large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
RSDK Kenakan Baju Adat, Terapkan Budaya Kerja Cinta Nasionalisme Nusantara
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-07-13 -|- 10:57:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Indonesia merupakan sebuah negara yang cinta dan sarat akan budaya. Linton mendefinisikan budaya sebagai keseluruhan sikap dan pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan dan dimiliki oleh suatu anggota masyarakat tertentu. Kata budaya itu sendiri berasal dari dua bahasa yakni sansekerta, dan Inggris. Menurut bahasa sansekerta kata budaya berarti buddhayah yang artinya bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti budi atau akal. Sedangkan menurut bahasa Inggris budaya dikenal dengan kata culture yang berasal dari bahasa latin yaitu colere yang memiliki arti yaitu mengolah atau mengerjakan.


baju adat jul23e
Budaya itu terbentuk dari beberapa unsur abstrak yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia sehingga dalam kehidupan sehari-hari seperti adat istiadat, bahasa, karya seni, sistem agama, sosial dan politik. Walaupun demikian budaya tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Sementara itu, perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku, dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang semuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.


baju adat jul23
Dalam dunia kerja, kata budaya sering disandingkan dan digabung bersama kata kerja. Tentunya istilah budaya kerja sudah pasti tak asing lagi pada sebagian orang. Budaya kerja adalah sebuah konsep yang di dalamnya mengatur kepercayaan, proses berpikir, dan perilaku karyawan yang berdasarkan pada ideologi dan prinsip suatu perusahaan. Konsep ini tidak terlahir begitu saja, karena terbentuk melalui banyak proses yang melibatkan sumber daya manusia beserta keseluruhan perangkat pendukung yang ada di dalam organisasi. Hal inilah yang nantinya berperan penting dalam mengatur interaksi antar karyawan dan bagaimana organisasi itu terus beroperasi kedepannya. 


baju adat jul23a
RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) merupakan salah satu instansi pemerintah di kabupaten Bondowoso yang menyediakan jasa pelayanan kesehatan optimal. Dengan mengusung visi utama Terwujudnya Rumah Sakit Yang Terpercaya dan Bermartabat Dengan Pelayanan Kesehatan Yang Bermutu, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terus melakukan beberapa pembenahan dan terus mengusahakan menciptakan budaya kerja yang baik untuk seluruh anggota organisasi didalamnya, sehingga masyarakat mendapatkan kepuasan maksimal dari jasa pelayanan kesehatan yang disediakan.


baju adat jul23b
Budaya kerja yang menjadi moment terfavorit bagi para pengguna jasa layanan kesehatan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yaitu penggunaan baju adat nusantara setiap hari Kamis minggu kedua setiap bulannya. Pasalnya nuansa mencekam yang selalu terlintas di benak pengguna jasa layanan kesehatan sedikit tersingkirkan karena penggunaan baju adat nusantara di lingkungan Rumah Sakit (RS). Diakui membawa efek terhibur dan penyemangat, penggunaan baju adat ini mendapatkan kesan dan efek tersendiri bagi para pengguna jasa layanan kesehatan, baik itu keluarga pasien hingga pasiennya. 


baju adat jul23c
Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Resmi Nomor 065/ 768/ 430.6.2/ 2022 Tentang Penggunaan Pakaian Traditional Nusantara Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso pada tanggal 31 Oktober 2022 lalu. Bertujuan untuk melestarikan, menumbuhkan rasa cinta akan budaya daerah serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa, maka seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) diwajibkan mengenakan pakaian adat Nusantara dengan ketentuan haruslah sesuai dengan norma budaya kedaerahan serta norma kesopanan. 


baju adat jul23d
Lalu bagaimana kesan dan pesan dari karyawan maupun karyawati di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terkait budaya kerja ini? Berikut adalah penjelasannya. "Mengenakan baju adat traditional Nusantara kami lakukan dengan penuh sukacita, selain menambah keelokan diri juga merupakan sarana yang tepat untuk tetap melestarikan perjuangan bangsa dengan tetap mengenakan dan tetap bangga akan hasil produk dalam negeri." jelaskan Retnaningsih Daryanti, Amd.Gz., SKM dari Instalasi Gizi (9/2/2023). Tak hanya itu, diakui oleh Nadia An`Nurrus Sa`adah, A.Md.Farm bahwa penggunaan baju adat nusantara ini menjadi salah satu moment yang memiliki nilai refreshing dari segala macam kesibukan dan kepadatan kegiatan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). "Kita anggap saja sebagai refreshing, jadi tidak terus-menerus menggunakan seragam kerja. Ada jeda penghibur untuk sesekali tampil cantik dan menawan. Bermanfaat menaikkan mood sehingga semangat bekerja juga ikut meningkat. Pelayanan kesehatannya jadi lancar dan mantap juga." ujarnya. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 632398 user
  • IP address : 3.149.214.32
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU