RSDK & PMI Adakan Donor Darah Di Aupa Puspa Indah
- Orientasi Khusus Perawat & Bidan Hari Kedua Dipenuhi Semangat Baru Kebersamaan
- Peringatan Hari Pahlawan, Mari Menilik Sejarah Sosok dr. H. Koesnadi Sebagai Tokoh Pahlawan Nasional
- Tingkatkan Pelayanan Instalasi Hemodialisa, RSDK Telah Kantongi PB-UMKU Pelayanan Dialisis
- Marhaban Ya Ramadhan, Selamat menunaikan Ibadah Puasa.
- Kemanfaatan UHC Sangatlah Membantu Masyarakat Dalam Memperoleh Layanan Kesehatan Di RSDK
- Perkenalan Dua Dokter Spesialis Baru Disambut Hangat Oleh RSDK
- PERUBAHAN JADWAL PELAKSANAAN SKILLTEST BIDAN DAN PERAWAT
- Kredensialing Pelayanan Poli Urologi Instalasi Rawat Jalan RSDK Berjalan Dengan Baik
- Tenaga Kesehatan Keperawatan Teladan RSDK Melaju di Tingkat Nasional
- Dikunjungi oleh : 987154 user
- IP address : 216.73.216.41
- OS : Unknown Platform
- Browser : Mozilla 5.0


