large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Maklumat Pelayanan
Mobile JKN
Alur Pendaftaran Rawat Jalan
Jadwal Dokter
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Indeks Kepuasan Masyarakat RSDK Tahun 2023 Meningkat Menjadi 83.47%
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-01-15 -|- 08:52:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Pelayanan publik (public services) yang dilakukan oleh birokrasi publik memiliki tujuan untuk meningkatkan dan mensejahterakan masyarakat sebagai penerima pelayanan. Pelayanan publik di pemerintahan Kabupaten Bondowoso salah satunya yaitu RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yang memiliki peran penting dalam penyelenggaraan penyediaan pemberian jaminan dan pelayanan kesehatan, hal ini dibuktikan dengan kegiatan pelayanan yang diberikan seperti: fasilitas pelayanan rawat jalan, fasilitas pelayanan rawat inap, fasilitas pelayanan kamar tindakan, fasilitas pelayanan penunjang diagnostik, dll. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) harus menyediakan dan memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal, prima dan optimal agar visi utama Terwujudnya Rumah Sakit Yang Terpercaya Dan Bermartabat Dengan Pelayanan Kesehatan Yang Bermutu yang telah ditetapkan dapat terwujud dengan baik.


 IKM meningkat jan24


Salah satu tolak ukur dari optimalnya pelayanan public sebuah instansi yaitu dengan meninjau keluhan atas layanan yang diberikan. Semakin baik layanan publiknya maka semakin puas masyarakat dibuatnya. Kepuasan pelanggan atas suatu layanan sangat tergantung dari kualitas pelayanan yang diberikan atau diterima pelanggan tersebut. Sedangkan kualitas pelayanan pada dasarnya merupakan kesesuaian antara pelayanan yang dirasakan (perceived service) oleh pelanggan dengan pelayanan yang diharapkan oleh pelanggan (customer expectation). Jadi dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja suatu produk dan harapannya. Sesuai keputusan Men. PAN Nomor 16 Tahun 2014 menetapkan 9 unsur yang relevan, valid dan reliable sebagai unsur minimall yang harus ada untuk dasar pengukuran yaitu persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, biaya atau tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetisi pelaksanaan, perilaku pelaksanaan, maklumat pelayanan serta pengaduan, saran dan masukan.


 IKM meningkat jan24a


Jika ke-9 unsur ini meningkat, tentu saja keadaan ini membuat Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) juga meningkat sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasaan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.


 IKM meningkat jan24b


Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) wajib dilaksanakan oleh seluruh unit penyelenggara pelayanan publik sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan didukung oleh Peraturan Menteri Penadayagunaan Aparatur Negara (PermenPAN) Nomor 20 Tahun 2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010 – 2014 dan pelaksanaannya diatur oleh Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Sebagai salah satu instansi penyedia layanan public berbasis kesehatan, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga turut serta dan aktif menilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Setelah dilakukan survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada bulan Januari hingga Desember 2023 silam, didapatkan angka yang cukup memuaskan yaitu sebesar 83.47%.


 IKM meningkat jan24c


Hal ini sesuai dengan penjelasan dari dr. Moch. Jasin, Mkes. FISQua selaku Wadir. Medik Dan Keperawatan sekaligus pembina apel pagi rutin pada hari Senin tanggal 15 Januari 2024 di halaman kantor RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Beliau mengungkapkan bahwa peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terjadi dikarenakan sumbang asih dan kerjasama yang baik dari seluruh jajaran direksi dan pegawai. “Alhamdulillah kenaikan yang ada kita syukuri bersama dan jangan lupa bagi unit layanan yang Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) nya dibawah target nilai 80% dapat segera memperbaiki sebaik mungkin. Bagi pejabat structural yang membidangi dapat memberikan bantuan dan arahan agar unit layanannya menjadi semakin prima.” ungkap dr. Moch. Jasin, Mkes. FISQua.


 IKM meningkat jan24d


Sebagai penutup, dr. Moch. Jasin, Mkes. FISQua juga mengucapkan selamat dan rasa suka citanya kepada lima unit layanan yang memiliki nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tinggi. “Selamat kepada lima unit layanan yang telah mendapatkan nilai baik dan memuaskan oleh masyarakat. Saya titip agar tidak terlena dan tetap meningkatkan kualitas mutu layanannya.” tambah dr. Moch. Jasin, Mkes. FISQua. Berikut adalah susunan peringkat unit layanan kesehatan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK).



  1. Paviliun Anggrek

  2. Poli Kulit dan Kelamin

  3. Poli Dalam

  4. Poli VCT

  5. Poli Jantung


Terimakasih atas kepercayaan anda kepada kami hingga saat ini dan masa yang akan datang. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

Alur Pendaftaran RWJ

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 734968 user
  • IP address : 44.222.82.133
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU