large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Lestarikan Budaya Nusantara Dan Pupuk Rasa Nasionalisme, RSDK Kenakan Baju Adat Kedaerahan
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-01-12 -|- 10:43:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Nasionalisme adalah paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah bangsa dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan bangsanya (id.wikipedia.org). Kita juga dapat mengartikan nasionalisme sebagai paham untuk mencintai bangsa dan negara sendiri. Tujuan dari adanya nasionalisme antara lain menjamin kemauan dan kekuatan mempertahankan masyarakat nasional sehingga melahirkan semangat rela berkorban atau bela negara, menghilangkan ekstremisme, mempererat tali persaudaraan antar masyarakat serta menumbuhkan rasa cinta tanah air (gramedia.com).


baju adat nusantara jan23
Sikap nasionalisme tidaklah sulit untuk dilakukan. Saat ini kita tidak perlu berperang melawan penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa, akan tetapi rasa nasionalisme dapat kita lakukan dengan melakukan hal-hal kecil sebagai berikut, merasa bangga menjadi warga negara Indonesia, mencintai tanah air dengan segenap hati tanpa menjelekkan negara lain, melakukan upacara bendera, mempunyai toleransi dalam menjalani kehidupan antar masyarakat, melestarikan budaya-budaya Indonesia yang kaya dan masih banyak lain (gramedia.com).


baju adat nusantara jan23a


baju adat nusantara jan23b
Melestarikan keragaman budaya Indonesia juga memiliki konteks yang sangatlah luas. Keragaman budaya tersebut beraneka macam, seperti rumah adat, upacara adat, pakaian adat tradisional, tarian adat tradisional, alat musik dan lagu tradisional, bahkan beragam makanan khas traditional (radioedukasi.kemdikbud.go.id). RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) Bondowoso sangatlah mencintai budaya adat Nusantara. Hal ini dibuktikan dengan digunakannya pakaian adat traditional nusantara pada hari Kamis tanggal 12 Januari 2023 sebagai pakaian dinasnya. Pemakaian pakaian adat traditional ini juga dilakukan berkenaan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Resmi Nomor 065/ 768/ 430.6.2/ 2022 Tentang Penggunaan Pakaian Traditional Nusantara Bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso pada tanggal 31 Oktober 2022 lalu. 


baju adat nusantara jan23c
"Dengan berlakunya surat edaran ini maka wajib menggunakan baju adat nasional setiap hari Kamis minggu kedua setiap bulannya. Hal ini sangatlah penting dalam meningkatkan rasa patriotisme kebangsaan sekaligus menjelaskan keragaman dan kekayaan Indonesia dalam hal tradisi dan budaya." ujar Yudho Tri Handoko, S.Kep., Ns., M.Si, selaku Kabid Pelayanan dan Keperawatan.  Hal yang sama juga dijelaskan oleh Fitria Nur Rahmi, S.Gz. selaku kepala Instalasi Gizi. "Kami mendukung penuh kebijakan penggunaan pakaian tradisional di lingkungan kerja. Selain memupuk rasa nasionalisme, dapat juga menjadi ajang refreshing baik bagi karyawan maupun pasien.". tambah Fitria Nur Rahmi, S.Gz. Diketahui bahwa hari ini Instalasi Gizi memilih beberapa tema pakaian adat nusantara seperti Kebaya asal Jawa, Kesatrian Ageng asal Daerah Istimewa Yogyakarta beserta baju Pesa’an dari Suku Madura asal Jawa Timur.


baju adat nusantara jan23d
Berbeda dengan paviliun Anggrek yang lebih memilih baju Ulos asal Sumatera Utara, Kebaya Encim dari suku Betawi asal DKI Jakarta serta baju safari asal Bali. "Saya sangat mendukung himbauan penggunaan pakaian adat ini karena dapat menciptakan rasa nasionalisme terutama dalam mencintai pakaian adat nasional. Harapannya dengan adanya perubahan situasi ini dapat membuat pasien tidak jenuh dengan suasana Rumah Sakit yang diyakini oleh sebagian besar masyarakat. Rumah Sakit bukanlah tempat yang menyeramkan dan juga menakutkan. Dengan penggunaan pakaian adat nusantara ini, saya yakin dapat menghilangkan nuansa menyeramkan tersebut." ujar Sutanti Pusposari, S.Kep.Ns. selaku kepala paviliun Anggrek. (PKRS/SWILING)


baju adat nusantara jan23e

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631964 user
  • IP address : 3.141.202.54
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU