large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Resusitasi Bayi Baru Lahir Solusi Ampuh Tangani Permasalahan Transisi Kehidupan
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-04-12 -|- 12:21:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Kebutuhan tubuh manusia akan oksigen dimulai bahkan sebelum kelahiran atau pada tahap paling awal perkembangan dan kehamilan janin (orami.co.id). Pada masa ini, bayi mendapatkan kebutuhannya melalui plasenta yang dialirkan secara langsung oleh ibu kepada janinnya. Saat dilahirkan, bayi yang tadinya bernapas dengan mendapat asupan oksigen dari plasenta ibu kini harus menghirup udara sendiri. Memasuki masa transisi untuk mampu bernapas sendiri tentunya ada peluang beberapa kondisi yang dapat menyebabkan bayi kesulitan bernapas sehingga memerlukan tindakan khusus. Walaupun demikian, terdapat beberapa kasus atau sekitar 10 persen di mana bayi memerlukan intervensi dan bantuan khusus saat baru lahir (alodokter.com).


resusitasi bayi baru lahir23
Resusitasi bayi adalah prosedur pertolongan dalam menyelamatkan bayi yang kesulitan bernapas karena kekurangan oksigen (alodokter.com). Resusitasi bayi dilakukan ketika bayi mengalami gejala gangguan pernapasan, mulai dari sesak napas hingga henti napas. Tujuannya adalah mencegah berhentinya sirkulasi dan respirasi, memberikan bantuan eksternal terhadap sirkulasi dan ventilasi dari pasien yang mengalami henti jantung dan memberikan oksigenasi pada otak, jantung dan organ vital. Jika tampak tidak menangis, lemas, kurang responsif, sesak napas, atau bahkan tidak bernapas, biasanya bayi baru lahir akan perlu mendapatkan resusitasi. Di samping itu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan bayi baru lahir mungkin memerlukan resusitasi, di antaranya:



  1. Bayi yang kondisinya dipengaruhi oleh gangguan kehamilan, seperti terlilit tali pusar dan solusio plasenta

  2. Bayi yang lahir prematur, yaitu lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu

  3. Bayi lahir sungsang

  4. Bayi kembar

  5. Bayi lahir dengan gangguan pernapasan, misalnya akibat aspirasi mekonium.


resusitasi bayi baru lahir23a
Tepatnya pada hari Selasa tanggal 12 April 2023 pukul 10.35 WIB di Instalasi Bedah Sentral terdapat bayi baru lahir yang membutuhkan tindakan resusitasi tepat setelah lahir. Tindakan resusitasi dilakukan langsung oleh dr. Rhefki, Sp.A., M.BIOMED. selaku Dokter Spesialis Anak beserta Zeinidar Auliyaun Nashiroh, S.Kep.,Ns. selaku Perawat Ahli Pertama dan Risqi Amelia Maulida, A.Md.Kep. selaku Perawat Terampil dari paviliun Seruni. Bayi berjenis kelamin laki-laki ini mengalami tanda-tanda kurang responsif sebelumnya langsung menangis kencang setelah mendapatkan tindakan resusitasi. Dengan menangis merupakan pertanda bahwa paru-parunya mulai bekerja dan hal ini dapat membantunya bernapas (kompas.com).


resusitasi bayi baru lahir23b
Setelah bayi lahir, sangat penting bagi mereka untuk dapat segera bernapas sendiri. Jika bayi baru lahir tidak dapat langsung bernapas sendiri, mereka berisiko mengalami asfiksia atau kondisi saat kadar oksigen di dalam tubuh berkurang. Hal ini merupakan pertanda kurang baik bagi bayi karena dapat menyebabkan cedera otak serius bahkan kematian. Penelitian yang terbit dalam Indian Journal of Anaesthesia, mencatat bahwa bayi baru lahir yang mengalami asfiksia menyumbang 20,9% dari kematian bayi baru lahir (orami.co.id). Dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan resusitasi pada bayi merupakan tindakan penting dalam memastikan organ vital bayi mendapatkan cukup oksigen dengan memberikan ventilasi, oksigenasi, dan cardiac output yang adekuat.


resusitasi bayi baru lahir23c
RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat. Terimakasih atas kepercayaan, dukungan, saran dan kritikan yang membangun kepada kami. Tak lupa RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444 H. Semoga kita semua selalu menjadi hamba yang bertakwa dan ibadah puasa kita mendapatkan ridha dari Allah SWT. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 623633 user
  • IP address : 3.17.74.227
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU