dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038
RSDK hari ini. Pelayanan publik (public services) yang dilakukan oleh birokrasi publik memiliki tujuan untuk meningkatkan dan mensejahterakan masyarakat sebagai penerima pelayanan. Pelayanan publik di pemerintahan Kabupaten Bondowoso salah satunya yaitu RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yang memiliki peran penting dalam penyelenggaraan penyediaan pemberian jaminan dan pelayanan kesehatan, hal ini dibuktikan dengan kegiatan pelayanan yang diberikan seperti: fasilitas pelayanan rawat jalan, fasilitas pelayanan rawat inap, fasilitas pelayanan kamar tindakan, fasilitas pelayanan penunjang diagnostik, dll. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) harus menyediakan dan memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal, prima dan optimal agar visi utama Terwujudnya Rumah Sakit Yang Terpercaya Dan Bermartabat Dengan Pelayanan Kesehatan Yang Bermutu yang telah ditetapkan dapat terwujud dengan baik.
Salah satu tolak ukur dari optimalnya pelayanan public sebuah instansi yaitu dengan meninjau keluhan atas layanan yang diberikan. Semakin baik layanan publiknya maka semakin puas masyarakat dibuatnya. Kepuasan pelanggan atas suatu layanan sangat tergantung dari kualitas pelayanan yang diberikan atau diterima pelanggan tersebut. Sedangkan kualitas pelayanan pada dasarnya merupakan kesesuaian antara pelayanan yang dirasakan (perceived service) oleh pelanggan dengan pelayanan yang diharapkan oleh pelanggan (customer expectation). Jadi dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja suatu produk dan harapannya. Sesuai keputusan Men. PAN Nomor 16 Tahun 2014 menetapkan 9 unsur yang relevan, valid dan reliable sebagai unsur minimall yang harus ada untuk dasar pengukuran yaitu persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, biaya atau tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetisi pelaksanaan, perilaku pelaksanaan, maklumat pelayanan serta pengaduan, saran dan masukan.
Jika ke-9 unsur ini meningkat, tentu saja keadaan ini membuat Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) juga meningkat sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasaan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) wajib dilaksanakan oleh seluruh unit penyelenggara pelayanan publik sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan didukung oleh Peraturan Menteri Penadayagunaan Aparatur Negara (PermenPAN) Nomor 20 Tahun 2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010 – 2014 dan pelaksanaannya diatur oleh Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Sebagai salah satu instansi penyedia layanan public berbasis kesehatan, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga turut serta dan aktif menilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Setelah dilakukan survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada bulan Januari hingga Desember 2023 silam, didapatkan angka yang cukup memuaskan yaitu sebesar 83.47%.
Hal ini sesuai dengan penjelasan dari dr. Moch. Jasin, Mkes. FISQua selaku Wadir. Medik Dan Keperawatan sekaligus pembina apel pagi rutin pada hari Senin tanggal 15 Januari 2024 di halaman kantor RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Beliau mengungkapkan bahwa peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terjadi dikarenakan sumbang asih dan kerjasama yang baik dari seluruh jajaran direksi dan pegawai. “Alhamdulillah kenaikan yang ada kita syukuri bersama dan jangan lupa bagi unit layanan yang Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) nya dibawah target nilai 80% dapat segera memperbaiki sebaik mungkin. Bagi pejabat structural yang membidangi dapat memberikan bantuan dan arahan agar unit layanannya menjadi semakin prima.” ungkap dr. Moch. Jasin, Mkes. FISQua.
Sebagai penutup, dr. Moch. Jasin, Mkes. FISQua juga mengucapkan selamat dan rasa suka citanya kepada lima unit layanan yang memiliki nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tinggi. “Selamat kepada lima unit layanan yang telah mendapatkan nilai baik dan memuaskan oleh masyarakat. Saya titip agar tidak terlena dan tetap meningkatkan kualitas mutu layanannya.” tambah dr. Moch. Jasin, Mkes. FISQua. Berikut adalah susunan peringkat unit layanan kesehatan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK).
- Paviliun Anggrek
- Poli Kulit dan Kelamin
- Poli Dalam
- Poli VCT
- Poli Jantung
Terimakasih atas kepercayaan anda kepada kami hingga saat ini dan masa yang akan datang. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)
- Akreditasi dengan predikat PARIPURNA SNARS 1
- RSDK Ajak Masyarakat Tonton Video Edukasi & Nyanyikan 6 Langkah Cuci Tangan Yang Benar
- Lebih dari Setengah Miliar Manusia di Seluruh Dunia Hidup Dengan Diabetes, RSDK Adakan Edukasi Keseh
- Sosialisasi Jadwal Pelayanan Poli, Masyarakat Dapatkan Informasi Pelayanan RSDK Dengan Jelas
- Baksos Di Kecamatan Cermee, Ajang Klimaks Perayaan HKN Ke-59 Di Bondowoso
- Persiapkan Diri Canangkan Zona Integritas, RSDK Rapat Mempersiapkan Program Dan Dokumen
- Pengumuman Lomba RSDK dalam Rangka Memperingati HUT RI-ke77
- Inovasi Layanan PT POS Siap Antarkan Obatmu Menjadi Primadona Di Kalangan Masyarakat
- Poli Urologi Kenalkan Penyakit Pembesaran Kelenjar Prostat, Penyakit yang Sering Terjadi pada Pria
- Tim Tarik Tambang Putri RSDK Membawa Pulang Juara 4 se-SKPD Bondowoso
- Pengumuman Perekrutan Pegawai di RSU Dr. H. KOESNADI BONDOWOSO
- Peringati Hari Lansia Nasional, Dinsos Dan RSDK Adakan Baksos Operasi Katarak Gratis
- Ingatkan Kembali Visi, Misi, Dan Motto Utama, Direktur RSDK Himbau Untuk Berikan Yang Terbaik
- Jadwal Poli Rawat Jalan Bulan Juli 2022
- Pengumumuan hasil seleksi kelengkapan administrasi
- Pentingnya Medical Check Up Rutin Untuk Deteksi Dini, Laboratorium RSDK Adakan Sosialisasi Ke Pasien
- Salam Cinta dari RSUD dr. H. Koesnadi kepada Seluruh Anak di Indonesia
- Semarak RSDK Dalam Pembukaan Festival Muharram Bondowoso 2024, Menggelar Karya Meraih Prestasi
- Peringati Hari Kanker Tulang Sedunia, RSDK Adakan Edukasi Kesehatan
- RSDK Adakan Sosialisasi Diet Rendah Serat Bersama Ahli Gizi Profesional
- Dikunjungi oleh : 734968 user
- IP address : 44.222.82.133
- OS : Unknown Platform
- Browser :