large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Edukasi dan Sharing Kesehatan di Pondok Pesantren Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki
Kategori Berita | Diposting pada : 2022-09-12 -|- 03:50:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Penyuluhan kesehatan adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan dengan cara menyebarkan informasi-informasi pesan, menanamkan keyakinan, sehingga masyarkat sadar, tahu dan mengerti, juga mau dan bisa melakukan anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan serta terjadi peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap (Notoatmodjo,2012). Berdasarakan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit, maka rumah sakit wajib menyelenggarakan promosi kesehatan baik internal maupun eksternal. Salah satu bentuk promosi eksternal adalah kegiatan berbasis masyarakat salah satu kegiatan tersebut antara lain adalah  PosKesehatan Pesantren (Poskestren). Kegiatan yang dilakukan dalam pengelolaan Poskestren, lebih diutamakan dalam hal pelayanan promotif (peningkatan kesehatan) dan preventif (pencegahan), tanpa mengabaikan aspek kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan). (Senin, 12/9/2022)


pon 1
RSUD dr. H. Koesnadi merupakan salah satu Rumah Sakit di Bondowoso yang menjadikan Poskestren sebagai salah satu kegiatan rutinnya. Tepat pada hari Senin tanggal 12 September 2022 RSDK melakukan penyuluhan kesehatan yang dikemas dalam Sharing Edukasi Kesehatan bertemakan "Menjaga Kesehatan Otak" di pondok pesantren Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Koncer Bondowoso. Pemateri kegiatan kali ini adalah dr. Achmad Kurniawan, M.Ked.Klin.Sp.BS dari poli bedah saraf Instalasi Rawat Jalan. Bertujuan agar nantinya para santri maupun santriwati dapat menerapkan cara-cara yang baik dan benar dalam menjaga kesehatan otak sehingga masa depan cemerlang pun digapai. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar pada pukul 12.00-14.30 WIB dan dibuka langsung oleh KH. Muhammad Hasan Abdul Mu’iz selaku Pimpinan Pondok Pesantren Pondok Pesantren Sayyid Muhammad Alawi  Al Maliki.


pon 4
"Saya mendukung penuh kegiatan ini.  Karena Islam tidak antipati terhadap kesehatan.  Bahkan islam itu menjunjung tinggi dan pusat ilmu kesehatan pada awalnya, seperti yang kita ketahui bersama. Contoh konkretnya yaitu Ibnu Sina sebagai bapak kedokteran. Jadi saya harap semuanya mndengarkan dengan baik2. Karena otak adalah organ terpenting khususnha bagi para santri dan santriwati dalam menghafal Al quran." ujar KH. Muhammad Hasan Abdul Mu’iz. Hal serupa juga dibenarkan oleh oleh dr. Achmad Kurniawan M. Ked. Klin Sp. BS., selain itu beliau juga menjelaskan hal-hal apa saja yang penting dilakukan sebagai kegiatan rutin sehari-hari agar otak kita menjadi sehat dan optimal. "Ketika kegiatan baik telah menjadi kebiasaan, kedepannya akan terus menjadi bagian dari siklus hidup kita. Olahraga bukan hanya baik untuk jantung tetapi baik pula untuk otak kota karna memperlancar peredaran darah, serta meningkatkan kecepatan kita berfikir. Selain berolahraga, hal yang tak kalah penting adalah kecukupan cairan, karena sebagian besar tubuh manusia adalah air." Beliau juga menjelaskan bahwa selain olahraga dan kecukupan cairan, seyogyanya perlu memperhatikan makanan dan pola kebiasaan sehari-hari.


pon 2


pon 3
Kemanfaatan yang besar dirasakan oleh seluruh peserta kegiatan Poskestren. Berikut adalah pernyataan dari perwakilan santri dan santriwati. "Acaranya menarik, materinya juga baik. Saya senang dapat mengikuti acara ini. Jika bisa kedepannya bisa membawakan materi terkait kesehatan wanita." ujar Fina Rifkatul Hasanah selaku santriwati kelas 3 Aliyah. Lain halnya dengan Muhammad Wildan selaku santri kelas 2 MA. "Cukup menarik sekali, pematerinya asyik. Disamping bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat." tambahnya. Terimakasih sambutan hangatnya kepada para pengurus pondok pesantren dan madrasah Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki. (PKRS/SWILING)


pon 5


pon 6

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631161 user
  • IP address : 18.227.228.95
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU