
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

RSDK hari ini. Pelayanan kesehatan adalah segala macam upaya maupun kegiatan pencegahan dan pengobatan penyakit. Semua upaya dan kegiatan meningkatkan dan memulihkan kesehatan dimana dilakukan oleh petugas kesehatan dalam mencapai derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya. Tak hanya itu, pelayanan kesehatan juga berfokus terhadap pemenuhan memuaskan harapan dan derajat kebutuhan masyarakat (Consumer saticfaction) melalui pelayanan yang efektif oleh pemberi pelayanan yang juga akan memberikan kepuasan dalam harapan dan kebutuhan pemberi pelayanan (Provider satisfaction) dalam institusi pelayanan kesehatan yang diselenggarakan secara efisien (Institusional satisfaction).
Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 pasal 1 Ayat 12-15 menjelaskan mengenai beberapa jenis pelayanan kesehatan yaitu:
- Pelayanan Kesehatan Promotif adalah suatu kegiatan dan atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan.
- Pelayanan Kesehatan Preventif adalah pelayanan kesehatan preventif adalah suatu kegiatan pencegahan terhadap suatu masalah kesehatan/penyakit.
- Pelayanan Kesehatan Kuratif adalah pelayanan kesehatan kuratif adalah suatu kegiatan dan atau serangkaian kegiatan pengobatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit, pengendalian penyakit, atau pengendalian kecacatan agar kualitas penderita dapat terjaga seoptimal mungkin.
- Pelayanan Kesehatan Rehabilitatif adalah pelayanan kesehatan rehabilitatif adalah kegiatan dan atau serangkaian kegiatan untuk mengembalikan bekas penderita ke dalam masyarakat sehingga dapat berfungsi lagi sebagai anggota masyarakat yang berguna untuk dirinya dan masyarakat semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuannya
Pelayanan kesehatan utama yang ada di Rumah Sakit (RS) terdiri atas pelayanan kesehatan kuratif serta rehabilitatif. Hal ini disebabkan karena fungsi Rumah Sakit (RS) adalah sebagai penyedia pelayanan kesehatan rujukan secara paripurna. Jika Puskesmas sudah tidak mampu memberikan layanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat dikarenakan permasalahan atau terkendala oleh sarana prasarana hingga tenaga medis profesional, barulah pemberian layanan kesehatan akan dilanjutkan kepada Rumah Sakit (RS). Terkait pelayanan promotif dan preventif lebih banyak dilakukan di fasilitas kesehatan pertama seperti Puskesmas dan Puskemas Pembantu (Pustu). Walaupun demikian, juga terdapat aktivitas pelayanan kesehatan promotif dan preventif di lingkungan Rumah Sakit (RS) walaupun tidak seinteraktif fasilitas kesehatan Puskesmas dan Pustu.
Bagi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), layanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif merupakan kegiatan utama dalam kesehariannya. Layanan kesehatan promotif dan preventif lebih banyak dilakukan oleh penyelenggara pelayanan penunjang non medis seperti instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) sedangkan pelayanan kesehatan kuratif dan rehabilitatif dilakukan oleh penyelenggara pelayanan medis seperti instalasi Gawat Darurat (IGD), instalasi Rawat Jalan, Instalasi Rawat Inap hingga instalasi penunjang lainnya seperti Instalasi Gizi, Instalasi Radiologi, Instalasi Laboratorium dan lain sebagainya.
Pelayanan promotif yang diberikan antara lain penyuluhan kelompok, siaran radio interaktif, video edukasi rutin, majalah dinding hingga pembuatan media cetak seperti leaflet, poster serta koran cetak. Untuk pembuatan video edukasi sendiri telah menghasilkan banyak produk edukasi unggulan, dimulai dari edukasi hari kesehatan, edukasi tentang penyakit hingga edukasi tentang pelayanan yang ada di Rumah Sakit (RS). Edukasi terkait pelayanan kesehatan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) meliputi video pelayanan unggulan, video pengenalan sarana prasarana di setiap paviliun, video alur pelayanan hingga video alur penanganan tindakan layanan kesehatan. Yang terbaru pada penghujung tahun 2023 adalah pembuatan video pelayanan Instalasi Rawat Jalan yang terdiri atas 21 pelayanan poli serta video pelayanan penunjang yang terdiri atas 18 pelayanan. Keseluruhan pengambilan gambar dilakukan selama 3 hari yaitu pada tanggal 30 November, 4 Desember serta 5 Desember 2023.
Produser yang bertugas adalah Nur Aini Lestari, S.KM. selaku kepala Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), sedangkan sutradara yang bertugas adalah Iftitah Adi, S.KM. selaku staf konten kreator dan video. “Pembuatan video pengenalan Instalasi Rawat Jalan dan Instalasi Penunjang ini bertujuan dalam memberikan informasi teraktual dan terbaru kepada masyarakat. Sehingga masyarakat memiliki gambaran pasti atas kondisi unit terkait. Tidak perlu mencari informasi kesana kemari, namun cukup dalam satu link video sudah dapat memberikan informasi yang akurat dan tepat. Semoga memberikan kemanfaatan yang besar untuk kita semua.” jelaskan Nur Aini Lestari, S.KM.
Hal yang sama juga dinyatakan oleh Iftitah Adi, S.KM., beliau menjelaskan jika banyak sekali masyarakat yang menanyakan terkait pelayanan kesehatan yang ada di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) di dalam sosial media website, instagram hingga youtube. “Bismillah, dengan adanya video pelayanan Rawat Jalan serta video pelayanan penunjang dapat menjawab segala pernyataan dan pertanyaan yang ada dibenak masyarakat.” ungkapnya. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan selalu memberikan yang terbaik kepada seluruh masyarakat. Hal ini akan dibuktikan melalui pemberian layanan jasa kesehatan teroptimal hingga visi utama “Terwujudnya Rumah Sakit (RS) Yang Terpercaya Dan Bermartabat Dengan Pelayanan Kesehatan Yang Bermutu” dapat tercipta secara paripurna. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

- In House Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di RSDK
- Jadwal Praktek Dokter Spesialis Bulan April 2024, Simak dan Ketahui Jadwal Dokter Favoritmu
- PEMBAHASAN IKM TAHUNAN
- Komite K3RS Adakan Program Rutin Tahunan Medical Check Up Kepada Karyawan Berisiko
- Terimakasih Kepada Para Mudhahhy Idul Adha
- Ujung Tombak Pusat Komunikasi Utama, Front Office RSDK Siap Berikan Layanan Terbaiknya
- Dapatkan Informasi Akurat Di Pojok Edukasi Informasi Dan Majalah Dinding RSDK
- Pesan & Kesan 10 Karyawan Purnatugas RSDK Untuk Terciptanya Visi Utama RS
- Shooting Video Edukasi Code Blue Berjalan Lancar
- INDEK KEPUASAN MASYARAKAT TRIWULAN II TAHUN 2018
- RSDK Tingkatkan Mutu Pelayanan Dengan Menambah Dokter Spesialis Di Poli Rehabilitasi Medik
- Dukung Gerakan Hidup Sehat, RSDK Kembali Adakan Senam Beat Instansi Bersama Instruktur Senam Profesi
- Perkenalan Dua Dokter Spesialis Baru Disambut Hangat Oleh RSDK
- RSDK RESMIKAN INSTALASI HEMODIALISIS MENJADI INSTALASI DIALISIS
- Pelayanan IPSRS Siap Berikan Yang Terbaik Dalam Menunjang Pemeliharaan Sarana, Prasarana & Peralatan
- Hebatnya Tenakes Kabupaten Bondowoso, Unjuk Bakat Dengan Adakan Lomba Karaoke
- 2,9 Juta Warga Indonesia Alami Stroke Tiap Tahunnya, RSDK Adakan Siaran Radio Interaktif
- 37 Bidan Mawar Siap Melayani Dengan Setulus Hati
- Penuh Sukacita Dan Setia Melayani Sepenuh Hati, Paviliun Seruni Siap Tunjukkan Pesonanya
- Citizen's Charter 2022- Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik RSDK
- Dikunjungi oleh : 1021135 user
- IP address : 216.73.216.25
- OS : Unknown Platform
- Browser : Mozilla 5.0