large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
In-House Training Kardiologi Dasar Sebagai Peningkatan Kompetensi Dalam Pelayanan Jantung
Kategori Berita | Diposting pada : 2022-10-06 -|- 11:54:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Angka mortalitas dan morbiditas penyakit jantung dan pembuluh darah masih tinggi dan diperparah dengan munculnya emerging disease pada tahun 2022. Hal ini sesuai dengan penjelasan dari dr. Raditya Prakoso, SpJP(K) selaku ketua umum Perki pada tanggal 30 Juli 2022 lalu.  Beliau juga menambahkan bahwa setiap tahunnya terdapat 18,6 juta orang meninggal akibat penyakit jantung dan akan terus meningkat di angka 24,2 juta orang pertahun pada tahun 2030 mendatang (kompas.com)


iht kardiologi
Peningkatan penderita penyakit jantung tak luput menjadi fokus perhatian dari RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK).  Hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang handal secara pengetahuan, afektif maupun keterampilan agar mutu dan keselamatan pasien terutama penyakit jantung dapat terus dipertahankan. Untuk mewujudkan pelayanan jantung yang handal dan memenuhi standart ini,  maka dilakukan pelatihan kardiologi dasar/ ICCU agar kompetensi perawat ICCU semakin meningkat. (Kamis, 6 Oktober 2022)


iht kardiologi 1
Pelatihan kardiologi dasar RSDK dikemas dalam bentuk In-House Training (IHT) pada tanggal 5 dan 6 Oktober 2022 pada pukul 07.00 WIB hingga selesai di ruang aula RSDK.  Peserta IHT terdiri atas perawat ICCU yang belum pernah mendapatkan pelatihan kardiologi dasar sebelumnya beserta beberapa undangan. Sedangkan pemateri yang bertugas terdiri atas 3 orang pemateri yaitu dr.  Nurwahyudi,  Sp. JP,  Heri Siswanto,  S.Kep.Ns dan Lismawaty Muyasaroh,  S.Kep.Ns. Sesi kegiatan sendiri terbagi ke dalam dua sesi, yaitu sesi ceramah dan diskusi.  


iht kardiologi 3
"Tujuan utama pertolongan kegawatdaruratan kardiovaskuler adalah untuk mempertahankan, memelihara dan meningkatkan kualitas jantung dalam kondisi yang mengancam jiwa." ujar dr. Nurwahyudi, Sp.JP selaku dokter spesialis jantung sekaligus pemateri pertama.


iht kardiologi 2


Untuk melengkapi hal tersebut, Heri Siswanto, S.Kep.Ns. beserta Lismawaty Muyasaroh, S.Kep.NS selaku pemateri selanjutnya berfokus kepada pengkajian keperawatan pada sistem kardiovaskuler, review asuhan keperawatan pada gangguan asam basa, asuhan keperawatan pada gagal jantung, asuhan keperawatan pada sindrom koroner akut dll.  Beliau menjelaskan bahwa sistem kardiovaskuler sangatlah penting untuk dipelajari secara mendalam. "Tujuan utama dari mempelajari sistem kardiovaskuler yaitu untuk mengkaji fungsi sistem kardiovaskuler, mengenal secara dini adanya gangguan nyata maupun potensial, mengidentifikasi penyebab gangguan, merencanakan cara mengatasi permasalahan yang ada serta menghindari permasalahan yang mungkin terjadi."


iht kardiologi 5


Kemanfaatan yang besar dirasakan oleh seluruh peserta. "Tentu bermanfaat sekali ilmu hari ini.  Saya menjadi lebih memahami masalah di lapangan yang awalnya saya kurang mengerti.  IHT ini membantu saya memahami ilmu dan praktek lapangan secara sinkron." ujar Siti Ani Zakiah,  Amd.Kep. Pernyataan peserta ini merupakan harapan utama yang dinantikan oleh panitia kegiatan.  Sektetaris IHT Kardiologi Dasar menjelaskan selain menambah pengetahuan maupun keterampilan dalan memberikan bantuan kepada pasien gawat jantung,  kegiatan ini merupakan cara bagi tenaga medis dan tenaga keperawatan RSDK dalam memperingati hari kesehatan jantung sedunia yang dirayakan setiap tanggal 29 September. "Selamat memperingati hari kesehatan jantung sedunia.  Use Heart For Every Heart." ujar dr. Nurwahyudi, Sp. JP selaku ketua IHT Kardiologi Dasar (PKRS/SWILING)


iht kardiologi 4

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 626675 user
  • IP address : 3.142.124.252
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU